Sukses

Wisatawan Bisa Naik Bus ke Lokasi MotoGP Mandalika, Intip Titik Antar Jemputnya

Pemerintah telah mempersiapkan angkutan umum, seperti bus yang mempermudah wisatawan untuk menjangkau lokasi MotoGP Mandalika.

Liputan6.com, Jakarta - Penyelenggaraan MotoGP Mandalika sudah di depan mata. Persiapan gelaran akbar yang akan berlangsung pada 18--20 Maret 2022 ini telah mencapai tahap final.

"Sudah tinggal 18 hari lagi dalam rangka pelaksanaan, ini sebenarnya tinggal beres-beres," kata Deputi Bidang Produk Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Rizki Handayani Mustafa dalam konferensi pers virtual Penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, Selasa (1/3/2022).

Kiki menjelaskan persiapan MotoGP Mandalika terjalin dari berbagai sektor. Sebut saja sinergi dari pihak imigrasi di bandara yang akan menerima peserta hingga Kementerian Perhubungan yang menyiapkan angkutan.

"Ini sudah pada tahap posisi final. Kami terus mengecek dipandu dengan bapak Marsekal Hadi Tjahjanto setiap minggu kami tracing bersama Kemenko Marves sehingga kita tahu apa saja kekurangan yang masih harus dipersiapkan," lanjutnya.

Kiki menambahkan pula terkait penonton MotoGP Mandalika nanti. "Setelah diputuskan kemarin, untuk penonton diputuskan menjadi 60 ribu totalnya dalam tiga hari itu," terangnya.

"Karena kita juga mengingat bahwa tetap perlu waspada terhadap Covid Omicron ini. Walaupun sudah menurun trennya, tapi tetap perlu waspada," ungkap Kiki.

Di sisi lain, wisatawan yang akan menyaksikan MotoGP 2022 Mandalika dapat menggunakan angkutan umum yang telah disediakan. Penyiapan ini sebagai bentuk langkah percepatan dan optimalisasi angkutan umum.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Transportasi Umum

"Pertama, kita akan optimalisasi angkutan umum, artinya angkutan umum akan menjadi backbone transportasi yang ada di Mataram sampai dengan kawasan terutama kegiatan MotoGP," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Irjen Pol. (Purn.) Budi Setiyadi.

Budi menjelaskan, pemerinta mendukung secara kuantitas dan manajemen dengan mengatur agar ada shifting para penonton. Terutama, untuk menggunakan angkutan umum sebagai transportasi ke dalam lokasi MotoGP.

3 dari 5 halaman

Titik Antar Jemput

Terdapat 278 unit bus bantuan Kementerian Perhuhubungan yang dikerahkan dalam penyelenggaraan. Bus tersebut akan berperan untuk angkutan antarmodanya.

"Jadi, antarmoda untuk mengangkut para penonton dari beberapa simpul transportasi, di antaranya Pelabuhan Gili Mas, Pelabuhan Lembar, Pelabuhan Bangsal, Pelabuhan Kayangan, dan Pusat Kota Mataram," tutur Budi.

Dikatakannya, jika melihat dari agenda sebelumnya, pergerakan simpul transportasi paling banyak yang dilayani dari pusat Kota Mataram. Selain 278 kendaraan angkutan antarmoda, disiapkan pula 184 unit bus sedang.

4 dari 5 halaman

Bus

"184 unit bus yang sedang bantuan dari Kementerian Perhubungan untuk mengangkut kembali atau membawa penumpang tadi dari beberapa simpul ke lokasi sekitar kawasan dan melakukan feeder ke lokasi-lokasi tempat duduk penonton yang nanti ada di lokasi kegiatan," kata Budi.

Ia merangkum, ada dua yang telah pihaknya persiapkan. Pertama, adalah untuk angkutan antarmoda dan shuttle yang masuk dari tempat terakhir dari lokasi di mana para penonton akan menempati tempat duduknya.

5 dari 5 halaman

Infografis MotoGP Indonesia Mandalika 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.