Sukses

Berasal dari Italia, Pusat Balet Dunia Justru Ada di Rusia

Balet dari Italia dan kemudian Prancis mampu menyentuh hati hampir semua orang di Rusia, dan langsung menggantikan tarian rakyat tradisional Rusia.

Liputan6.com, Jakarta - Tarian balet atau cukup disebut balet diketahui berasal dari Italia. Namun siapa sangka, balet kemudian lebih identik dengan Prancis dan Rusia. Balet adalah jenis tarian pertunjukan yang berasal dari Renaisans Italia pada abad ke-15.

Istilah balet berasal dari kata Italia "ballare", yang berarti menari.  Sedangkan penari balet biasa disebut ballerina atau balerina. Pusat seni balet kemudian pindah ke Prancis setelah pernikahan bangsawan kelahiran Italia Catherine de Médicis dengan Henry II dari Prancis.

Seorang musisi dan koreografer istana bernama Balthasar de Beaujoyeulx merancang Ballet comique de la reine. Karya ini meresmikan tradisi panjang balet istana di Prancis, dan mencapai puncaknya di bawah Louis XIV pada pertengahan abad ke-17.  Dilansir dari laman Slate dan berbagai sumber lainnya, Senin, 28 Februari 2022, meskipun berasal dari Italia, sekarang balet sangat identik dengan Rusia.

Anda bisa menemukan beberapa penari, teater, hingga perusahaan tari terkemuka dunia, seperti Balet Bolshoi dan Balet Moskow. Balet awalnya datang ke Rusia pada tahun 1700-an, dibawa oleh mantan kaisar Rusia, Peter yang Agung, dalam program westernisasinya.

Banyak budaya barat diperkenalkan, tetapi balet memiliki pengaruh terbesar dari semuanya. Balet dari Prancis ini pun mampu menyentuh hati hampir semua orang di Rusia, dan langsung menggantikan tarian rakyat tradisional Rusia.

Beda dengan di Prancis, dimana balet hanya untuk orang kaya, tarian elegan ini bisa dinikmati oleh semua kalangan di Rusia, dari yang kaya hingga yang miskin. Perkembangannya sangat berbeda dengan negara asalnya, Italia dan Prancis.

Para aristokrat Rusia mendirikan akademi balet untuk melatih para budak yang menduduki tanah mereka.  Orang-orang kaya membeli, menjual, dan memperdagangkan penari paling berbakat mereka.

Popularitas balet meningkat pesat pada masa pemerintahan Catherine yang Agung ikut camur tangan dengan balet. Bangsawan Rusia itu belajar menari balet, dan bahkan putranya sering ikut menari di berbagai acara sebelum menjadi kaisar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mendatangkan Penari

Catherine yang Agung bahkan secara khsusus mengorganisir berbagai sekolah balet bergengsi dan membangun teater di istana  Dia juga membentuk Rusia Bolshoi atau Bolshoi Ballet, grup balet yang kemudian jadi yang terpopuler di Rusia.

Selain Catherine yang Agung, Tsar Rusia ikut punya andil besar dalam perkembangan balet di Rusia. Tsar Rusia menggunakan kekayaannya untuk mendatangkan penari dan guru dari Prancis dan Italia. Mereka ditugaskan untuk mengajar di sekolah balet yang dibangun di St. Petersburg dan Moskow.

Sekolah balet pertama didirikan pada 1734, sedangkan perusahaan balet penuh pertama adalah Imperial School of Ballet di St. Petersburg, Rusia, pada 1740-an. Murid-murid atau penarinya berasal dari latar belakang miskin, dan juga anak yatim piatu dari pegawai pemerintah yang telah meninggal.

Mereka semua dibesarkan untuk menjadi penari balet.Ada juga Mariinsky Ballet, yang disutradarai oleh master dan guru balet Prancis Jean-Baptiste Landé. 

3 dari 5 halaman

Sentuhan Berbeda

Mariinsky Ballet membawa balet Rusia ke ketenaran global dan mempekerjakan banyak tokoh ikonik sejarah balet Rusia seperti Charles Didelot, Jules Perrot, Carlotta Grisi, Christian Johansson dan Marie Taglioni. Dan, tentu saja ada Marius Petipa, master balet dan koreografer Mariinsky Ballet, yang menghabiskan menghabiskan hampir seluruh hidupnya di Rusia dan menciptakan berbagai gerakan klasik balet.

Penari Italia dan Prancis awalnya memang sangat memengaruhi balet di Rusia. Namun perlahan tarian itu terbebas dari bayang-bayang grup balet nasional tertua di dunia, Paris Opera Ballet. Penyebabnya, para penari maupun guru balet dari luar dan dalam Rusia mulai mengembangkan gaya balet Rusia yang unik.

Mereka membawa sepotong jiwa Rusia ke dalam balet. Dalam hal keterampilan teknis, para penari balet Rusia juga memberikan sentuhan yang berbeda.

Mereka menggunakan tubuh bagian atas sebanyak bagian bawah. Mereka juga memasukkan sandiwara ke dalam tarian. Balet Rusia memperkuat bentuk seni dengan drama dan intensitas.

4 dari 5 halaman

Dampak Besar Rusia

Pada awal abad ke-19, master balet Rusia Ivan Valberkh menambahkan beberapa elemen tarian rakyat Rusia ke dalam balet klasik.  Balet sempat kehilangan popularitas di Eropa Barat dan Amerika Serikat selama paruh kedua abad ke-20, balet bertahan di Rusia.

Era baru balet Rusia dimulai saat penari dan koreografer Teater Bolshoi, Ivan Clustine, terpilih sebagai Maître de balet (master Balet) di Opera Paris. Hal ini menjadi bukti bahwa dunia telah melirik balet Rusia, dibandingkan Eropa. Selain itu, penetapan Ivan Clustine juga menjadi awal terciptanya perusahaan tur Rusia pertama, Ballet Russes, pada 1909 oleh pelindung seni terkenal Sergey Diaghilev.

Ballet Russes menyatukan beberapa komposer, koreografer dan penari paling hebat seperti Bronislava Nijinska George Balanchine, dan Marius Petipa.  Kesuksesan Ivan Clustine dan Ballet Russes lantas membuat kaum muda Rusia melihat balet sebagai rute tercepat menuju kejayaan nasional dan internasional.

Mereka tak segan mengabdikankan diri pada balet untuk meraih kesukssan. Ini tentu membawa perkembangan positif bagi balet Rusia. Sampai saat ini Rusia punya dampak besar terhadap perkembangan balet di seluruh dunia.

5 dari 5 halaman

Rusia Vs Ukraina, Ini Perbandingan Kekuatan Militer

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.