Sukses

4 Amalan yang Dianjurkan Saat Isra Miraj

Peristiwa Isra Miraj sangat berpengaruh bagi umat Islam sehingga banyak amalan yang bisa dilakukan.

Liputan6.com, Jakarta - Isra Miraj adalah peristiwa naiknya Rasulullah atau Nabi Muhammad SAW ke Sidratul Muntaha untuk pertama kalinya menerima perintah salat dari Allah SWT. Peristiwa Isra Miraj adalah terjadi tepat pada tanggal 27 Rajab pada suatu malam dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Palestina.

Peringatan Isra Miraj di tahun ini jatuh pada Senin, 28 Februari 2022 yang merupakan hari libur nasional di Indonesia. Pada perjalanan Isra Miraj, Rasulullah dkatakan menembus pintu-pintu langit bersama malaikat Jibril sambil bertemu dengan para Nabi lainnya di setiap pintu langit.

Selain itu, Rasulullah bertemu pula dengan 70 ribu malaikat di Baitul Makmur sampi di Sidratul Muntaha. Dilansir dari laman dream.co.id, peristiwa Isra Miraj sangat berpengaruh bagi umat Islam, karena merupakan perjalanan agung Nabi Muhammad menuju langit ke-7 untuk menerima perintah salat dari Allah SWT.

Saat itu, seperti biasa Rasulullah mengisi waktu usai Isya dengan tidur lebih awal agar bisa bangun pada sepertiga malam terakhir untuk salat. Namun, malam itu malaikat Jibril datang mengunjungi Rasulullah.

Jibril lalu mengajak Rasulullah keluar rumah dan bepergian, melaksanakan Isra Miraj. Rasulullah kemudian menaiki Buraq bersama Jibril dan Mikhail, untuk kemudian dalam sekejap melesat menuju Masjidil Aqsa. Usai salat, Rasulullah melanjutkan perjalanan menuju Baitul Maqdis.

Setiba di sana, Rasulullah disambut Nabi Ibrahim, Nabi Musa, Nabi Isa, dan para nabi lainnya. Allah SWT telah mempersiapkan mereka agar bertemu dengan Rasulullah. Setelah itu, mereka salat berjemaah dengan Rasulullah sebagai imam.

Saat berada di langit ketujuh, Rasulullah bertemu dengan Nabi Ibrahim yang perawakannya sangat mirip dengannya. Dari perjalanan ini Rasulullah mendapatkan banyak sekali pesan dari para nabi lain untuk penyebaran Islam kepada umat muslim.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pembelajaran

Dikutip dari kanal Hot Liputan6.com, banyak sekali pembelajaran yang bisa Anda dapatkan dari perjalanan Nabi Muhammad ini. Isra’ dan Miraj adalah perkara yang sangat jelas dan eksplisit disebutkan dalam Alqur’an, sebuah kejadian yang pasti terjadi, pasti benar, dan tak ada keraguan sama sekali meskipun akal manusia tidak dapat menjangkaunya.

Kita juga mendapatkan pelajaran bahwa hati adalah hal terpenting dalam diri manusia. Hati merupakan pusat metabolisme keimanan dan ketaqwaan. Sedangkan sekarang banyak orang hanya mengandalkan otaknya dengan logika dan rasio, dan melupakan peran hati yang sangat penting ini. Padahal berbagai pertimbangan keadilan dan kebenaran sumbernya adalah hati, bukan otak.

Jika hati membawa kita kepada kebaikan universal, sedangkan otak hanya akan mengantarkan kita kepada kebaikan parsial, kebaikan yang telah tercampur dengan berbagai kepentingan.

3 dari 5 halaman

Salat Sunah

Lalu apa yang dilakukan saat Isra Miraj? Berikut ada empat amalan saat Isra Miraj tiba, yang dilakukan dari berbagai sumber:

1. Mendirikan Salat Sunah

Saat malam Isra Miraj dianjurkan untuk mendirikan salat sunah sebanyak 12 rakaat dengan dua rakaat dan salam. Setiap rakaatnya membaca Al-Fatihah dan surat pendek lainnya.

Kemudian dilanjutkan untuk membaca Tasbih, Tahmid, dan Tahlil sebanyak 100 kali. Salah satu zikir yang dianjurkan sebagai berikut : Laa haula walaa quwwata illa billah. Artinya: "Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah."

4 dari 5 halaman

2. Perbanyak Istighfar dan Berdoa

Kitab Risalah Amaliyah menjelaskan bahwa:  "Barangsiapa membaca (istighfar) pada bulan Rajab, bulan Sya’ban dan bulan Ramadan dibaca setiap hari terutama pada waktu antara shalat Ashar dan Maghrib, maka Allah mewahyukan kepada dua malaikat agar merobek buku catatan dosa dan kesalahannya semasa hidupnya."

3. Berpuasa

Selain salat sunah dan memperbanyak berzikir, pada 27 Rajab juga dianjurkan untuk menunaikan puasa sunah. Keutamaan dari berpuasa pada hari tersebut seperti melaksanakan puasa sebulan penuh, hingga dijauhkan dari pintu neraka.

4. Bersedekah

Amalan lain yang bisa dilakukan pada peringatan Isra Miraj adalah dengan melakukan sedekah.Dengan bersedekah kita akan merasa bahagia, serta membantu orang lain dan dapat pula mendatangkan pahala bagi yang memberi sedekah.

5 dari 5 halaman

7 Doa di Sidang Tahunan MPR 2018

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.