Sukses

Sandiaga Uno Resmikan Destinasi Wisata Kuliner Vegetarian Pertama di Indonesia

Kebutuhan masyarakat terhadap makanan yang sehat di masa pandemi ini, membuat kuliner berbasis vegetarian bisa menjadi peluang usaha baru.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan destinasi wisata kuliner vegetarian pertama di Indonesia pada Sabtu, 26 Februari 2022. Destinasi tersebut diberi nama Geo Resto Rimba Alam Bahagia, berlokasi di yang terletak di Desa Kacang Butor, Kecamatan Tanjung Pandan, Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung.

Sandiaga Uno mengunggah peresemian tersebut di akun Instagramnya. "Ini dia guys, destinasi wisata kuliner vegetarian pertama di Indonesia! Siapa yang penasaran?" tulisnya dalam keterangan video singkat yang diunggahnya pada Sabtu, 26 Februari 2022.

Pria yang biasa disapa Sandi ini menambahkan, seiring dengan kebutuhan masyarakat terhadap makanan yang sehat di masa pandemi ini, kuliner berbasis vegetarian bisa menjadi peluang usaha baru. Usaha ini dapat menciptakan lapangan kerja dan berpotensi menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

"Saya mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berkolaborasi memanfaatkan momentum kita sebagai tuan rumah KTT G20 di tahun 2022 ini. Tentu ini adalah peluang yang sangat menjanjikan, yang dapat memulihkan perekonomian nasional," tulisnya lagi.

Acara tersebut ikut dihdiri Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Erzaldi Rosman. Ia mengapresiasi kunjungan Sandiaga Uno, ke Pulau Belitung. Hal itu dinilai bisa mendorong pariwisata untuk dapat tampil lebih menarik terutama dalam rangka G20 ke depan.

"Tentunya kunjungan Mas Sandi ke Belitung ini dapat mendorong pariwisata kita untuk dapat tampil gagah lagi dan lebih menarik lagi terutama menarik daya tarik dalam rangka G20 ke depan," ungkap Gubernur Erzaldi, dilansir dari laman resmi Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kedelai dan Jamur

Disambut Wakil Bupati Belitung, Isyak Meirobi, Sandi yang didampingi oleh Erzaldi, Bupati Sahani Saleh dan Danlanud Belitung meninjau Georesto “Rimba Alam Bahagia". Kehadiran Sandi ini salah satunya untuk meresmikan georesto dan geohouse yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh dirinya dan Erzaldi Rosman.

Sandi juga berkesempatan mencicipi satai sari kacang kedelai dan rendang kaki jamur yang merupakan penganan yang disajikan di resto yang hanya menyediakan menu vegetarian. Kepada Gubernur Erzaldi, Sandi mengatakan pihaknya sangat tertarik karena Georesto Rimba Alam Bahagia ini bisa dikolaborasikan dengan program kita Spice Up The World yang berbasis herbal tourism.

 

3 dari 5 halaman

Pempek Berbahan Talas

Menurutnya, yang disajikan di sana adalah kuliner sehat, berbasis vegetarian dan diharapkan dapat mendukung G20. Selain itu, konsep cinta alam, yang ditonjolkan di tempat kuliner itu menyajikan makanan minuman yang berbasis nabati.

Contohnya, pempek berbahan dasar talas, kerupuk yang disantap Sandi bukan dari ikan tetapi dari talas. Ada pula teh buah khas Rimba Alam yang menyediakan 28 jenis buah tropis.

4 dari 5 halaman

Rohalu dan Rojali

Menurut Sandi, momen G20 menjadi salah satu sektor kebangkitan ekonomi di Kepulauan Bangka Belitung (Babel), karena 45 persen kebangkitan ekonomi di Babel ini adalah dari kuliner. Ajang G20, lanjutnya diharapkan menjadi pemicu kebangkitan ekonomi Indonesia, membuka peluang usaha.

Jadi harus dipikirkan strategi agar mereka yang datang bukan hanya menjadi rohalu (rombongan hanya lalu), tetapi mereka menjadi Rojali (rombongan belanja dan beli). Sandi juga menegaskan bahwa kurasi produk kuliner perlu ditingkatkan dan dengan menciptakan lapangan kerja kita secara tegas membantu masyarakat bangkit setelah dua tahun pandemi, ada yang berhenti kerja, hingga memiliki hutang.

Sandi berharap, dengan diresmikan georesto ini, Belitung bisa memperluas kesempatan kerja dan bangkitkan ekonomi serta memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

5 dari 5 halaman

Oleh-oleh Makanan khas Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.