Sukses

Wakil Dubes Amerika Serikat Sebut Rasa Durian Mirip Butterscotch

Wakil Dubes Amerika Serikat untuk Indonesia, Michael F. Kleine, telah mencicip durian di banyak wilayah di Asia Tenggara, namun mengaku selalu mendengar bahwa durian Sumatra adalah yang terbaik.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai salah satu buah eksotis, durian memang selalu menggelitik rasa ingin tahu. Gelombang penasaran ini pun tidak mengecualikan Wakil Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat untuk Indonesia, Michael F. Kleine.

Di sebuah unggahan akun Instagram @usembassyjkt, pekan lalu, Kleine membagikan pengalaman mencicip buah beraroma khas tersebut. "Wah, #WakilDubesAS Pak Michael berkunjung ke @konsulatasmdn dan mencoba durian Medan! Simak yuk review duriannya, kira-kira beliau bakal suka gak ya?" begitu keterangan pada video tersebut.

Wakil Dubes Amerika Serikat itu tampak menyempatkan mampir makan durian saat mengunjungi kota Medan, Sumatra Utara. "Saya sangat bersemangat mencoba Durian ini," katanya sambil tersenyum ke arah kamera. "Saya sudah mencoba durian di banyak wilayah di Asia Tenggara."

Ia menyambung, "Tapi, saya terus mendengar bahwa durian Sumatra adalah (durian) yang terbaik. Jadi, ini adalah kali pertama bagi saya untuk mencicip durian Sumatra di sini, di Medan."

Kleine kemudian memperlihatkan buah durian yang terlihat sudah dipotong dan siap untuk dinikmati. Potongan buah itu disebutnya "baru saja dipetik, kemudian dipotong, dan aromanya langsung tercium." "Saya tidak sabar mencobanya," ia menambahkan.

Setelah gigitan pertama, Kleine tidak ragu untuk langsung menyebut rasanya enak. Ia mendeskripsikan, "Ada banyak level kompleksitas (rasa) di dalamnya. Itu manis, beraroma, dan kaya. Buttery, hampir terasa seperti butterscotch."

Pengalaman makan durian Sumatra ini pun menghadirkan berbagai komentar. Salah satunya menulis, "Baru kali ini ada yang komentar durian seperti butterscotch!" Sedangkan pengguna lain mendorong Kleine untuk mencoba sajian eksotis lainnya, yakni petai.

"Pacar saya orang USA, suka banget sama durian dan pete. Ayo pak cobain pete juga pasti suka," ia berkomentar, sementara yang lain menulis, "Wah suka banget review-nya. Horas pak Michael."

Karena keunikannya, durian tidak hanya jadi sajian menantang bagi para pejabat asing maupun awam, namun juga selebritas. Salah satu yang beberapa waktu lalu kedapatan mencicip buah ini adalah idol sekaligus aktor, Cha Eun Woo.

Di episode ke-2 program Mantul House garapan Tokopedia, tahun lalu, anggota grup Astro ini terlihat mencicipi berbagai buah khas Indonesia. Awalnya, ia terlihat takjub dengan bentuk buah-buah tropis dan mengaku menyukai rasa buah manggis setelah mencicipinya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1 Kata dari Cha Eun Woo

Tapi begitu diperkenalkan dengan durian, Cha Eun Woo tampak memalingkan wajahnya. Meski begitu, bintang drama Sweet Revenge ini tetap memberanikan diri mencicipi durian untuk pertama kalinya.

Tidak menyebut enak atau tidak, Eun Woo memilih menggambarkan rasa durian dengan satu kata: unik. Warganet pun memuji keberanian Eun Woo mencicipi rasa durian, kendati ia tampak tidak terlalu menyukai aroma buah tersebut.

3 dari 5 halaman

Sempat Trending

Belum lama ini, durian juga sempat trending karena jadi salah satu dari tiga makanan yang dipilih warganet untuk dihilangkan. Lewat kicauan akun Twitter @tanyakanrl, 8 Februari 2022, warga dunia maya diminta menentukan pilihan makanan mereka. 

Di gambar itu, tampak ada sembilan makanan yang sudah akrab dengan kebanyakan orang Indonesia. Mereka adalah mi ayam, durian, rendang, burger, jengkol, pecel, mi instan, bakso, dan nasi uduk.

4 dari 5 halaman

Durian dan Jengkol

Di antara pilihan-pilihan tersebut, jengkol dan durian trending, menandai dua makanan tersebut jadi yang paling banyak dipilih untuk dihilangkan pengguna Twitter. "Durian, jengkol, pecel. Gampang banget ini mah," kicau salah satu warganet.

"Saya lebih doyan petai ketimbang jengkol," imbuh yang lain, sementara ada juga yang berkomentar, "Burger, Jengkol, Durian. Terlalu mudah."

Namun demikian, bukan berarti makanan lain tidak dipilih. Beberapa juga mengaku "bisa bertahan hidup tanpa burger." "Jengkol: pilihan pertama semua orang. Durian: Saya tidak menyukainya jadi saya bisa hidup tanpanya. Bakso: kontroversial wkwkwk," imbuh warganet lain.

5 dari 5 halaman

Infografis Gejala COVID-19 Omicron dan Cara Penanganan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.