Menampilkan Keajaiban dan Keindahan Alam Pulau Komodo di Expo 2020 Dubai

Oleh Liputan6.com pada 22 Feb 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 05 Mar 2022, 02:20 WIB
FOTO: Kemeriahan Upacara Pembukaan Dubai Expo 2020
Perbesar
Para seniman tampil pada upacara pembukaan Dubai Expo 2020 di Dubai, Uni Emirat Arab, 30 September 2021. Pembukaan Dubai Expo 2020 berlangsung mewah dengan menampilkan kembang api dan pertunjukan lampu untuk merayu dunia meski pandemi. (GIUSEPPE CACACE/AFP)

Liputan6.com, Jakarta Berbagai usaha dilakukan untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, termasuk dengan menggelar acara di luar negeri. Salah satunya di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Baru-baru ini, Paviliun Indonesia meramaikan acara ‘Nation with Wonders at Expo 2020’ yang digelar di Expo 2020 Dubai dengan mempromosikan keajaiban alam Pulau Komodo sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam terbaru di dunia. Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan sekaligus Komisioner Jenderal Paviliun Indonesia Didi Sumedi mengatakan ekshibisi Pulau Komodo di Expo 2020 Dubai menjadi penanda bahwa Indonesia memiliki potensi pariwisata yang istimewa.

Keindahan Indonesia tidak hanya Bali, tetapi tersebar di seluruh penjuru Nusantara. "Gelaran Expo 2020 Dubai merupakan kesempatan yang luar biasa untuk memamerkan berbagai destinasi terbaik Indonesia untuk menarik semakin banyak orang berkunjung ke Indonesia," ucap Didi dalam keterangan pers yang dikutip dari Antara, 19 Februari 2022.

Acara tersebut berlangsung pada 11-12 Februari 2022 di Expo 2020 Dubai, UEA. Promosi dilakukan dengan menggelar peluncuran marker, atau unveiling of marker, untuk Pulau Komodo di Outdoor Stage Paviliun Indonesia, pada 11 Februari 2022.

Marker merupakan sebuah atribut penanda yang diletakkan pada tujuh paviliun di negara dengan keajaiban alam terbaru. Peluncuran marker dilakukan tujuh negara dan diramaikan dengan pertunjukan budaya.

Puncak acara dari Nations with Wonders at Expo 2020 Dubai adalah pertunjukan budaya di Jubilee Park, salah satu panggung terbesar di area Expo 2020 Dubai. Bersama dengan Vietnam, Kuba, Kolombia, dan Argentina, Indonesia memamerkan potensi dan keindahan alam yang termasuk tujuh keajaiban alam terbaru di dunia. Acara yang berlangsung pada 12 Februari 2022 itu ikut diramaikan dengan beragam pertunjukan budaya.

Indonesia menampilkan tarian serta musik tradisional mulai dari Bali, Jakarta, Kalimantan, dan Sumatra. Menurut Didi, gelaran Expo 2020 Dubai jadi momentum bagi Indonesia untuk memperkenalkan potensi di bidang perdagangan, pariwisata, dan peluang investasi. Promosi Pulau Komodo di Expo 2020 Dubai sejalan dengan program Pemerintah Indonesia dalam menggencarkan promosi Destinasi Super Prioritas (DSP) dengan memperkenalkan pariwisata untuk menumbuhkan ekosistem ekonomi kreatif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 


Pulau Komodo

Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah
Perbesar
Pulau Komodo Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).Foto Istimewah

Salah satu bagian dari DSP adalah Labuan Bajo yang terkenal dengan Pulau Komodo sebagai taman nasional habitat asli komodo. Pulau Komodo dengan Taman Nasional Komodonya terpilih menjadi salah satu dari tujuh keajaiban alam terbaru melalui New 7 Wonders Foundation pada 2012 silam. Komodo sendiri merupakan hewan reptil yang hanya ada di Indonesia.

Selain menjadi habitat asli spesies reptil purba tertua di dunia, Pulau Komodo memiliki kawasan yang masih terjaga alamnya. Hal itulah yang membuat Taman Nasional Komodo terpilih menjadi New 7 Wonders of Nature setelah divoting oleh sebanyak 500 juta orang dari seluruh dunia.

"Kami berharap melalui acara acara ‘Nation with Wonders at Expo 2020’, pengunjung pameran dapat mengenal lebih dekat terkait Destinasi Super Prioritas Indonesia, terutama mengenai Taman Nasional Komodo yang terpilih menjadi salah satu New 7 Wonders of Nature," ujar Didi. 


7 Keajaiban Baru

Sejumlah menteri mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Dubai Expo 2020.
Perbesar
Sejumlah menteri mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Dubai Expo 2020. Salah satunya adalah Menteri BUMN Erick Thohir.

Peluncuran marker Pulau Komodo di Outdoor Stage Paviliun Indonesia dihadiri Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Dubai Kartika Candra Negara dan Founder-President dari New 7 Wonders Foundation Bernard Weber.

"Dari ratusan juta suara, orang-orang dari seluruh dunia telah memilih dan mendorong kami untuk meresmikan tujuh Keajaiban Baru. Semua peserta juga telah menciptakan apa yang saya sebut dengan Memori Global, yaitu tujuh hal yang dapat dan akan diingat oleh setiap orang di masa depan," tutur Weber.

Weber mengatakan hal tersebut adalah simbol persatuan yang menghormati dan merayakan keragaman budaya dan alam. Acara peluncuran marker dibuka dengan pemukulan belek, alat musik tradisional dari Labuan Bajo. 


Pameran Internasional

Batik Indonesia jadi primadona yang diincar banyak kolektor dunia di Dubai Expo 2020.
Perbesar
Batik Indonesia jadi primadona yang diincar banyak kolektor dunia di Dubai Expo 2020.

Para pengunjung Paviliun Indonesia juga dapat menonton video terkait keindahan dan potensi pariwisata Pulau Komodo. Pertunjukan budaya dari Nusa Tenggara Timur (NTT) turut memeriahkan acara. Selain itu, para pengunjung pameran bisa berfoto dengan marker dan mendapatkan cap khusus dari New 7 Wonders Foundation untuk memorabilia.

Tak hanya Pulau Komodo, aneka motif batik juga dapat ditemukan di berbagai penjuru Paviliun Indonesia, salah satunya di area Rolling Exhibition.

Expo 2020 merupakan sebuah pameran internasional untuk menyajikan pencapaian negara-negara dunia, yang diselenggarakan di Dubai. Pameran ini semula dijadwalkan pada 20 Oktober 2020 - 10 April 2021. Namun, karena pandemi Covid-19, penyelenggaraannya diundur dan diubah menjadi tanggal 1 Oktober 2021 sampai 31 Maret 2022.


Komodo dan Proyek Jurassic Park

Infografis Komodo dan Proyek Jurassic Park. (Liputan6.com/Trieyasni)
Perbesar
Infografis Komodo dan Proyek Jurassic Park. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya