Sukses

Belajar Aksara Bali dan Jawa di Hotel Bintang 5

Tak hanya menonjolkan fasilitas, namun hotel bintang lima milik Aman juga mengedepankan pengalaman budaya dengan mengajarkan tamu aksara Bali dan Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Setiap hotel dan resor memiliki suguhan tersendiri untuk para tamu. Seperti yang dilakukan Aman Group yang menaungi sederet hotel bintang 5 di Indonesia dengan mengajak tamu untuk belajar aksara Bali dan Jawa.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, persembahan belajar aksara Bali dan Jawa ini sebagai bentuk menjunjung tinggi budaya lokal. Perusahaan ini percaya pada cita-cita pembangunan berkelanjutan yang lebih baik untuk generasi penerus.

Sederet properti Aman di seantero jagat adalah bagian integral dari komunitas di mana mereka berada. Semangat ini menorehkan keunikan wawasan tentang kebutuhan setiap komunitas, dengan tradisi hingga keahlian guna mendukung perajin lokal.

Makan suguhan ini juga untuk mendorong tamu melestarikan warisan budaya. Seperti di Amanjiwo, etos ini diwujudkan lewat serangkaian aktivitas yang memungkinkan para tamu untuk berkreasi.

Pihaknya juga bermaksud untuk memperkaya jiwa tamu dengan semangat komunitas yang hangat. Persembahan belajar aksara ini sebagai bentuk perayaan International Mother Language Day yang diperingati setiap 21 Februari.

Aman menghadirkan Aksara Jawa Experience di Amanjiwo dan Aksara Bali Experience di tiga properti Aman di Bali. Suguhan ini dirancang tidak hanya untuk menampilkan keindahan bahasa, tetapi juga makna budayanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Belajar di Amanjiwo

Aksara Jawa memiliki filosofi yang dapat digunakan untuk pitutur luhur (kebijaksanaan verbal) dan bimbingan untuk menyikapi berbagai fenomena yang terjadi di masa depan. Aksara Jawa memiliki sejarah yang panjang dan kaya.

Aksara Jawa telah digunakan oleh juru tulis istana di Surakarta dan Yogyakarta, serta lebih jauh di antara berbagai istana di Jawa dan Kepulauan Sunda Kecil. Naskah dan dokumen cetak dari abad kuno, baik di atas daun lontar dan sesudahnya di atas kertas, menunjukkan garis mengalir yang jelas dan penuh hiasan.

Ini telah digunakan untuk menulis babad (catatan sejarah), serat (kisah), kakawin (syair kuno) dan primbon (petunjuk ramalan) sejak abad ke-15. Di Amanjiwo, para tamu diundang untuk bergabung dengan arkeolog, Goenawan Sambodo.

Tamu diajak untuk memperdalam pengetahuan budaya Jawa dengan mempelajari Aksara Jawa yang indah. Belajar membaca dan menulis Aksara Jawa disuguhkan dengan panorama menghadap Candi Borobudur.

Sembari belajar, tamu juga dapat menikmati secangkir teh yang disajikan dengan jajanan tradisional yang lezat. Aktivitas baru ini tersedia mulai Februari dan seterusnya untuk semua tamu yang menginap di Amanjiwo.

3 dari 5 halaman

Belajar Aksara Bali

Sementara, Aksara Bali adalah abugida yang digunakan di Pulau Bali, paling umum untuk menulis bahasa Bali Austronesia dan bahasa liturgi Sansekerta. Aksara tersebut adalah keturunan aksara Brahmi dan memiliki banyak kemiripan dengan aksara modern Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Aksara Bali dan Aksara Jawa, dianggap yang paling rumit dan berornamen dari semua aksara Brahma di Asia Tenggara. Aksara ini memiliki prevalensi yang signifikan di banyak upacara tradisional pulau itu dan sangat terkait dengan agama Hindu.

Saat ini terutama digunakan untuk menyalin lontar atau manuskrip daun lontar yang berisi teks-teks keagamaan. Bersama tim ahli muda dari Basa Bali, para tamu dapat ambil bagian dalam melestarikan warisan ini di Amandari, serta di Aman Villas Nusa Dua dan Amankila.

4 dari 5 halaman

Amandari

Amandari dirancang mengikuti desa tradisional Bali di bibir hijau Ngarai Sungai Ayung dan Amankila berada di bentangan garis pantai yang menakjubkan di Selat Lombok dan berada di lereng bukit yang rimbun di bawah Gunung Agung yang suci. Di semenanjung selatan Bali terletak Aman Villas di Nusa Dua, tempat peristirahatan yang dikelilingi oleh taman tropis yang rimbun.

Setiap properti Aman di Bali menawarkan tempat yang sempurna untuk belajar Aksara Bali sambil menikmati lingkungan alam, lengkap dengan teh santai dan makanan ringan tradisional Bali untuk dinikmati. Kegiatan belajar Aksara Bali dapat dinikmati ketika menginap di Amandari, Aman Villas di Nusa Dua atau Amankila dari Februari dan seterusnya.

5 dari 5 halaman

Infografis: Warisan Budaya Indonesia yang Sudah Diakui UNESCO

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.