Sukses

3 Agenda Kerajaan Ratu Elizabeth II Sebelum Positif Covid-19

Sebelum dinyatakan positif Covid-19, Ratu Elizabeth II menghadiri beberapa agenda kerajaan/

Liputan6.com, Jakarta - Ratu Elizabeth II positif Covid-19. Kabar tersebut diumumkan Istana Buckingham, Minggu (20/2/2022).

Dilansir The Guardian, Minggu (20/2/2022), Ratu Elizabeth II terinfeksi Covid-19 dan mengalami "gejala seperti pilek ringan". Ratu berusia 95 tahun ini diyakini tetap menjalankan tugas ringan pada pekan ini.

Sebelumnya, Ratu Elizabeth II dikonfirmasi kontak langsung dengan putranya, Pangeran Charles yang positif Covid-19 pada pekan lalu. Ibu dan anak ini sempat bertemu dua hari sebelumnya, yakni Selasa, 8 Februari 2022.

"Istana Buckingham mengonfirmasi bahwa Ratu hari ini dinyatakan positif Covid," bunyi pernyataan tersebut, Minggu (20/2/2022).

Pengumuman ini datang hanya beberapa minggu setelah Ratu merayakan platinum 70 tahunnya memegang takhta pada 6 Februari lalu. Melalui pernyataan, pihak istana juga mengungkap kondisi Ratu kini.

"Yang Mulia mengalami gejala seperti pilek ringan tetapi berharap untuk melanjutkan tugas ringan di Windsor selama minggu mendatang. Ia akan terus menerima perawatan medis dan akan mengikuti semua pedoman yang sesuai," lanjut penyataan terkait Ratu Elizabeth II positif Covid-19.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Bertemu Duta Besar

Dilansir dari The Sun, Minggu (20/2/2022), Ratu Elizabeth II memiliki beberapa agenda kerajaan yang dihadirinya sebelum positif Covid-19. Sebut saja ketika ia muncul melalui videolink dari kediamannya di Windsor pada Selasa, 15 Februari 2022.

Ia mengenakan gaun bunga saat menerima duta besar Estonia dan Spanyol selama pertemuan virtual. Ratu Elizabeth II duduk di ruang duduk Oak Room-nya.

Ratu membentuk bagian dari "HMS Bubble", julukan yang diberikan kepada stafnya yang berdedikasi selama lockwon. Selasa adalah pertama kalinya Ratu difoto di layar dan ini adalah momen sejak dia mencapai tonggak bersejarah Platinum Jubilee. Pada tanggal itu, ia mendukung menantunya Camilla untuk dikenal sebagai Ratu ketika Charles menjadi Raja.

3 dari 5 halaman

Agenda Tatap Muka

Pada Rabu, 16 Februari 2022, Ratu bertemu dengan Menteri Pertahanan Mayor Jenderal Eldon Millar, serta pendahulunya Laksamana Muda James Macleod, di Kastil Windsor. Selama pertemuan itu, Ratu menggunakan tongkat dan berkata dia "tidak bisa bergerak" dengan baik.

Selama audiensi, dia terdengar berkata dengan riang, "Saya di sini! "Saya pikir Anda sudah lama tinggal di sana. Selamat pagi." Saat ditanya keadaannya, Ratu menunjuk ke kaki kirinya dan menjawab, "Yah, seperti yang Anda lihat, saya tidak bisa bergerak."

Ketiganya lantas membahas anjing dorgi peliharaan Ratu bernama Candy. Ratu menyebut "Saya perhatikan Anda memiliki Candy yang menjaga. Saat kami melewati koridor, dia tidak akan membiarkan kami mendekati Anda."

"Dia menggeram kecil saat kami masuk," kata Mayor Jenderal Millar. Sang Ratu lalu berkata, "Oh, benarkah? Dia biasanya tidak menggeram." "Dia jelas bisa melihat menembus kita," canda Laksamana Muda Mcleod.

4 dari 5 halaman

Chat Videolink

Hari berikutnya, dia muncul di layar melalui videolink selama audiensi virtual untuk menerima dua duta besar lagi. Ia bertemu dengan Manar Dabbas dari Yordania dan Jukka Siukosaar dari Finlandia dari Kastil Windsor.

Ratu mengenakan gaun bermotif bunga dengan bros besar dan mutiara khasnya untuk pertemuan tersebut. Foto-foto dari penonton menunjukkan dia tersenyum di layar saat dia mengobrol dengan diplomat itu.

Sementara, Ratu Elizabeth II telah divaksinasi tiga kali. Namun, ia disarankan oleh dokter untuk beristirahat sejak pertengahan Oktober setelah membatalkan serangkaian acara pertemuan dan menghabiskan semalaman di rumah sakit menjalani tes.

Ia telah menghabiskan waktu bersama Charles pada Selasa 8 Februari saat putranya menjadi tuan rumah penobatan di Kastil Windsor. Beberapa hari kemudian Charles dinyatakan positif Covid-19 tetapi pemulihannya berjalan cepat. Duchess of Cornwall juga dinyatakan positif Covid-19. Clarence House mengonfirmasi Senin, 14 Februari 2022 bahwa Camilla sedang isolasi mandiri. 

5 dari 5 halaman

Infografis Negara Pertama Suntik Vaksin Covid-19, Inggris atau China?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.