Sukses

Dicari Pemeran Serial Musikal Kisah Komposer dan Pahlawan Nasional Ismail Marzuki

Dalam serial musikal yang mengisahkan figur komposer legendaris Ismail Marzuki ini, Indonesia Kaya kembali berkolaborasi dengan Garin Nugroho.

Liputan6.com, Jakarta - Menggelar pertunjukan seperti drama musikal di masa pandemi Covid-19 ini memang bukan hal yang mudah. Tapi, situasi ini tidak menyurutkan langkah Indonesia Kaya untuk menggelar pertunjukan.

Mereka kembali menghadirkan program kreatif terbaru yang ditujukan pada para seniman muda Indonesia. Kali ini, pihaknya berkolaborasi dengan sutradara kenamaan Indonesia, Garin Nugroho. Mereka juga menggandeng kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN) untuk menyelenggarakan audisi online bertajuk "Mentjari Bang Maing dan Djoewita."

Itu merupakan rangkaian program online yang bertujuan menyaring seniman muda berbakat Indonesia. Mereka mencari peserta yang punya kemampuan akting, vokal, tari, dan akan mendapat nilai plus jika bisa bermain instrumen musik.

Para peserta yang telah mengikuti serangkaian program ini akan berkesempatan ambil bagian dalam drama serial musikal terbaru yang akan diproduksi Indonesia Kaya bersama Garin Nugroho dan TEMAN. Karya tersebut mengakat kisah hidup komponis besar Indonesia, Ismail Marzuki, atau juga dikenal dengan nama Bang Maing.

Karya ini rencananya akan diproduksi di pertengahan tahun ini. Pogram ini hampir serupa dengan program audisi "Mencari Siti" yang diadakan pada 2021 lalu.

Nantinya program ini juga akan diisi para pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online dan berhasil lulus audisi. Menurut Renitasari Adrian, Program Director Indonesia Kaya, mereka menggelar program ini karena melihat apresiasi tinggi dari publik.

"Kali ini, kami akan kembali mencari bakat-bakat baru generasi muda Indonesia untuk terlibat dalam serial musikal yang akan ditayangkan secara virtual," terang Renita dalam jumpa pers virtual, Kamis, 17 Februari 2022.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Persyaratan Peserta

Audisi online "Mentjari Bang Maing dan Djoewita" telah dibuka dan akan berlangsung sampai 13 Maret 2022 pukul 23.59 WIB. Audisi bisa diikuti peserta berusia 18 tahun ke atas. Calon peserta wajib mengisi formulir pendaftaran melalui www.indonesiakaya.com dan seluruh kegiatan ini tidak dipungut biaya.

Untuk peserta pria dapat merekam tiga video audisi, yaitu video vokal dan koreografi "Payung Fantasi," vokal Dari Mana Datangnya Asmara, dan bermain musik Sepasang Mata Bola (tidak wajib). Untuk peserta perempuan bisa merekam dua video audisi: video vokal dan koreografi "Juwita Malam" dan vokal Dari Mana Datangnya Asmara.

Itu harus sesuai format dan contoh audisi yang tersedia di YouTube IndonesiaKaya. Kemudian, mereka harus mengunggah video audisi ke YouTube atau GDrive.

3 dari 5 halaman

Sosok Berpengaruh

Audisi secara online tentu memiliki tantangan tersendiri, karena tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan para peserta. Namun, Chriskevin Adefrid selaku perwakilan dari TEMAN, mengaku bersemangat setalah melihat antusiasme para peserta dalam menjalankan audisi.

Elemen dari seni teater, seni tari, seni suara, dan teknologi film jadi kesatuan unsur yang akan diutamakan dalam menciptakan serial musikal ini. Garin Nugroho selaku eksekutif produser mengungkap, Ismail Marzuki atau Bang Maing merupakan sosok seniman, komposer, serta pahlawan nasional yang sangat berpengaruh dalam dunia seni, terutama musik di Tanah Air.

Ratusan karya yang diciptakannya masih didengarkan dan dinikmati masyarakat Indonesia hingga saat ini.

4 dari 5 halaman

Serial Musikal Sebelumnya

"Sebagai tokoh seni penting yang menerima beragam penghargaan, mengangkat kisah hidupnya ke dalam serial musikal tentu akan jadi sebuah karya yang menarik dan baru bagi berbagai pihak yang terlibat. Semoga nantinya karya ini dapat diapresiasi dan menambah wawasan masyarakat tentang Bang Maing," tutur Garin.

Pada 2021, Indonesia Kaya sukses menampilkan Serial Musikal Nurbaya yang terinspirasi dari novel Sitti Nurbaya: Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli. Serial tersebut diisi para pekerja seni yang mengikuti rangkaian program online "Mencari Siti' dan berhasil lulus casting.

Naskahnya ditulis Chriskevin Adefrid yang bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktop yang terpilih melalui workshop "Mencari Penulis." Mereka mengikuti online masterclass bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir 2020.

5 dari 5 halaman

Infografis Perfilman Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.