Sukses

Pria Jepang Masak Rendang Tanpa Bumbu Instan, Ganti Bawang Merah dengan Bawang Bombai

Selain tanpa bawang merah, rendang yang dimasak pria Jepang itu juga memakai kacang mete.

Liputan6.com, Jakarta - Rendang merupakan makanan tradisional dari Sumatra Barat yang sangat populer bukan hanya di Indonesia namun juga di dunia internasional. Makanan yang pernah dinobatkan sebagai makanan terenak di dunia versi CNN itu pun selalu sukses membuat orang tergiur.

Meski begitu, memasak rendang bukanlah hal mudah. Selain butuh banyak bumbu, proses pembuatannya pun cukup makan waktu.

Karena itu, kehadiran beragam bumbu instan untuk membuat rendang bisa membantu mempersingkat waktu. Namun, seorang pria asal Jepang rupanya lebih tertarik mengolah daging sapi menjadi rendang dengan caranya sendiri.

Proses pembuatan rendang itu dibagikan secara singkat melalui akun TikTok @bayashi.tiktok. Pertama-taman, pria yang diketahui bernama Bayashi ini memotong daging sapi jadi lebih tipis. Kemudian, daging dibumbui dengan garam dan merica, persis seperti persiapan membuat steak.

Pria ini kemudian mengiris bawang bombai, bawang putih, jahe, dan lemon. Ia sepertinya menggunakan bawang bombai untuk menggantikan bawang merah yang mungkin sulit didapat di Jepang.

Berikutnya, ia menghaluskan kacang mete menggunakan food processor. Bahan ini membuat bingung karena di resep asli rendang tak pernah ada yang memasukkan kacang mete ke dalamnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sangat Cepat

Ketiga bahan tersebut lantas dihaluskan bersama dengan kacang mete, perasan jeruk lemon, dan parutan kulit jeruk lemon. Bumbu halus tersebut ditumis dan ditambahi sejumlah bumbu.

Setelah itu, ia memasukkan daging dan santan instan. Daging tersebut dimasak sampai empuk. Setelah matang, ia menambahkan taburan parsley di atasnya untuk mempercantik tampilannya.

Semua langkah dalam video tersebut dilakukan dengan sangat cepat. Pria ini pun mencoba rendang buatannya dan tampak sangat puas dengan hasilnya. Bayashi tampak mengacungkan jempol usai menyantap rendang yang tampilannya lebih mirip kalio.

3 dari 5 halaman

Cara Masak

Kalau dilihat hasilnya, hasil masakan pria itu bisa dibilang masih setengah rendang atau sering disebut juga kalio. Rendang minang umumnya berwarna cokelat kehitaman dan agak kering, sedangkan kalio berwarna cokelat dan tidak terlalu kering sehingga suka disebut rendang basah.

Meski begitu, video ini berhasil menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 4 Februari 2022 ini.

Ada yang merasa salut. Ada juga yang menilai cara masaknya beda dengan orang Indonesia pada umumnya, terutama penggunaan kacang mete karena jarang yang menggunakannya.

4 dari 5 halaman

Beda Resep

"Nah ini baru rendang, dari mentah. Nggak digoreng dulu," komentar seorang warganet.  "Ini rendang versi premium. Bumbunya elit banget," komentar warganet lainnya.

"Beda negara beda resep, mungkin bahan yang ada di Indonesia tidak ada di negara lain. Dia memodifikasi sedikit resepnya," timpal warganet lainnya. Sampai berita ini ditulis, unggahan tersebut sudah dilihat lebih dari 12,5 juta dan disukai lebih dari 1,7 juta kali

5 dari 5 halaman

Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.