Sukses

Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre Setuju Selesaikan Gugatan Pelecehan Seksual

Pangeran Andrew sebelumnya dituduh melakukan pelecehan seksual saat Virginia Giuffre masih remaja.

Liputan6.com, Jakarta - Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre setuju menyelesaikan tuduhan pelecehan seksual di luar pengadilan. Keputusan tersebut menurut dokumen pengadilan yang diajukan pengacara Giuffre, Selasa, 15 Februari 2022.

Dilansir dari CNN, Rabu (16/2/2022), Pangeran Andrew dan Virginia Giuffre tengah mengantisipasi pengajuan penetapan penghentian kasus dalam waktu 30 hari, menurut surat yang ditujukan pada Hakim federal Lewis Kaplan.

"Pangeran Andrew bermaksud memberi sumbangan besar pada badan amal Giuffre untuk mendukung hak-hak korban. Pangeran Andrew tidak pernah bermaksud memfitnah Giuffre, dan ia menerima bahwa ia telah menderita, baik sebagai korban pelecehan maupun sebagai hasil dari serangan publik yang tidak adil," kata surat itu.

Gugatan perdata berasal dari tuduhan menggelisahkan terhadap Jeffrey Epstein yang berteman dengan serangkaian pria kuat meski asal-usulnya disamarkan. "Sudah diketahui bahwa Jeffrey Epstein memperdagangkan gadis-gadis muda yang tak terhitung jumlahnya selama bertahun-tahun," lanjut surat itu.

"Pangeran Andrew menyesali hubungannya dengan Epstein, dan memuji keberanian Giuffre dan para penyintas lain dalam membela diri mereka sendiri dan orang lain," lanjut surat itu.

"Ia berjanji untuk menunjukkan penyesalan atas hubungannya dengan Epstein dengan mendukung perang melawan kejahatan perdagangan seks, dan mendukung para korban," lanjut surat tersebut. Dalam gugatan tersebut, Giuffre menuding Epstein memperdagangkan dan memaksanya berhubungan seks dengan teman-temannya, termasuk Pangeran Andrew, dan bahwa ia sadar Giuffre masih di bawah umur di AS pada saat itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Gugatan

Giuffre menuding Andrew melecehkannya secara seksual di pulau pribadi Epstein di Kepulauan Virgin AS, di rumahnya di Manhattan, dan di rumah mantan pacarnya Ghislaine Maxwell di London. Pangeran Andrew telah berulang kali menyangkal pelecehan tersebut.

"Pangeran Andrew menyangkal bahwa ia adalah salah satu konspirator Epstein atau Epstein memperdagangkan gadis-gadis kepadanya," demikian pengacaranya Andrew B. Brettler dan Melissa Y. Lerner menulis dalam pengajuan hukum bulan lalu.

Giuffre membawa kasusnya di bawah Undang-Undang Korban Anak, undang-undang negara bagian New York yang diberlakukan pada 2019 yang sementara memperluas undang-undang pembatasan dalam kasus pelecehan seksual anak. Bulan lalu, Hakim Kaplan menolak mosi untuk menolak gugatan itu.

3 dari 5 halaman

Istana Tak Berkomentar

Pangeran Andrew dijadwalkan memberi pernyataan di bawah sumpah pada 10 Maret, kata seorang sumber. Tuduhan dalam waktu yang panjang terhadap Andrew telah secara dramatis menodai reputasi publiknya, dan ia mundur dari tugas kerajaan pada akhir 2019.

Setelah keputusan hakim bulan lalu, Andrew dicopot dari gelar militer dan amalnya, Istana Buckingham mengumumkan. Seorang juru bicara istana menyebut bahwa istana tidak akan mengomentari penyelesaian tersebut. Ini masalah Duke dan tim hukumnya, tambah juru bicara itu.

Salah satu pengacara Giuffre mengatakan bahwa ia "sangat senang" dengan resolusi gugatan tersebut. "Sebagai mitra pengelola di sebuah firma yang sejak awal bertindak berdasarkan keyakinan bahwa hukum harus disusun untuk membawa keadilan bagi yang paling rentan, saya dapat mengatakan, tanpa ragu, bahwa perwakilan kami yang menjunjung tradisi itu," pengacara Sigrid McCawley mengatakan dalam sebuah pernyataan.

4 dari 5 halaman

Sosok Epstein

Epstein mengaku bersalah pada 2008 atas tuduhan prostitusi negara bagian dan pada Juli 2019 didakwa atas tuduhan perdagangan seks federal. Jaksa menuduhnya melakukan skema pelecehan seksual selama puluhan tahun terhadap gadis di bawah umur, menerbangkan mereka dengan pesawat pribadi ke propertinya di Florida, New York, New Mexico, dan Kepulauan Virgin AS.

Epstein meninggal karena bunuh diri di penjara sebelum diadili. Maxwell, mantan pacar dan rekan dekatnya, ditangkap pada 2020 dan dituduh memfasilitasi skema pelecehan tersebut. Seorang juri federal menghukumnya pada Desember atas lima tuduhan federal, termasuk perdagangan seks anak di bawah umur dan konspirasi.

5 dari 5 halaman

INFOGRAFIS: 6 Tips Lindungi Diri dari Pelecehan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini