Sukses

Omicron Belum Reda di AS, Disneyland Cabut Aturan Pakai Masker per 17 Februari 2022

Disneyland mengizinkan pengunjung tidak memakai masker meski wabah Omicron belum mereda. Apa alasannya?

Liputan6.com, Jakarta - Disneyland bakal mencabut aturan penggunaan masker bagi pengunjung pada Kamis, 17 Februari 2022. Keputusan itu diambil di tengah mewabahnya kasus Covid-19 varian Omicron di Amerika Serikat (AS). Pada Selasa, 15 Februari 2022, AS mencatat 115.509 kasus baru positif Covid-19 dalam sehari. 

Dilansir dari People, Rabu (16/2/2022), kebijakan baru itu menyusul perubahan aturan di California. Pemerintah negara bagian itu mencabut kewajiban penggunaan masker di dalam ruangan untuk mereka yang sudah divaksinasi dua dosis. Namun, pelonggaran tersebut tidak berlaku bagi mereka yang belum divaksinasi.

"Kami mengimbau pengunjung yang belum divaksinasi penuh untuk terus mengenakan masker di seluruh tempat dalam ruang, termasuk wahana dan teater," demikian pernyataan tertulis Walt Disney Company di laman resmi mereka. 

Kewajiban penggunaan masker juga tetap diberlakukan untuk pengunjung Disneyland berusia dua tahun ke atas di sarana transportasi seperti bus, monorel Disney, dan Disney Skyliner. Namun, Disney tidak merinci perihal protokol pengecekan status vaksinasi para pengunjung di lokasi.

Mereka hanya mengimbau agar seluruh pengunjung divaksinasi penuh atau menunjukkan hasil negatif tes Covid-19 sebelum memasuki area Disneyland Resort. Hal itu merujuk pada imbauan pemerintah negara bagian California.

Dikutip dari New York Times, Gubernur California Gavin Newsom mengumumkan bahwa California akan "memiliki takdir baru" dan menetapkan 15 Februari 2022 sebagai batas akhir kewajiban penggunaan masker di ruang publik tertutup bagi warga yang sudah divaksinasi penuh. Namun, aturan itu masih berlaku di sekolah-sekolah, setidaknya hingga dua pekan ke depan.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Vaksinasi Karyawan

Tahun lalu, Disney mewajibkan seluruh karyawannya, baik pekerja tetap maupun paruh waktu, untuk divaksinasi Covid-19. Kewajiban itu diambil demi menjaga keamanan dan keselamatan para pekerja selama pandemi berlangsung.

Amerika Serikat sendiri punya dua taman bermain di bawah Walt Disney Company. Satu berlokasi di California yang bernama Disneyland Resort, sedangkan yang kedua bernama Walt Disney World Resort yang berlokasi di Orlando, Florida.

 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Vaksinasi Massal

Disney sempat menutup tempat bermain mereka selama pandemi. Taman bermain itu kemudian difungsikan sebagai tempat vaksinasi massal di Orange County.

"Disneyland Resort dengan bangga membantu dan mendukung Orange County, serta Kota Anaheim dengan memberikan tempat parkir. Kami juga berterima kasih atas semua upaya mereka untuk memerangi Covid-19," ujar Dr. Pamela Hymel selaku Chief Medical Officer untuk Disney Parks Experiences and Products.

Vaksinasi Covid-19 dianggap memberikan harapan bagi semua pihak yang terdampak krisis. Akibat penutupan itu, Disney terpaksa merumahkan sekitar 32 ribu karyawannya. (Natalia Adinda)

4 dari 5 halaman

Penutupan di Hong Kong

Di sisi lain, Disneyland Hong Kong justru memperpanjang penutupan taman bermainnya karena situasi pandemi. Dikutip dari laman dapsmagic.com, penutupan itu awalnya akan berakhir pada 20 Januari 2022.

Dengan melonjaknya kasus Omicron, Disneyland Hong Kong terpaksa menutup taman bermain mereka hingga 23 Februari 2022. Meski begitu, hotel resor mereka tetap dibuka dengan layanan yang disesuaikan.

5 dari 5 halaman

7 Momen Harus Pakai Masker

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.