Sukses

Asal-usul Nama Dorce Gamalama yang Meninggal Dunia di Usia 58 Tahun

Bagaimana asal usul nama Dorce Gamalama?

Liputan6.com, Jakarta - Kabar duka datang dari Dorce Gamalama. Artis serba bisa itu meninggal dunia pada usia 58 tahun hari ini, Rabu (16/2/2022).

Sebelum Dorce Gamalama meninggal dunia, dia sempat dirawat tiga minggu di rumah sakit. Kondisi kesehatannya menurun drastis setelah terinfeksi Covid-19.

Kepergian seniman kelahiran Solok, Sumatera Barat, 21 Juli 1963 itu meninggalkan duka bagi keluarga, kerabat, dan para penggemarnya. Diketahui bahwa mendiang akan dimakamkan dengan protokol kesehatan karena penyakit tersebut.

Dorce terlahir dengan nama Dedi Yuliardi Ashadi. Dirangkum dari berbagai sumber, nama Dorce diberikan oleh Myrna, kelompok tari waria Fantastic Dolls. Nama tersebut diberikan karena ia sering memposisikan sebagai seorang perempuan.

Sementara, nama Gamalama diambil dari nama gunung yang berlokasi di Ternate, Maluku Utara. Dikutip dari KapanLagi, Dorce mendapatkan restu dari Sultan Ternate untuk menggunakan nama tersebut.

Dorce datang pertama kali ke Gamalama pada 1984. Sejak itu, nama Gamalama melekat di belakang Dorce dan membuatnya terus meroket di dunia hiburan Tanah Air. 

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Ritual Khusus

Dorce mengungkapkan, harus menjalani ritual khusus sebelum mendapat restu penggunaan nama Gamalama. Ia pergi ke puncak Gamalama sebelum subuh dan mengambil air wudu.

"Untuk naik ke atas pun kita perlu izin lebih dulu. Tidak sembarangan untuk bisa ke sana. Kalau kita tidak direstui kita tidak bisa ke sana. Dan di tengah–tengah itu ada air suci yang disebut Abdas. Kalau kita tidak dapat ridho air itu tidak bisa keluar. Ini ajaib," tutur Dorce, Rabu, 25 Februari 2009.

Semasa hidup, Dorce kerap datang ke Ternate untuk menggelar selamatan dengan menyembelih kambing. Hasilnya dibagikan kepada masyarakat sekitar.

3 dari 4 halaman

Popularitas

Dorce senang dengan nama tersebut karena memberi berkah. Dengan nama itu, ia bisa meraih popularitas di dunia hiburan Tanah Air.

Dorce mengaku memiliki sejumlah nama panggung sebelum terjun ke dunia hiburan. Ia menjalani operasi untuk menjadi seorang perempuan saat berusia 20 tahunan.

Dorce Gamalama meninggalkan empat anak adopsi yang tinggal bersamanya. Mereka adalah Rizky Sutrisno Kidjo, Siti Khadijah, Siti Fatimah Tuzzahrah dan Abu Ramadhani.

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.