Sukses

Cinta Laura Luncurkan Gerakan Sosial, Bakal Keliling Belasan Pulau di Indonesia Sambil Bawa Misi Penting

Cinta Laura menyebut setidaknya ada tiga misi yang akan diembannya lewat gerakan Act of Love.

Liputan6.com, Jakarta - Cinta Laura meluncurkan gerakan Act of Love bertepatan dengan Hari Kasih Sayang, Senin, 14 Februari 2022. Act of Love merupakan gerakan sosial yang muncul karena ada perubahan paradigma antara di antara anak muda Indonesia, baik Gen Z dan Alpha.

Gerakan itu sekaligus menandai 15 tahun karier Cinta di dunia hiburan. "Act of Love itu sebuah gerakan untuk saat ini yang terbagi dari tiga bagian, yaitu sosial, pendidikan, dan lingkungan," ujar Cinta Laura. 

Bagi Cinta, setiap individu harus memiliki pola pikir bahwa hidup itu adalah pilihan. Emosi negatif yang dirasakan dinilainya wajar, tapi itu bukan alasan untuk tenggelam dalam perasaan negatif.

"Kita bisa keluar dari perasaan negatif itu dan memilih untuk melakukan sesuatu dari sumber yang positif yang kita miliki," kata Cinta. Sumber positif tersebut bisa berupa cinta yang dimiliki oleh setiap orang.

Cinta mencontohkan, meski kita mempunyai kekurangan, kita harus  tetap memaksimalkan potensi yang kita miliki dan yang bisa kita lakukan. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk membantu orang lain.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pendidikan dan Lingkungan

Di mata Cinta, banyak sekali anak Indonesia yang merasa minder dan harus berkompetisi dengan anak-anak dari kota atau bahkan dari negara lain. Karena itu, sistem pendidikan harus mengajarkan anak-anak berpikir kritis supaya mereka tidak takut bertanya dan berpikir secara inovatif.

"Hanya dengan begitu, mereka baru bisa menggunakan teknologi secara baik. Kalau kita critical thinking-nya saja belum kuat, bagaimana kita bisa menggunakan teknologi dengan baik dan benar, karena banyak berita hoaks di luar sana," imbuh Cinta.

Berkaitan dengan lingkungan, Cinta mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat kaya. Namun, banyak anak muda yang mengabaikan dampak negatif dari berbagai bisnis atau usaha ekonomi yang dijalankan. Padahal, dampak kerusakan lingkungan sudah dirasakan nyata oleh generasi masa kini

"Kita harus peduli dengan lingkungan. Masalah lingkungan di Indonesia saat ini, seperti minimnya fasilitas daur ulang, pengelolaan limbah yang perlu ditingkatkan, hingga kurangnya kesadaran akan gaya hidup berkelanjutan. Itu perlu menjadi tanggung jawab bersama generasi muda saat ini," kata Cinta.

3 dari 4 halaman

Ke Depan

Cinta Laura mengatakan pada tahun ini, ia berencana mengunjungi 10 hingga 15 kota dan pulau-pulau terpencil di seluruh Indonesia. Ia ingin melestarikan budaya yang ada di sana dan melakukan riset bersama timnya apa yang mereka butuhkan, seperti air bersih, listrik, atau lainnya.

"Saat aku melakukan riset di lokasi-lokasi itu, rencananya aku dan teman ingin membangun learning hub, tempat belajar kecil untuk warga setempat, termasuk untuk perempuan dan anak-anaknya," tutur Cinta.

Di pusat belajar itu, Cinta dan tim akan mengajarkan warga setempat tentang bisnis, keuangan, kesehatan, dan lain-lain. "Act of Love ini juga akan diintegrasikan ke dalam learning hub tersebut," sambung Cinta,

Ia juga berencana menunjuk duta Act of Love dari setiap pulau di Indonesia dan kota-kota di Indonesia. Ia berharap ini bisa jadi gerakan yang benar-benar menyebar di seluruh Tanah Air.

"Act of Love ini bukan hanya untuk merayakan karierku yang ke-15 tahun, tapi sebuah gerakan yang mudah-mudahan akan ada untuk selamanya dan mengubah hidup banyak orang. Walaupun 10 atau 20 tahun yang diingat orang bukan aku, melainkan Act of Love-nya. Yang aku kejar dari sini bukan ketenaran, tapi perubahan yang nyata di di masyarakat Indonesia, termasuk di generasi muda," papar Cinta.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.