Sukses

Sinergi E-Commerce dan Online Travel Agent untuk Dukung Pemulihan Industri Pariwisata

Sinergi Blibli dan tiket.com ini jadi wujud nyata dukungan untuk memulihkan pariwisata Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini eranya kolaborasi dan sinergi, bukan sekadar kompetisi. Prinsip itu juga dijalankan e-commerce dan online travel agent atau OTA, Blibli dan tiket.com.

Mereka meluncurkan sinergi pertama di Indonesia, yaitu akun pengguna tiket.com bisa tersambung dengan Blibli. Gaery Undarsa, Co-founder & Chief Marketing Officer tiket.com mengatakan bahwa sinergi ini merupakan pertama kali dalam sejarah, dan sebagai wujud nyata dukungan untuk memulihkan pariwisata Indonesia.

"Ini pertama kali dalam sejarah ada sinergi antara e-commerce dan Online Travel Agent (OTA). Kita memaknai sinergi ini sebagai wujud nyata untuk mendukung pemulihan dan kemajuan industri pariwisata yang terdampak pandemi, serta usaha-usaha lokal yang menyokongnya," ucap Gaery, dalam webinar peluncuran sinergi tiket.com dan Blibli, Senin (14/2/2022).

Hal senada juga diungkapkan oleh Edward Kilian Suwignjo, Chief Marketing Officer Blibli. Ia mengatakan bahwa kolaborasi ini diharapkan bisa memenuhi gaya hidup digital yang paling menarik dan belum ada sebelumnya.

"Kami percaya, sinergi ini adalah jawaban untuk menjadikan industri dapat tumbuh berkelanjutan. Selain itu bisa memberikan akses yang lebih mudah, serta lebih banyak keuntungan bagi pelanggan," terangnya dalam kesempatan yang sama.

Sinergi ini hadir bagi masyarakat yang membutuhkan akses yang mudah dan terintegrasi dalam memenuhi berbagai kebutuhannya. Sinergi ini menggabungkan segala kelebihan e-commerce dan OTA ke dalam satu akun tunggal pengguna, sehingga pengguna dapat menikmati semua manfaat dan kelebihan secara efektif.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Program Promosi

Dalam sinergi terbaru ini, nantinya traveler yang punya akun tiket.com bisa menyambungkannya ke akun Blibli mereka. Jika akun tersebut sudah cocok dan berhasil disambungkan, ada banyak promo yang bisa dinikmati traveler.

Contohnya dari sisi Blibli, traveler yang sudah menyambungkan akun mereka dengan tiket.com bisa langsung mendapatkan bonus 2.500 poin. Traveler juga akan mendapatkan promo gratis ongkos kirim untuk berbagai tipe pengiriman dengan nilai lebih dari Rp2 juta setiap bulannya.

"Selain itu, ada banyak akses voucher belanja eksklusif. Kemudian, konsumen yang berulang tahun mereka akan mendapatkan bonus khusus juga," ucap Edward.

Sementara di tiket.com, Anda bisa mendapatkan keuntungan, seperti diskon sebesar 15 persen, khusus untuk pesawat dan hotel. Ada pula jalur khusus pelanggan, dan early access berbagai program promosi serta diskon yang diadakan oleh tiket.com.

3 dari 4 halaman

Pertumbuhan Tertinggi

Sepanjang 2020, Blibli mencatat pertumbuhan 'Year-On-Year' sebesar 2,5 kali lipat, dengan pertumbuhan kategori produk yang tertinggi secara berurutan: produk lokal (UMKM) di Galeri Indonesia, gadget dan elektronik, kebutuhan rumah tangga, serta Home and Living.

Sedangkan tiket.com mencatat bahwa pada Q4 2021, lima destinasi wisata terpopuler di kalangan masyarakat adalah Medan, Denpasar, Surabaya, Jakarta (Jabodetabek) dan Bandung. Kalau dibandingkan dengan 2020, tiket.com mencatat pertumbuhan performa sebesar 40 persen sepanjang 2021.

"Kami berterima kasih atas dukungan dan kesetiaan pengguna selama ini, dan ini jadi salah satu wujud rasa syukur kami kepada Blibli Friends dan Sobat Tiket yang terus setia menjadi pengguna kami selama ini," tutup Gaery.

4 dari 4 halaman

Waspada Penipuan Online Shop via Medsos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.