Sukses

8 Macam Bunga dan Maknanya untuk Rayakan Hari Kasih Sayang

Beda bunga, beda makna. Yuk, pahami artinya agar perasaan terdalam Anda bisa tersampaikan dengan tepat di Hari Kasih Sayang.

Liputan6.com, Jakarta - Katakan sayang dengan bunga masih relevan untuk merayakan Hari Kasih Sayang. Selain tampilannya yang indah, bunga juga mengandung makna khusus untuk mengekspresikan perasaan sang pemberi kepada orang yang diberinya. 

Masing-masing bunga memiliki makna yang berbeda. Karena itu, Anda perlu mencari tahu dulu makna bunga sebelum memberikannya kepada pasangan atau orang yang Anda sayangi. Dilansir dari berbaga sumber, berikut sembilan macam bunga dan maknanya untuk menggambarkan perasaan Anda.

1. Bunga Melati

Siapa yang tak kenal dengan bunga melati yang berjuluk puspa bangsa Indonesia ini? Bunga yang banyak ditemukan di wilayah beriklim tropis ini memiliki makna penting yang bisa dijadikan sebagai penyampai perasaan kita pada si dia.

Dilansir dari laman indonesia.go.id, melati merupakan perlambang kesucian, keanggunan dalam kesederhanaan, dan ketulusan. Bunga itu juga melambangkan keindahan dan kerendahan hati.

Melati berarti rasa melad saka jero ati, yang artinya “dalam berucap dan berbicara harusnya kita selalu mengandung ketulusan dan kejernihan hati nurani yang paling dalam”. Tak heran bila bunga melati menjadi sering digunakan sebagai salah satu elemen penting dalam berbadai adat pernikahan di Indonesia.  

2. Bunga Anyelir

Bunga anyelir atau disebut juga carnation berasal dari wilayah Mediterania yang membutuhkan kelembapan, drainase yang baik, dan sinar matahari penuh. Bunga ini dianggap sebagai bunga budidaya tertua di dunia. Penyebarannya meluas, termasuk ke Indonesia.

Bunga ini memiliki beragam warna yang masing-masing menandakan hal berbeda. Anyelir putih, contohnya, bermakna kesetiaan dan perasaan cinta yang tulus murni. Anyelir merah diartikan persahabatan dan kekaguman. Berbeda dengan anyelir merah muda yang digunakan saat perayaan Hari Orang Tua dengan melambangkan kelembutan dan kasih sayang.

3. Bunga Lavender

Bunga yang identik dengan warna ungu itu memiliki aroma yang menenangkan. Tak heran bunga ini kerap dijadikan bahan aromaterapi untuk memberikan ketenangan atau penghilang stres.

Bunga lavender melambangkan pengabdian, kesucian, dan cinta. Dengan warna ungu yang lembut, bunga itu juga bermakna sebagai lambang pertumbuhan seorang wanita yang hadir dengan keanggunan yang mereka miliki. Selain itu, bunga lavender bisa jadi pilihan  untuk merayakan hari spesial bersama pasangan sebab jadi perlambang kesetiaan dan keagungan cinta.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

4. Bunga Mawar

Sejak zaman Romawi dan Yunani kuno, mawar dilambangkan sebagai kesempurnaan cinta. Masyarakat zaman dulu mengaitkannya dengan dewi cinta, baik Venus maupun Aphrodite. Karena itu, bunga ini, khususnya yang berwarna merah, menjadi bunga utama perayaan Hari Valentine.

Dilansir dari Womansday.com, mawar juga terkenal sebagai bunga mewah. Banyak petani bunga yang menahan tanaman mereka selama berbulan-bulan agar bisa mekar tepat pada 14 Februari. Pada hari itu, mereka bisa mendapatkan pemasukan lebih besar lewat harga bunga yang dinaikkan.

Tapi, mawar juga memiliki beragam varian warna. Masing-masing mengandung arti berbeda. Mawar kuning, misalnya, sebagai tanda persahabatan, mawar putih menandakan kepolosan, sedangkan mawar merah muda merupakan tanda kekaguman.

5. Bunga Tulip

Bunga tulip berasal dari Persia dan Turki, yang sering digunakan dalam upacara pernikahan Bunga ini secara umum mencerminkan cinta yang sempurna dengan mekarnya yang kecil dan berlapis-lapis.

Bila didasarkan pada warna, tulip merah dimaknai sebagai cinta dan persatuan yang sempurna. Tulip kuning biasanya diberikan sebagai hadiah kepada mereka yang membutuhkan sedikit penyemangat. Berbeda lagi dengan tulip putih yang merupakan pernyataan permintaan maaf kepada seseorang.

6. Bunga Matahari

Sesuai namanya, bunga-bunga ini tumbuh ke arah matahari untuk mendapatkan makanan dari kehangatan dan cahayanya. Bunga ini mampu tumbuh sepanjang tahun.

Bunga matahari pernah dipanen untuk makanan sebelum penjelajahan Eropa. Biasanya, mereka menggunakan biji dan minyak dari bunga matahari untuk perawatan kulit.

Secara umum, bunga matahari diartikan sebagai kesetiaan, kekaguman, sikap positif, dan kekuatan. Orang Yunani kuno percaya bahwa bunga matahari menghadap matahari karena pemujaan nimfa cantik bernama Clytie terhadap Apollo, Dewa Matahari.

 

 

 

3 dari 4 halaman

7. Bunga Anggrek

Dengan lebih dari 20.000 spesies yang berbeda, bunga anggrek memiliki berbagai jenis dan warna. Bunga anggrek berwarna merah muda dan ungu jadi warna yang terpopuler.

Sebagai bunga dengan aroma yang khas, simbolisme anggrek biasanya dikaitkan dengan aroma manis yang dilepaskan ke udara. Dalam ilmu feng shui, bunga anggrek dianggap bisa meningkatkan keberuntungan keluarga serta kesuburan. Sementara menurut kepercayaan Barat, anggrek menjadi lambang kekuatan, kemewahan, dan keindahan.

Bunga itu juga diyakini sebagai afrodisiak alami yang kuat dan umbinya dimakan di Yunani dan Cina karena memiliki kualitas obat yang tinggi. Bunga anggrek dipercaya bisa mengobati penyakit batuk, paru-paru, dan ginjal.

8. Bunga Lilac

Warna lilac ungu mewakili emosi akan cinta yang pertama. Sementara, lilac berwarna magenta atau pink tua melambangkan cinta dan gairah, sempurna untuk pasangan yang menjalani hubungan lebih serius.

Dilansir dari abcflora.com, bunga lilac yang mekar di musim semi itu sering kali dikaitkan dengan liburan Paskah. Bunga itu melambangkan kelahiran kembali dan pembaruan. Bagi beberapa orang, bunga lilac dijadikan hadiah untuk siapa saja yang memulai pekerjaan baru atau lulus.

Bunga lilac menginspirasi seniman dari Whitman hingga Monet dengan kecantikannya. Aromanya yang menyenangkan juga jadi pilihan sebagai bahan dalam parfum dan minyak esensial. (Natalia Adinda)

4 dari 4 halaman

Wilayah Penghasil Bunga

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.