Sukses

Ketika Meja Panjang di Pertemuan Emmanuel Macron dan Vladimir Putin Curi Perhatian Dunia

Selain memperkirakan panjangnya, meja di pertemuan Emmanuel Macron dan Vladimir Putin pun melahirkan banyak meme.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah meja justru menarik perhatian dunia saat kedua pemimpin negara bertemu. Meja yang jadi perbincangan itu tampak dalam pertemuan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Kremlin, Rusia, Senin, 7 Februari 2022.

Meja panjang putih itu berada di sebuah ruangan berdinding warna yang sama. Furnitur yang tengahnya dihias sebuket bunga itu tampak kokoh dengan tiga penyangga di bawahnya..

Sementara, penampilan Macron dan Putin nyaris sama dengan balutan jas warna gelap. keduanya duduk di kursi warna putih dan berada di ujung meja untuk menjaga jarak fisik.

Pertemuan mereka menarik pemberitaan sejumlah media internasional dan menerka-nerka berapa panjang meja tersebut. Sydney Morning Herald, misalnya, menyebut panjang meja tersebut empat meter.

"Mereka duduk di ujung meja sepanjang empat meter untuk membahas krisis Ukraina," tulis media Australia tersebut, Jumat, 11 Februari 2022. "Tapi, meja itu sendiri menarik perhatian secara signifikan, dengan panjangnya yang mengejutkan banyak pengamat dan memicu gelombang meme di internet," tulis CNN tentang pertemuan Macron dan Putin.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Panjang Meja

Berbeda dengan media SMH, CNN memperkirakan panjang meja tersebut sekitar enam meter. Kedua pria itu menghabiskan lebih dari lima jam duduk di depan meja itu untuk meredakan potensi konflik di Ukraina.

Soal berapa panjang meja pertemuan Macron dan Putin juga ditulis Forbes. Publikasi itu menyebut panjang meja itu 13 kaki atau 3,9 meter, tak jauh seperti yangditulis SMH.

Sementara media Rusia, The Moscow Times menulis meja tersebut memiliki panjang 20 kaki atau setara enam meter. Forbes lebih lanjut menuliskan, meja tersebut jadi tempat saat Putin menerima Perdana Menteri Hongaria Viktor Orban pada pertemuan minggu lalu.

3 dari 4 halaman

Jungkat-jungkit

Menurut laporan The Moscow Times, rupanya sejumlah pengguna Twitter mengedit potret pertemuan Putin dan Macron. Sejumlah meme memperlihatkan kedua presiden menyelesaikan perbedaan mereka melalui pertunjukan kecakapan olahraga.

Kata warganet, meja lebih cocok untuk main bulu tangkis dan tenis meja daripada berbicara tentang perselisihan wilayah. Ada juga yang membuat "video jungkat-jungkit" pertemuan Putin dan Macron.

Pengguna Twitter yang lain mengolok-olok meja chasmic dengan memotret tes penglihatan ke tangan Macron. Seorang pengguna yang lain mengusulkan meja itu cocok untuk kegiatan yang lebih biblikal daripada diplomasi, menggabungkan gambar meja tersebut dengan Perjamuan Terakhir.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Jaringan isis di Belgia dan Prancis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.