Sukses

Aplikasi Tentang Anak, Akses Serba-serbi Informasi Parenting Secara Gratis

Setidaknya ada 14 ahli yang terlibat dalam pembuatan konten edukasi pengasuhan anak di aplikasi Tentang Anak.

Liputan6.com, Jakarta - Penting bagi para orangtua untuk mendapat informasi parenting yang kredibel. Apalagi, pengetahuan-pengetahuan itu harus terus diperbaharui secara berkala. Setidaknya, begitu menurut celebrity mom, Tasya Kamila.

"Jadi orangtua itu berarti belajar seumur hidup, karena setiap fase pertumbuhan anak akan memberi tantangan berbeda. Misalnya, sudah mastering newborn, lalu fase itu sudah lewat dan nantinya menemukan tantangan baru lagi," katanya dalam peresmian virtual aplikasi Tentang Anak, Jumat, 11 Februari 2022.

Karena itu, ragam informasi pengasuhan buah hati di aplikasi Tentang Anak, menurut Tasya, sangat membantu. Ia menambahkan, "Terlebih dalam kondisi sekarang (pandemi COVID-19) yang enggak memungkinkan untuk sering-sering ke dokter anak buat sekadar konsultasi."

Dewan Penasihat Tentang Anak, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K), menekankan pentingnya memperhatikan dan mengoptimalkan pertumbuhan, serta perkembangan anak dengan cara mencari ilmu yang terpercaya.

Menyambung itu, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A sebagai founder, sekaligus CEO Tentang Anak, menyebut bahwa aplikasi yang sudah diluncurkan pada Desember 2021 ini memang dihadirkan untuk memudahkan para orangtua dalam mengasuh si kecil. Jadi, apa saja fitur utama dalam aplikasi tersebut?

"Bisa memantau bagus enggak berat badan anak. Ada resep MPASI yang sudah dikurasi, bahkan dihitungkan kalorinya. Kemudian, rekomendasi tiga aktivitas per hari sesuai usia anak," tuturnya.

dr. Mesty menyambung, "Kami juga mengembangkan banyak algoritma, yang terbaru kejang demam. Sebelumnya ada demam, muntah, dan masih banyak lagi. Ini memberi panduan pada orangtua tentang apa yang harus dilakukan jika anak berada dalam kondisi-kondisi tersebut."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Konten Edukasi Gratis

Selain itu, ada pula fitur "Tanya Ahli" dan sederet webinar gratis. dr. Mesty menegaskan, Tentang Anak, yang digagas pada 2020, berkomitmen memberi edukasi pengasuhan anak secara gratis.

"Karena semua individu berhak mendapat akses informasi kredibel yang gratis," ia menyebutkan.

Co-founder dan presiden Tentang Anak, Garri Juanda, mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan setidaknya 14 pakar dalam menyusun materi edukasi di platform Tentang Anak.

Ia mengatakan, "Parenting itu sangat luas, dan Tentang Anak bermaksud mewadahi informasi-informasi tersebut dari para ahli. Jadi, AyBun (sebutan pengguna aplikasi Tentang Anak) enggak pusing pilah informasi karena sudah divalidasi lebih dulu."

Selain, pendekatan teknologi dalam penyampaiannya dinilai relevan dengan para orangtua baru yang cenderung mencari informasi pengasuhan anak melalui internet. Dengan konten terkurasi, ia berharap para orangtua akan menghemat lebih banyak waktu dalam mencari informasi, sehingga bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak.

3 dari 4 halaman

Tidak Hanya Ibu

Tidak hanya jadi tugas ibu, para ayah juga punya peran tidak kalah penting dalam mengasuh anak. Garri menyebut, setidaknya ada dua fitur di aplikasi Tentang Anak yang bisa mendorong semangat itu.

"Karena parenting itu sesuatu yang holistik, bapak-bapak biasanya menyasar ke finansial. Makanya Tentang Anak menghadirkan rencana keuangan keluarga. Di sana akan direkomendasikan bagaimana menabungnya," tuturnya.

Kemudian, ide bermain dengan anak. Garri menyebut, kebanyakan ayah mati gaya saat bermain dengan anak. Karenanya, mereka menghadirkan ragam konten kegiatan aktif yang disesuaikan dengan usia anak.

"Panduan aktivitas ini juga sudah dihadirkan dalam format video singkat," ia menambahkan.

Aplikasi Tentang Anak, menurut Tasya, juga bisa jadi cara lain untuk melibatkan ayah dalam pengasuhan anak. "Sama-sama download buat tahu milestone anak sudah sampai mana, dan jadinya bisa saling mengingatkan," tuturnya.

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.