Aplikasi Tentang Anak, Akses Serba-serbi Informasi Parenting Secara Gratis

Oleh Asnida Riani pada 14 Feb 2022, 05:00 WIB
Diperbarui 09 Nov 2022, 21:35 WIB
keluarga
Perbesar
ilustrasi ibu dan anak/Photo by César Abner Martínez Aguilar on Unsplash

Liputan6.com, Jakarta - Penting bagi para orangtua untuk mendapat informasi parenting yang kredibel. Apalagi, pengetahuan-pengetahuan itu harus terus diperbaharui secara berkala. Setidaknya, begitu menurut celebrity mom, Tasya Kamila.

"Jadi orangtua itu berarti belajar seumur hidup, karena setiap fase pertumbuhan anak akan memberi tantangan berbeda. Misalnya, sudah mastering newbornlalu fase itu sudah lewat dan nantinya menemukan tantangan baru lagi," katanya dalam peresmian virtual aplikasi Tentang Anak, Jumat, 11 Februari 2022.

Karena itu, ragam informasi pengasuhan buah hati di aplikasi Tentang Anak, menurut Tasya, sangat membantu. Ia menambahkan, "Terlebih dalam kondisi sekarang (pandemi COVID-19) yang enggak memungkinkan untuk sering-sering ke dokter anak buat sekadar konsultasi."

Dewan Penasihat Tentang Anak, Prof. Dr. dr. Hardiono D. Pusponegoro, Sp.A(K), menekankan pentingnya memperhatikan dan mengoptimalkan pertumbuhan, serta perkembangan anak dengan cara mencari ilmu yang terpercaya.

Menyambung itu, dr. Mesty Ariotedjo, Sp.A sebagai founder, sekaligus CEO Tentang Anak, menyebut bahwa aplikasi yang sudah diluncurkan pada Desember 2021 ini memang dihadirkan untuk memudahkan para orangtua dalam mengasuh si kecil. Jadi, apa saja fitur utama dalam aplikasi tersebut?

"Bisa memantau bagus enggak berat badan anak. Ada resep MPASI yang sudah dikurasi, bahkan dihitungkan kalorinya. Kemudian, rekomendasi tiga aktivitas per hari sesuai usia anak," tuturnya.

dr. Mesty menyambung, "Kami juga mengembangkan banyak algoritma, yang terbaru kejang demam. Sebelumnya ada demam, muntah, dan masih banyak lagi. Ini memberi panduan pada orangtua tentang apa yang harus dilakukan jika anak berada dalam kondisi-kondisi tersebut."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.


Konten Edukasi Gratis

Tentang Anak
Perbesar
Peluncuran virtual aplikasi Tentang Anak, 11 Februari 2022. (dok. tangkapan layar Zoom)

Selain itu, ada pula fitur "Tanya Ahli" dan sederet webinar gratis. dr. Mesty menegaskan, Tentang Anak, yang digagas pada 2020, berkomitmen memberi edukasi pengasuhan anak secara gratis.

"Karena semua individu berhak mendapat akses informasi kredibel yang gratis," ia menyebutkan.

Co-founder dan presiden Tentang Anak, Garri Juanda, mengatakan bahwa saat ini pihaknya telah bekerja sama dengan setidaknya 14 pakar dalam menyusun materi edukasi di platform Tentang Anak.

Ia mengatakan, "Parenting itu sangat luas, dan Tentang Anak bermaksud mewadahi informasi-informasi tersebut dari para ahli. Jadi, AyBun (sebutan pengguna aplikasi Tentang Anak) enggak pusing pilah informasi karena sudah divalidasi lebih dulu."

Selain, pendekatan teknologi dalam penyampaiannya dinilai relevan dengan para orangtua baru yang cenderung mencari informasi pengasuhan anak melalui internet. Dengan konten terkurasi, ia berharap para orangtua akan menghemat lebih banyak waktu dalam mencari informasi, sehingga bisa menghabiskan lebih banyak waktu dengan anak.


Tidak Hanya Ibu

keluarga
Perbesar
ilustrasi keluarga/Photo by Emma Bauso from Pexels

Tidak hanya jadi tugas ibu, para ayah juga punya peran tidak kalah penting dalam mengasuh anak. Garri menyebut, setidaknya ada dua fitur di aplikasi Tentang Anak yang bisa mendorong semangat itu.

"Karena parenting itu sesuatu yang holistik, bapak-bapak biasanya menyasar ke finansial. Makanya Tentang Anak menghadirkan rencana keuangan keluarga. Di sana akan direkomendasikan bagaimana menabungnya," tuturnya.

Kemudian, ide bermain dengan anak. Garri menyebut, kebanyakan ayah mati gaya saat bermain dengan anak. Karenanya, mereka menghadirkan ragam konten kegiatan aktif yang disesuaikan dengan usia anak.

"Panduan aktivitas ini juga sudah dihadirkan dalam format video singkat," ia menambahkan.

Aplikasi Tentang Anak, menurut Tasya, juga bisa jadi cara lain untuk melibatkan ayah dalam pengasuhan anak. "Sama-sama download buat tahu milestone anak sudah sampai mana, dan jadinya bisa saling mengingatkan," tuturnya.


Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah COVID-19 untuk Anak

Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis 5 Tips Pakai Masker Cegah Covid-19 untuk Anak. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya