Sukses

Bukan Hari Valentine, Ratusan Calon Pengantin Kejar Tanggal Palindrom untuk Menikah di Februari 2022

Kapankah tanggal palindrom yang geser popularitas Hari Valentine untuk menggelar pernikahan di Februari 2022?

Liputan6.com, Jakarta - Bulan Februari lekat dengan Hari Valentine yang jatuh setiap 14 Februari sebagai momen merayakan cinta. Nyatanya, bukan tanggal itu yang dikejar banyak calon pengantin untuk menikah di bulan ini.

Adalah 22.02.2022, tanggal incaran banyak pasangan di beberapa negara, seperti Singapura dan Amerika Serikat. Tanggal tersebut dijuluki tanggal palindrom.

Dilansir dari The Asian Parent, Jumat (11/2/2022), sekitar 483 pasangan telah mendaftarkan rencana pernikahan mereka di Kantor Pendaftaran Pernikahan pada 24 Januari 2022. Jumlah itu diperkirakan akan menembus 500 pasangan mengingat tanggal palindrom masih sekitar 11 hari ke depan.

Jumlah tersebut mencetak rekor. Pasalnya, rata-rata hanya 58 pernikahan dilangsungkan di hari kerja. Dengan angka mencapai 500, itu berarti ada peningkatan sembilan kali lipat dari biasanya. Sementara, Hari Valentine hanya membuat kurang dari 100 pasangan mendaftarkan pernikahan mereka di hari tersebut.

Bukan tanpa alasan tanggal palindrom dipilih. "Tanggal cantik" ini dianggap memudahkan calon pasangan mengingat hari pernikahan mereka, tidak ada alasan untuk melewatkan peringatannya.

Tanggal 22 Februari 2022 juga disebut sebagai kesempatan sekali seumur hidup. Setelah lepas momen itu, tidak akan lagi terulang di kemudian hari.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Angka Keberuntungan

Alasan lain banyak penggemar mengejar tanggal 22/2/2022 sebagai hari pernikahan mereka, itu dianggap sebagai tanggal keberuntungan. Dalam kalender China, tanggal itu disebut mendatangkan keberuntungan karena terdiri dari bilangan genap.

Dikutip dari kanal Global Liputan6.com, palindrom adalah kata, frasa, dan angka yang akan terdengar sama walau dibaca dari belakang. Istilah tersebut diambil dari bahasa Yunani yang merupakan gabungan dari kata "palin" (diterjemahkan sebagai lagi) dan "dromos" yang berarti arah.

Istilah ini pertama kali ditemukan pada 79 Masehi. Dalam budaya populer, ada satu judul film yang menggunakan palindrom, yaitu Tenet karya sineas fiksi-ilmiah berbakat, Christopher Nolan. Dalam konteks film, Tenet adalah nama organisasi yang menggunakan pembalikan waktu untuk beroperasi sebagai organisasi spionase yang bekerja maju dan mundur dalam waktu.

3 dari 4 halaman

Las Vegas

Kecenderungan pasangan untuk menggelar pernikahan di tanggal cantik juga terjadi di Las Vegas, Amerika Serikat. Dikutip dari laman 8newsnow.com, Las Vegas menjadi tempat populer untuk menggelar pernikahan di tanggal palindrom.

Menurut data, hampir 1.600 pasangan menikah pada 10/10/2020, sementara 4.492 menikah di tanggal 7/7/2007. "Pasangan tidak hanya datang dari berbagai daerah di Amerika Serikat untuk menikah di Las Vegas, namun dari berbagai belahan dunia," kata petugas Clark Country, Lynn Goya.

Jadi, apakah Anda termasuk salah satu yang mengejar tanggal palindrom untuk menikah? (Natalia Adinda)

 

4 dari 4 halaman

Beda Buku dan Kartu Nikah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.