Perburuan Gila-Gilaan Bing Dwen Dwen, Boneka Maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Oleh Asnida Riani pada 10 Feb 2022, 17:03 WIB
Diperbarui 11 Feb 2022, 08:35 WIB
Melihat Pabrik Pembuatan Maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
Perbesar
Boneka mainan maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Bing Dwen Dwen terlihat di sebuah pabrik di Nantong di provinsi Jiangsu Timur, China (8/2/2022). (AFP Photo/STR)

Liputan6.com, Jakarta - Boneka Bing Dwen Dwen telah jadi pemenang tidak terduga dari Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022. Penjualan maskot acara olahraga itu melonjak, bahkan melahirkan pengecer ilegal yang memasarkannya kembali dengan harga tinggi.

Maskot, yang diperkenalkan menjelang Olimpiade Beijing 2022, banyak ditampilkan sepanjang pertandingan dan memicu kegilaan pembelian, lapor Daily Mail, Kamis (10/2/2022). Boneka panda itu dijual di gerai resmi Olimpiade seharga 118 yuan (sekitar Rp266 ribu) dan dapat dikirim secara internasional.

Ratusan penggemar tampak mengantre di depan toko resmi Olimpiade dengan harapan dapat membeli merchandise Bing Dwen Dwen dalam beberapa hari terakhir. Boneka maskot ini dilaporkan telah terjual habis di beberapa toko di ibu kota China pada Senin, 7 Februari 2022, dengan toko lain membatasi jumlah pembelian per pelanggan.

Di sisi lain, pemerintah China telah menindak beberapa penjual ilegal yang mencoba menjual boneka tersebut dengan "harga tidak masuk akal." Ratusan boneka Bing Dwen Dwen terdaftar di eBay, seharga 140--317 pound sterling (sekitar Rp2,7 juta--Rp6,2 juta), 23 kali lipat dari harga aslinya.

Atlet pemenang medali telah menerima boneka maskot tersebut setelah momen kemenangan mereka, dimasukkan ke dalam cangkang plastik untuk mewakili es. "Bing" berarti "es" dalam bahasa setempat.

Shuey Rhon Rhon, seorang anak lentera Cina, adalah maskot Paralimpiade dan terkadang muncul bersama Bing Dwen Dwen. Lentera Cina adalah simbol budaya kuno yang terkait panen, perayaan, kemakmuran, dan kecerahan di Tiongkok.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Tidak Hanya Boneka

Melihat Pabrik Pembuatan Maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
Perbesar
Seorang karyawan mengemas boneka mainan maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Bing Dwen Dwen di sebuah pabrik di Nantong di provinsi Jiangsu Timur, China (8/2/2022). (AFP Photo/STR)

Gantungan kunci Bing Dwen Dwen juga sangat populer di eBay. Para peritel menjualnya jauh lebih murah daripada versi boneka, namun harganya masih lebih tinggi dari aslinya.

Di Cina, para penggemar juga jadi sasaran penipu yang menghilang dengan uang mereka setelah berjanji membawakan merchandise Bing Dwen Dwen. The Times melaporkan, media pemerintah China telah berkontribusi pada popularitas maskot Olimpiade di media sosial.

Disebut bahwa "kehadirannya diharapkan dapat menutupi perlakuan kontroversial terhadap Xinjiang dan Uighur," minoritas yang diduga diperlakukan secara tidak adil. Mereka melaporkan bahwa 20 persen dari 30 ribu akun yang menyebut Bing Dwen Dwen di Twitter dibuat bulan lalu, sementara 15 persen dibuat tahun lalu, kemungkinan bot yang dikendalikan pemerintah China.


Berkenalan dengan Bing Dwen Dwen

Bing Dwen Dwen, Maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022
Perbesar
Maskot Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 Bing Dwen Dwen diperlihatkan saat upacara peluncuran di Arena Hoki Es Shougang (17/9/2019). Bing Dwen Dwen dirancang dengan menggunakan bentuk asli panda dan kristal es. (AP Photo/Ng Han Guan)

Di situs web Olimipade, dijelaskan bahwa dalam bahasa Mandarin, "Bing" memiliki beberapa arti, meski yang paling umum adalah es. Kata itu juga melambangkan kesucian dan kekuatan, sedangkan "Dwen Dwen" berarti kuat dan lincah, yang juga melambangkan anak-anak.

Maskot ini berfungsi sebagai duta olahraga musim dingin, membawa kegembiraan bagi mereka yang berpartisipasi dan menonton Olimpiade Musim Dingin. Maskot mewujudkan kekuatan dan kemauan atlet, juga membantu mempromosikan semangat Olimpiade.

Bing Dwen Dwen memakai "cangkang" seluruh tubuh yang terbuat dari es, yang menyerupai setelan astronot, penghargaan untuk merangkul teknologi baru dengan kemungkinan tidak terbatas. Cangkangnya juga membantu panda bermain skate, snowboard, dan ski bersama para atlet Olimpiade.

Warna-warna cerah dari lingkaran cahaya di sekitar wajahnya adalah representasi dari teknologi canggih terbaru dari trek olahraga es dan salju di Olimpiade. Sementara hati di telapak tangan kirinya melambangkan keramahan China untuk para atlet dan penonton Olimpiade Musim Dingin.

Desainnya dipilih dari lebih dari 5,8 ribu pengajuan dari Tiongkok dan 35 negara di seluruh dunia sebagai bagian dari kompetisi global yang diselenggarakan pengelola. Desain ditinjau para ahli Cina dan internasional, dengan pilihan akhir dibuat tim dari Akademi Seni Rupa Guangzhou dan Universitas Seni Jilin.

Pemilihan panda untuk maskot resmi Beijing 2022 tidak terlalu mengejutkan, karena panda raksasa adalah hewan nasional China. Di samping, panda adalah salah satu dari lima maskot Fuwa Olimpiade Beijing 2008.


Infografis Strategi Hadang COVID-19 demi Olimpiade Beijing 2022

Infografis Strategi Halang Covid-19 Demi Olimpiade Beijing 2022
Perbesar
Infografis Strategi Halang Covid-19 Demi Olimpiade Beijing 2022 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya