Sukses

Korban Tinder Swindler Simon Leviev Galang Donasi, Targetkan Rp11,6 Miliar untuk Bayar Utang

Ketiga korban Tinder Swindler Simon Leviev itu mengaku diperdayai pria Israel dengan modus membantunya saat dalam bahaya.

Liputan6.com, Jakarta - Korban Tinder Swindler Simon Leviev menggalang donasi untuk mendapatkan uang mereka kembali. Mereka meminta donasi sebesar 600 ribu pound sterling atau setara Rp11,6 miliar.

Dilansir dari The Sun, Kamis (10/2/2022), Simon Leviev menilap uang tunai dalam jumlah besar milik sekelompok perempuan. Pria Israel itu beraksi dengan berpura-pura menjadi miliarder pedagang berlian yang keliling dunia.

Tiga korban di antaranya kini meluncurkan penggalangan dana untuk membantu mereka yang terbelit utang menumpuk. Cecilie Fjellhøy, Pernilla Sjöholm, dan Ayleen Charlotte berbagi cerita pedih mereka tentang mereka memilih 'swiping right' Leviev untuk film dokumenter Netflix.

Mereka dibiarkan tanpa uang sepeser pun setelah Leviev menipu mereka untuk menyerahkan sejumlah besar uang tunai setelah berpura-pura dalam bahaya. Leviev meyakinkan para korban yang tidak menaruh curiga untuk mengiriminya isi tabungan mereka dan mengambil pinjaman kartu kredit yang besar untuk membantunya.

Setelah film dokumenter itu bikin heboh dan memicu gelombang simpati untuk para perempuan, ketiganya kini telah bekerja sama lagi dalam upaya untuk memperbaiki keuangan mereka. Dalam video yang dibagikan di Instagram, Cecilie berterima kasih kepada pemirsa atas dukungan dan kontribusi mereka di masa mendatang.

"Jadi, para perempuan hari ini--Pernilla, Ayleen dan saya sendiri--telah memutuskan setelah mempertimbangkan dengan cermat untuk membuka GoFundMe, yang resmi, kami mencoba mendapatkan sejumlah dana untuk kita semua," jelas Cecilie di Instagram pribadinya.

"Kami tahu bahwa ada banyak hal lain yang mungkin ingin membantu orang lain, tetapi jika Anda ingin mendukung kami, terima kasih banyak," lanjut deskripsi korban penipu di Tinder itu.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Donasi

Sumbangan yang masuk dalam 24 jam sekitar 17 ribu pound sterling (Rp330 juta). Sampai berita ini ditulis, donasi sejauh ini terkumpul 62.652 pound sterling (Rp1,2 miliar) dari target 600 ribu pound sterling.

"Anda mungkin berada di sini karena Anda telah mendengar tentang cerita kami, dan kami menghargai Anda meluangkan waktu untuk mencari dan menemukan halaman ini," bunyi keterangan di kolom deskripsi platform donasi itu.

Beberapa hari terakhir ini ketiga korban benar-benar terkejut dan tersentuh dengan banyaknya dukungan dan cinta dari semua orang. Cinta yang tulus lebih dari yang mereka harapkan, dan ketiganya sangat menghargai semua dukungan itu.

"Setelah pertimbangan yang cermat, dan banyak obrolan, kami telah memutuskan untuk memulai penggalangan dana GoFundMe ini. Begitu banyak orang menghubungi kami menanyakan apakah kami memilikinya, dan kami tidak terpikir untuk membuatnya sebelum ini. Namun, kami telah melihat banyak pemalsuan yang membuat kami tidak nyaman," lanjut pernyataan itu.

"Yang kami inginkan hanyalah hidup kami kembali," tutup mereka.

3 dari 4 halaman

Sosok Simon Leviev

Pada cerita latar belakang dijelaskan Shimon Heyada Hayut (yang datang kepada mereka dengan nama samaran dan kepribadian palsu "Simon Leviev") dan tim penipu profesionalnya, telah menipu ketiganya untuk sejumlah besar uang. "Jika Anda memiliki kesempatan untuk membantu kami berterima kasih, tetapi mengetahui bahwa Anda bahkan telah memeriksa halaman ini dalam solidaritas berarti dunia bagi kami," lanjut keterangan itu.

Leviev menikmati gaya hidup mewah yang didanai oleh perempuan yang dia berikan dengan hadiah sebelum menerapkan rencana liciknya. Para korban percaya dia adalah putra taipan permata Rusia-Israel Lev Leviev, yang dijuluki Raja Berlian. Padahal, mereka tidak ada hubungan.

Begitu ia memengaruhi korbannya, film dokumenter itu mengklaim Leviev akan berpura-pura dalam bahaya, atau musuh yang kuat telah membekukan rekening banknya. Dia disebut mendapatkan total 7,4 juta pound sterling hasil menipu banyak perempuan dengan jaring kebohongannya.

Cecilie menyebut dia berakhir di bangsal psikiatri setelah Leviev menipunya dari 185 ribu pound sterling (Rp3,5 miliar) dalam hitungan minggu. Ia bahkan berpikir untuk menabrakkan mobilnya ke truk. "Saya merasa hidup saya sudah berakhir dan saya tidak ingin melanjutkan," katanya.

Korban lain, pemilik bisnis Swedia Pernilla Sjöholm, baru saja berpisah dari tunangannya ketika dia jatuh cinta pada si penipu. Dia berpisah dengan sejumlah besar uang tunai yang lenyap, dan baru mengetahuinya ketika dia dihubungi oleh wartawan yang menyelidikinya.

4 dari 4 halaman

Infografis Tips Cari Cinta di Aplikasi Kencan Online

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.