Sukses

Pesona Batik Tulis Blitar yang Memukau Pemain NBA Justin Holiday

Pemain NBA Justin Holiday diketahui memesan batik Blitar karya perajin batik Yogi Rosdianta. Apa ciri khas batiknya?

Liputan6.com, Jakarta - Batik tulis Blitar memiliki pesona tersendiri hingga menarik pebasket NBA Justin Holiday untuk memesannya. Motifnya beragam dengan beberapa kekhasan, seperti ikan koi, kendang jibi atau kendang yang kecil.

"Ciri khas yang lain adalah Bung Karno atau gapura makam Bung Karno, Candi Penataran. Selain itu, ada motif-motif hasil bumi Blitar, seperti belimbing, naturi," ujar desainer batik tulis Blitar, Yogi Anandita, saat dihubungi Liputan6.com, Rabu malam, 9 Februari 2022.

Batik Blitar tergolong sebagai batik pesisir karena lokasinya berada di pesisir pantai. Warna yang mencolok biasa menjadi ciri khas dari batik pesisir, tetapi keunikan batik Blitar terletak pada kekontrasannya.

"Seperti warna dasarnya hitam. Nanti motifnya warna emas atau terang, maka jadi kontras. Sementara, batik-batik dari daerah lain ada yang wananya lebih soft, seperti cokelat," imbuh owner Batik Mawar Putih itu.

Menurut Yogi, karena Blitar merupakan tempat Bung Karno dimakamkan, orang-orang yang ke sini banyak yang mencari batik-batik dengan motif Bung Karno. Tidak sedikit pula, orang yang mencari motif-motif ikan koi.

"Karena di tempat lain tidak ada motif ikan koi," ujar Yogi. Ia menjelaskan, banyak pelanggan fanatik yang menyukai dengan motif-motif batik Blitar.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pesanan Justin Holiday

Terkait pemesanan batik Blitar oleh bintang NBA, Yogi mengatakan konsep desain dan lain-lain perlu waktu sekitar sebulan. Justin, kata dia, secara khusus meminta dibuatkan batik tulis eksklusif yang mengangkat kearifan lokal Indonesia.

Berdasarkan permintaan itu, ia lalu membuatkan konsep dan dikirimkan ke pihak Justin. Namun, prosesnya tidak langsung sekali jadi, mereka harus beberapa kali merevisi usulan terkait motif dan warna.

Warna dasar batik pesanan Justin hitam. Pada batik itu digambar motif burung garuda berwarna emas dan juga bendera merah putih. Di batik itu juga akan ada motif cambuk atau pecut yang juga berwarna emas.

"Selain itu, ada juga motif belimbing, kendang, dan yang menjadi andalan, di depannya akan ada motif gapura makam Bung Karno.

"Justin kemudian menyutujui. Kami kemudian melanjutkannya dengan proses produksi," kata dia.

Proses produksi juga berlangsung lama karena yang dipesan adalah batik tulis. "Semuanya dikerjakan secara handmade atau tangan dan yang lama itu proses pencantingannya," ungkap dia. Yogi menargetkan akhir Februari 2022, seluruh batik pesanan Justin Holiday sudah dikirimkan ke pemesan.

3 dari 4 halaman

Lebar Kain

Selain butuh waktu lama, Yogi menilai tidak ada kendala yang signifikan saat memproduksinya. Namun karena Justin pebasket dengan postur tubuh tinggi besar, lebar kain yang digunakannya berbeda.

"Biasanya untuk kain orang normal Indonesia, untuk jadi satu kemeja itu dua seperempat meter sudah cukup. Karena ia orang bule dan pebasket, maka butuh kain kurang lebih tiga meter," ungkap Yogi.

Yogi mengaku menggunakan kain katun berkualitas grade A. Kain tersebut akan sangat nyaman digunakan oleh Justin.

"Baju tersebut akan dipakai Justin sebelum masuk ke lapangan, seperti sesi foto. Seperti model jalan di catwalk, di sana nanti akan disorot pakaiannya, sepatunya. Saat itu ia akan mengenakan batik Indonesia dan ia akan bicara gamblang bahwa batik yang ia kenakan batik Indonesia," ujar Yogi.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Motif-Motif Batik Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.