Sukses

Mode dan Seni Menyatu di Jakarta Fashion Trend 2022

Tema Jakarta Fashion Trend 2022 diharapkan memberi arahan segar bagi dunia mode dan seni.

Liputan6.com, Jakarta - Geliat industri mode Tanah Air terus didongkrak dengan berbagai aksi para pelakunya. Salah satunya dengan kehadiran Jakarta Fashion Trend 2022 yang dihelat Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter.

Jakarta Fashion Trend 2022 berlangsung hari ini, Rabu (9/2/2022) secara hybrid. Untuk gelaran offline terlaksana di Soehanna Hall, The Energy Building, SCBD, Jakarta dan tayangan online live streaming dari YouTube Jakarta Fashion Trend.

"Inspirasi geliat art perkotaan. Jadi kami menganggap bahwa antara fashion dan art ini harus ada sinergi," kata Hannie Hananto, Ketua Indonesian Fashion Chamber (IFC) Jakarta Chapter, dalam konferensi pers, Rabu (9/2/2022).

Hannie melanjutkan, lewat semangat tersebut, Jakarta Fashion Trend 2022 mengangkat tema "Fashion Art." Besar harapnya suguhan ini akan menjadi arah segar yang baru bagi dunia fesyen dan seni.

"Untuk itu pada tahun ini, kami mengajak Institut Kesenian Jakarta untuk berkolaborasi bersama karena ini memang musimnya kolaborasi," tambah Hannie.

Gelaran mode ini akan memamerkan karya 14 desainer IFC Jakarta, perwakilan IFC chapter lainnya, dan mahasiswa-mahasiswa IKJ. Para mahasiswa ini dari program studi (Prodi) Desain Produk Mode dan Busana Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD) IKJ.

Fashion show didukung multimedia garapan Prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) FSRD IKJ. Sebagai pembuka dan penutup setiap Fashion Parade, akan ditampilkan tari kontemporer oleh mahasiswa Prodi Seni Tari dari Fakultas Seni Pertunjukan IKJ. "Warna-warnanya pop dan agak urban, kita mengangkat street style," terang Hannie.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Gandeng IKJ

Dekan Fakultas Seni Rupa dan Desain Institut Kesenian Jakarta (IKJ) Anindyo Widito berterima kasih kepada pihak IFC karena telah menggandeng pihaknya dalam kolaborasi ini. "Itu merupakan satu kehormatan buat IKJ dan kebetulan kampus kami berbasis seni dan cocok dengan temanya 'Fashion Art,'" terangnya.

Dito menambahkan, sinergi ini jadi sebuah nilai positif bagi IKJ. Mengingat, pihaknya dapat menjalankan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, yakni "Merdeka Belajar, Kampus Merdeka."

"Mahasiswa bisa berinteraksi langsung dengan para desainer dari industri maupun asosiasi profesi, dan ini luar biasa sekali. Jadi mereka langsung praktik di sini," terang Dito.

3 dari 4 halaman

Fashion Parade

Jakarta Fashion Trend 2022 memamerkan fragmen perkembangan dan keragaman gaya busana Indonesia, mulai dari busana etnik kontemporer, classy elegant, sporty casual, modest wear, hingga busana muslim syari. Gelaran ini juga mengangkat konten lokal dan mengacu pada tren global, termasuk isu sustainable dan ethical fashion.

Fashion Parade terdiri dari lima sesi yang dimulai dengan Vermints presents Hannie Hananto x IKJ, Emmy Thee x IKJ, Deden Siswanto, BI Jember presents Wignyo, BI Jember presents Rolla Batik by Andriana Okta, Ichwan Thoha x Aqil, BBPLK Semarang presents LNC, Monika Jufry x IKJ, Samsuga by Agus Sunandar, dan Lenny Agustin x IKJ. Fashion Parade sesi kedua memamerkan karya Saptalia x IKJ, Najua Yanti x IKJ, Althafunissa by Karina, Zahwazee, Nha Mirranda, SKD Syari by Sri Kumala Dewi, Bungas, Greenism, Umizaen by Dewi Lisin, dan Ummu Balqis Signature.

Fashion Parade sesi ketiga menyuguhkan koleksi Adelina, BI Banten presents Banten Fashion Community, My De Label by YS, Tiasafara, Maisyara, Mauza, Khazzanah x Sahla Syari, Masya, Mustbe Hijab, dan Khanzamaryam. Fashion Parade sesi keempat menampilkan rancangan Rineereo x IKJ, BI Sibolga presents Boldsession by Erika Ardianto, Roemah Kebaya Vielga, IFC Comunity presents Nyongstyle x Tru Fatmah x Elemewe, BI DKI Jakarta presents Wignyo, Fahmi Sasirangan Banjarmasin, Vannisa Kusumah - Widya Khiari Sabila for IFI, Santoon by Pricilla Margie x IKJ, Andy Sugix x Hefi Rosid, dan Olanye by Eko Tjandra. Fashion Parade ditutup dengan rangkaian koleksi Raegitazoro x IKJ, Chaera Lee x IKJ, Racespot by Lisa Fitria x IKJ, Tieka Huza x IKJ, Fey Kayo x IKJ, Kursein Karzai, Sposato by Alfatir Muhammad, Qonita Gholib, Sofie, dan Ali Charisma x IKJ.

4 dari 4 halaman

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.