Sukses

Demi Cinta, Pria Malaysia Kumpulkan Biaya Nikah di Celengan Bambu

Pria Malaysia itu berhasil mengumpulkan sekitar Rp31 juta di celengan bambu untuk biaya nikah.

Liputan6.com, Jakarta - Apapun bisa dilakukan atas nama cinta. Demi bisa menikahi pujaan hati, seorang pria asal Malaysia bernama Muhammad Farhan Samsudin menabung dengan tekun di celengan bambu.

Pria berusia 25 tahun itu mulai menabung di celengan bambu sejak tiga tahun lalu. Lelaki yang akrab disapa Paan itu kini berhasil mengumpulkan 9.000 ringgit Malaysia atau sekitar Rp31 juta untuk biaya nikah.

Uang yang ditabungkannya merupakan upayanya menyisihkan pendapatan sebagai guru Pendidikan Agama Islam di sebuah sekolah di Permatang Buluh, Kedah. 

"Selain sebagai guru, saya juga punya pekerjaan lain. Saya banyak juga menyewakan PA sistem, Grabcar, Foodpanda, juga petugas keamanan," ujar Paan, seperti dikutip dari mStar, Selasa, 8 Februari 2022.

Paan menyebutkan, ia tidak memasukkan penghasilannnya setiap hari. Ia mengumpulkannya selama seminggu, setelah itu baru dimasukkan ke dalam celengan bambunya.

Lelaki tersebut mengungkapkan, ia sudah mengenal calon istrinya, Nurul Hannani Patin, sejak 11 tahun lalu. Ia sudah lama untuk berencana menikahinya. "Jadi, saya sudah cukup dekat dengan dia dan selama tiga tahun saya kumpulkan uang," imbuh dia.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masih Tersisa

Berkat kesungguhan, jejaka ini berhasil menghalalkan hubungannya. Mereka telah melangsungkan akad nikah pada 2 Februari 2022.

Uang sebesar setara Rp31 juta itu ia kumpulkan dalam enam tabungan bambu. Uang tersebut digunakannya untuk biaya nikah.

"1.500 RM (Rp5,1 juta) untuk emas kawin. Selebihnya, saya gunakan untuk hantaran dan kenduri. Ada juga saya gunakan uang simpanan dari tabungan untuk pernikahan. Sisanya, 4.000 RM (Rp13 juta) saya tabung untuk digunakan setelah menikah," papar Paan.

3 dari 4 halaman

Sedikit demi Sedikit

Video Paan saat sedang memecahkan tabungannya yang terbuat dari bambu tersebut diunggah ke laman TikTok. Hingga saat ini, video tersebut dilihat lebih dari satu juta penonton.

Rata-rata warganet memuji usaha Paan yang telah berhasil menabung di dalam bambu. Tidak semua orang bisa melakukan apa yang dikerjakan Paan, bahkan ada juga warganet yang meminta tips menabung dari Paan.

Lewat video yang diunggah ke TikTok, Paan ingin menginspirasi masyarakat. Mereka juga bisa menabung jika dilakukan secara konsisten.

"Saya sebenarnya tak percaya saya mampu mengumpulkan uang sebanyak itu. Memang agak berjuang menyimpan uang 10 RM sehari. Banyak juga nilai itu, daripada dibelanjaka setiap hari," kata Paan.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Raibnya Tabungan Rp 22,8 Miliar Winda Earl

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.