Sukses

5 Tips Menjaga Kesehatan Mental dan Kaitannya dengan Kategori Terpopuler di Tokopedia

Tokopedia membagikan tips agar masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental dari rumah.

Liputan6.com, Jakarta - Pandemi Covid-19 membuat sebagian besar dari kita harus lebih banyak berada di rumah. Kegiatan di luar rumah pun banyak yang dibatasi. Dengan segala pembatasan yang terkadang berubah, kesehatan mental jadi masalah yang kerap dihadapi masyarakat belakangan ini.

Secara fisik tidak banyak kegiatan yang dilakukan, hal itu justru jadi masalah untuk sebagian orang sehingga mempengaruhi mental mereka.  Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi, keluhan psikosomatis adalah contoh tantangan mental yang meningkat secara signifikan selama pandemi.

"Artinya, seseorang bisa merasa sakit secara fisik tetapi tidak terdapat gejala fisik. Hal ini biasanya disebabkan oleh stres, panik, ataupun cemas. Burnout juga menjadi tantangan mental lainnya," terangnya dalam virtual media gathering Hari Pers Nasional: Self-Healing Lewat Berkarya Bareng Tokopedia, Selasa, 8 Februari 2022.

Situasi ini mendorong masyarakat mencari berbagai kegiatan untuk mengisi waktu luang di rumah, contohnya berolahraga atau melakukan hobi. "Tren tersebut membuat kategori Olahraga dan Hobi menjadi salah satu kategori paling populer di Tokopedia sepanjang 2021," kata External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya.

Tokopedia bersama Indah pun membagikan tips lainnya agar masyarakat bisa lebih mudah menjaga kesehatan mental dari rumah.

1. Belajar Melukis atau Membuat Kerajinan Tangan

"Melakukan aktivitas seperti melukis ‘paint by numbers’ atau membuat kerajinan tangan, misalnya, bisa membantu mengembalikan energi positif sehingga produktivitas bisa ikut meningkat," terang Indah. Di Tokopedia sendiri, produk paint by numbers atau alat lukis lainnya serta peralatan kerajinan tangan masing-masing meningkat hampir dua kali lipat sepanjang 2021 dibandingkan tahun 2020.

2. Meditasi dengan Menulis Jurnal Harian atau Membaca

Menulis jurnal harian dapat membantu seseorang untuk mengurai emosi-emosi negatif agar lebih mudah dipahami. "Selain menulis, perbanyak kegiatan membaca buku, contohnya terkait pengembangan diri," ucap Indah. "Penjualan buku tentang pengembangan diri di Tokopedia meningkat hampir dua kali lipat selama 2021 dibandingkan 2020," timpal Ekhel.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tetap Terhubung dan Berbagi Cerita

Menjaga hubungan dengan orang-orang terdekat bisa membuat kita merasa lebih tenang dan tidak merasa sendirian. "Dukungan teman atau keluarga bahkan bisa membantu menemukan solusi untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi," jelas Indah.

4. Kenali Batas Diri Sendiri

Ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental. "Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun karena tidak fokus dan lain-lain," kata Indah.

"Artinya kita perlu sediakan waktu untuk ‘istirahat’ dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali," sambungnya.

5. Berolahraga Fisik dan Mental

Anda bisa melakukan rutinitas olahraga yang menyenangkan, contohnya dengan melakukan yoga atau lari pagi. Bisa juga dengan mencoba olahraga rekreasi seperti bermain sepatu roda.

Ekhel menambahkan, tren berolahraga kian digemari dan populer di masyarakat. "Penjualan produk olahraga di Tokopedia, seperti sepatu roda hingga perlengkapan lari, meningkat lebih dari 2x lipat sepanjang 2021," ungkap Ekhel. 

3 dari 4 halaman

Belanja Lebih Hemat

Tokopedia juga membagikan lima tips agar belanja daring agar semakin hemat, mulai dari memanfaatkan fitur hingga mencatat waktu pemberian potongan harga atau diskon. Menurut Ekhel, tips pertama adalah memanfaatkan deretan program bebas ongkos kirim (ongkir) dan kampanye yang dihadirkan Tokopedia.

Ekhel mengatakan Tokopedia memiliki sejumlah kampanye yang bisa dimanfaatkan masyarakat seperti Bangga Buatan Indonesia, Sportacular, Artspot Market, dan Waktu Indonesia Belanja. Tips kedua dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di Tokopedia, seperti fitur urutkan atau filter.

Fitur urutkan bisa memudahkan konsumen mencari produk dengan harga termurah hingga termahal. Sementara fitur filter bisa digunakan untuk mencari penjual yang lokasinya terdekat dari tempat tinggal konsumen, sehingga biaya ongkos kirim bisa semakin ditekan.

Tips selanjutnya dengan mendaftar program loyalitas TokoMember. Ekhel mengatakan Melalui program itu, pembeli bisa memperoleh nilai tambah khusus dari penjual, seperti tambahan diskon yang membuat kegiatan belanja semakin menyenangkan. Tips terakhir yakni dengan mencatat waktu kerja diskon yang berlangsung beberapa kali dalam sehari.

4 dari 4 halaman

4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.