Sukses

Sosok Pemilik Al-Hilal yang Timnya akan Berhadapan dengan Chelsea

Pangeran Abdullah, pemilik Alhilal, dari Arab Saudi yang berhadapan Chelsea.

Liputan6.com, Jakarta - Tim raksasa sepak bola asal Arab Saudi Al-Hilal akan menghadapi Chelsea dalam ajang Piala Dunia Antarklub, Rabu, 9 Februari 2022. Penampilan Al-Hilal vs Chelsea itu membuat orang penasaran tentang siapa pemilik klub Al-Hilal tersebut.

Ternyata, ia adalah Abdullah bin Musa'id bin Abdulaziz Al-Saud atau dikenal dengan sebutan Pangeran Abdullah. Selain Al-Hilal, ia menjadi investor di Inggris setelah menanamkan modal di klub League One, Sheffield United.

Dilansir dari berbagai sumber, sang pengeran membeli Sheffield United karena kecanduan game Fantasy Premier League (FPL). Pangeran Abdullah bin Musa'id bin Abdulaziz Al Saud membeli 50 persen saham Sheffield United pada 2013. Ia memegang kendali 100 saham Sheffiled United pada kemudian pada 2020.

Lelaki 18 Agustus 1965 ini merupakan putra Musa'id bin Abdulaziz Al Saud. Pangeran Abdullah adalah putra Pangeran Musa'ed bin Abdulaziz Al Saud dan ibunya adalah Putri Fatima binti Hasyim bin Turki, yang sebagian keturunan Turki.

Sebelum pindah untuk belajar di Beirut, ia kembali ke Riyadh pada usia 10 tahun dan belajar di sekolah Al Faisaliah. Setelah menyelesaikan sekolah menengahnya, ia pindah ke King Saud University untuk belajar Teknik sektor industri.

Pangeran Abdullah bin Musa'id bin Abdulaziz Al-Saud menerima gelar sarjana dengan pujian. Setelah itu ia melanjutkan studinya dan meraih gelar master dalam bidang teknik dari King Saud University di Riyadh.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Anak dan Istri

Pangeran Abdullah tinggal di Riyadh bersama istrinya yang berusia 18 tahun dan tujuh anak. Ia salah satu dari sekitar 4.000 pangeran Saudi, dikutip dari ESPN, Selasa (8/2/2022).

Raja Abdullah adalah pamannya Pangeran Abdullah. Keduanya berkumpul untuk mengobrol setiap Jumat, ketika mereka berdua di Riyadh.

Dengan tiga mitra, Pangeran Abdullah memulai perusahaan manufaktur kertas Saudi pada 1989. Pada 2006, sebagai CEO, ia membawa perusahaan itu ke publik dan tiba-tiba bernilai sembilan angka.

Keuntungan dari IPO memungkinkan dia untuk membeli rumah di Beverly Hills. Ia juga memiliki rumah di London. Ia adalah peserta tahunan Super Bowl dan teman Hakeem Olajuwon.

3 dari 4 halaman

Suka Olahraga

Dari 2002 hingga 2004, saat masih menjalankan Saudi Paper, pangeran ini menjabat sebagai presiden Al-Hilal, klub sepak bola Saudi. Pangeran Abdullah memiliki bakat untuk mengelola Al-Hilal, tetapi ia meninggalkan jabatannya untuk membangun Saudi Paper. Meski tak lagi menjabat presiden, ia merupakan pemilik klub sepak bola tersebut.

Pangeran membawa keluarganya ke Beverly Hills setiap kali anak-anak tidak bersekolah selama satu atau dua bulan dalam setahun. Di sana, mereka bermain sepak bola dan berenang di belakang rumahnya setiap hari. Di rumah lama mereka di LA, dia dan istrinya menandai di dinding berapa tinggi anak-anaknya setiap tahun.

Pangeran Abdullah mengaku sebagai pecinta "olahraga dan uang". Miliarder Pangeran Saudi Abdullah bin Mosaad disebut juga akan menjadi pemilik klub divisi dua Prancis, Chateauroux.

4 dari 4 halaman

Infografis Perempuan Arab Saudi Bebas dari Belenggu

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.