Sukses

Top 3 Berita Hari Ini: 6 Fakta Bagansiapiapi, Pernah Jadi Kota Penghasil Ikan Terbesar Kedua di Dunia

Selain fakta-fakta Bagansiapiapi, pesona Desa Wisata Arborek dan resep berbahan tape juga masuk dalam Top 3 Berita Hari Ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sederet fakta menarik Bagansiapiapi jadi salah satu Top 3 Berita Hari Ini. Wilayah ini terletak di muara Sungai Rokan, di pesisir utara Kabupaten Rokan Hilir, Riau, dan merupakan tempat yang strategis karena berdekatan dengan Selat Malaka.

Kawasan yang juga dikenal sebagai Baganapi ini pernah meraih predikat kota terbersih ke-2 tingkat Provinsi Riau setelah Bengkalis pada 2011. Penyerahan piagam penghargaan diberikan Gubernur Riau saat itu, Rusli Zainal, di momen peringatan Hari Ibu ke-85 pada 22 Desember 2011 di Pekanbaru.

Beranjak ke topik berikutnya, pesona Desa Wisata Arborek juga tidak kalah menarik perhatian pembaca. Desa wisata ini meraih juara dua sebagai desa wisata terbaik kategori daya tarik wisata dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021.

Desa seluas 7,2 hektake ini sebagian besar warganya bermata pencaharian sebagai nelayan dan pelaku usaha di bidang wisata. Jarak tempuh menuju desa ini sekitar 3--4 jam dari Sorong, Papua Barat.

Terakhir, ada topik tentang resep-resep berbahan tapai. Selain bisa dimakan langsung, bahan ini juga dapat diolah sendiri di rumah dengan cara dibuat pukis maupun diisi keju.

Ketiga bahasan itu terangkum dalam Top 3 Berita Hari Ini. Berikut ringkasannya.

6 Fakta Menarik Bagansiapiapi, Pernah Jadi Kota Penghasil Ikan Terbesar Kedua di Dunia

Dulu Bagansiapiapi terkenal sebagai kota penghasil ikan terpenting, sehingga dijuluki sebagai kota ikan. Menurut beberapa sumber, di antaranya surat kabar De Indische Mercuur menulis bahwa pada 1928, Bagansiapiapi adalah kota penghasil ikan terbesar kedua di dunia setelah kota Bergen di Norwegia, meski sekarang produksi ikan mereka sudah agak menurun.

Dari sektor pariwisata, acara Ritual Bakar Tongkang atau Upacara Bakar Tongkang telah jadi ikon pariwisata Bagan dan Provinsi Riau yang mampu menyedot puluhan ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri setiap tahun, sebelum pandemi. Ritual Bakar Tongkang bertujuan mengenang para leluhur orang Tionghoa dalam menemukan Bagansiapiapi dan sebagai wujud syukur pada Dewa Ki Hu Ong Ya.

Selengkapnya...

Terpikat Pesona Alam Desa Wisata Arborek

Warga Desa Arborek sangat sadar kebersihan dan menjunjung tinggi nilai konservasi. Berkat hal tersebut, desa ini meraih penghargaan sebagai juara pertama kampung terbersih se-Provinsi Papua Barat pada 2017.

Desa Wisata Arborek juga dianugerahi ISTA dari Kemenparekraf di tahun yang sama sebagai kampung yang memanfaatkan nilai sadar lingkungan dan pariwisata bagi penunjang nilai ekonomi masyarakat.

Selengkapnya...

3 Resep Praktis Berbahan Tape, dari Pukis hingga Isi Keju

Bahan-bahan Pukis Tape Susu Cokelat:

1 sdm ragi instan

100 ml air hangat

300 cc susu cair

100 gram tape singkong

3 butir telur

250 gram tepung terigu serbaguna

25 gram susu bubuk

25 gram tepung terigu protein rendah

150 gram gula pasir

1/4 sdt garam

1 sdt ekstrak vanila

1 sdm butter, lelehkan

1 sdm cokelat bubuk

Selengkapnya...

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Infografis Tampilan Kekinian Camilan Tradisional

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.