Sukses

Unik, Acara Tedak Siten Kucing dengan Menu Makanan Lengkap

Tujuan Tedak Siten ini dilaksanakan agar kucingnya mampu melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar.

Liputan6.com, Jakarta - Dalam budaya Jawa, jika anak yang baru bisa berjalan, akan dilaksanakan tradisi Tedak Siten. Tradisi ini pun masih dilakukan oleh banyak keluarga. Namun siapa sangka, sebuah keluarga mengadakan tradisi Tedak Siten dengan cara yang mengejutkan.

Hal ini dibagikan melalui akun TikTok @riomaryono. Prosesi menginjakkan kaki pertama kali di tanah ini rupanya bukan dilakukan oleh anak manusia melainkan anak kucing.

Hal ini dibagikan melalui akun TikTok @riomaryono pada 6 Februari 2022. "Prosesi tedak siten (menginjakkan kaki ketanah) baby cat Devon," tulisnya dalam keterangan video. Pria yang diketahui bernama Rio ini memang sengaja menggelar acara tersebut untuk kucing kesayangannya.

Anak kucing berwarna putih yang dinamai Baby Cat Devon itu awalnya diitempatkan pada sebuah bantal mungil. Terlihat pula beberapa orang yang menggunakan baju tradisional Jawa seperti jarik dan batik.

Baby Cat Devon kemudian ditaruh di dekat makanan-makanan yang disediakan untuk tradisi ini. Tujuan Tedak Siten ini dilaksanakan adalah agar Devon mampu melewati semua fase kehidupan dengan bagus dan lancar. Beragam menu makanan pun disajikan untuk prosesi ini.

Ada jadah wajik, nasi gurih dengan lauk ayam goreng, sambal goreng ati, mi, buah, hingga jajanan pasar, semua ada pada upacara Tedak Siten ini. Ritual yang dilakukan salah satunya adalah menginjakkan kaki ke jadah putih dan wajik merah.

Devon juga dimasukkan ke dalam kandang yang dihias dan ditaruh uang, makanan kucing, vitamin, dan berbagai mainan. Ternyata, Devon kemudian memilih uang.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kebaya dan Beskap

Rio kemudian meminta doa agar kucing kesayangannya ini sehat selalu, cepat besar, lincah, penurut dan berumur panjang. Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan ini.

"Ketika orang kaya gabut," komentar seorang warganet. "Bisa dibayangkan kalau masnya punya bayi beneran pasti banyak banget acaranya," komentar warganet lainnya.

Video tersebut sudah ditonton sebanyak lebih dari 662 ribu kali dan disukai lebih dari 57 ribu kali. Beberapa hari sebelumnya, Rio juga mengunggah undangan acara Tedak Siten untuk Devon. "Ayo datang dan meriahkan acara Tedak Sinten untuk Baby Cat Devon," tulisnya.

Acara tersebut berlangsung pada 5 Februari kemarin di rumah Rio di Yogyakarta. Ia pun mencantumkan dress code untuk para tamu yaitu kebaya dan beskap.

3 dari 4 halaman

Turun dari Tanah

Makna Tedak Siten sendiri adalah 'Tedak' berarti turun dan 'siten' berasal dari kata siti yang berarti tanah. Prosesi tedak siten biasanya dilakukan saat seorang anak menginjak umur tujuh atau delapan bulan.

Prosesi ini diselenggarakan untuk mengajarkan anak tentang konsep kemandirian, tanggung jawab, tangguh dalam menghadapi persoalan, serta bersifat dermawan terhadap sesamanya. Ada tujuh rangkaian dalam prosesinya, yakni membersihkan kaki, injak tanah, berjalan melewati tujuh wadah, tangga tebu wulung, kurungan, memberikan uang, dan melepas ayam.

Saat prosesi, biasanya anak akan memakai baju adat Jawa. Untuk anak laki-laki mengenakan beskap, kain dan blangkon, sementara anak perempuan mengenakan kebaya.

4 dari 4 halaman

Imbauan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.