Sukses

Lecehkan Rekan Perempuan, Marc Overmars Mundur dari Ajax Amsterdam

Marc Overmars mengaku malu atas perbuatannya mengirim pesan tak pantas kepada rekan perempuannya.

Liputan6.com, Jakarta - Marc Overmars mundur sebagai direktur sepak bola di Ajax Amsterdam pada Minggu, 6 Februari 2022. Hal tersebut dilakukannya setelah dirinya meminta maaf karena melecehkan rekan-rekan perempuannya dengan mengirim pesan yang tidak pantas.

Mantan pesepak bola untuk Ajax Amsterdam, Arsenal, Barcelona dan tim nasional Belanda ini mengungkapkan dirinya "malu" setelah dikonfrontasi oleh klub sepak bola pada pekan lalu mengenai perilakunya. Terkait perbuatannya, Overmars menyampaikan sebuah pernyataan.

"Sayangnya, saya tidak menyadari bahwa saya melewati batas dengan ini, tetapi itu menjadi jelas bagi saya dalam beberapa hari terakhir," katanya dalam sebuah pernyataan, dilansir dari The Guardian, Senin (7/2/2022).

"Saya tiba-tiba merasakan tekanan yang sangat besar. Saya minta maaf. Tentu saja untuk seseorang di posisi saya, perilaku ini tidak dapat diterima. Saya sekarang melihat itu juga. Tapi sudah terlambat. Saya tidak melihat pilihan lain selain meninggalkan Ajax," tambahnya.

Klub menyebut "serangkaian pesan tidak pantas yang dikirim ke beberapa rekan perempuan selama periode waktu yang lama" menyebabkan keputusan itu. Perilaku tersebut digambarkan "sangat menyakitkan bagi semua orang" oleh ketua dewan pengawas Leen Meijaard dan membuat Overmars hengkang dengan segera.

"Ini sangat menghancurkan bagi para perempuan yang harus menghadapi perilaku tersebut," kata Meijaard soal kasus pelecehan oleh Marc Overmars.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Situasi Mengerikan

"Ketika kami mendengar berita ini, kami segera bertindak, dengan hati-hati mempertimbangkan dan menimbang apa yang terbaik untuk dilakukan, semua berkonsultasi dengan CEO Edwin van der Sar dan dibantu oleh ahli eksternal," Leen Meijaard .

Overmars memulai sebagai direktur sepak bola di Ajax satu dekade lalu. Pria berusia 48 tahun ini telah bekerja di bawah Edwin Van der Sar, mantan rekan setimnya di Ajax dan Belanda.

"Saya menemukan situasi yang mengerikan bagi semua orang," kata Van der Sar.

3 dari 4 halaman

Berakhir

Van der Sar menambahkan dalam perannya, ia juga merasa bertanggung jawab untuk membantu rekan kerja. "Olahraga yang aman dan iklim kerja sangat penting. Kami akan lebih memperhatikan hal ini dalam waktu dekat," terangnya.

Marc Overmars baru saja memperpanjang kontrak hingga Juni 2026 dengan Ajax. "Itu kini telah berakhir dengan sangat tiba-tiba," kata Van der Sar.

"Kami sedang mengerjakan sesuatu yang sangat luar biasa di sini di Ajax, jadi berita ini juga akan menjadi pukulan bagi semua orang yang peduli dengan Ajax," tambahnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Bentuk-Bentuk Kekerasan Seksual

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.