Sukses

Bisnis Kuliner yang Bikin Mantan Penghuni Kontrakan Kardus Bisa Bangun Rumah Sendiri

Pemilik bisnis kuliner ini mengaku omzetnya sempat sampai Rp50 juta per bulan.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa waktu lalu, kisah seorang penghuni kontrakan kardus, yang kemudian diketahui bernama Hidayah, berhasil bangun rumah sendiri sempat viral di TikTok. Perubahan nasibnya pun membuat tidak sedikit orang ikut haru. Usut demi usut, hal ini terjadi karena sebuah bisnis kuliner.

Gadis kelahiran Tuban, Jawa Timur ini bercerita bahwa ia dan keluarga pindah ke Surabaya, tidak lama setelah ia lahir. "22 tahun ngontrak dan berhasil bangun rumah di Desember 2021," katanya melalui pesan pada Liputan6.com, Jumat, 4 Februari 2022.

Pada 2018, Hidayah mengaku bekerja sebagai karyawan toko penyedia perlengkapan bayi dengan gaji Rp1 juta. Ia berkata, "Selama kerja, aku sambil jualan dessert. Aku titip (jual) di tempat aku kerja. Waktu itu cuma enam cup dan ternyata habis."

Dari situ, ia mulai mencoba berjualan online dengan sistem cash on delivery (COD). Setelahnya, pembeli makin banyak, hingga sampai di titik ia bingung membagi waktu kerja dengan produksi dessert.

"Setelah pikir panjang, aku memberanikan diri buat berhenti kerja dan memilih jualan dessert. Awalnya orangtua enggak setuju, terutama ibu. Ibu sangat enggak setuju aku memilih jualan. Setiap hari selalu bilang, 'Sana cari kerja. Jualan cuma dapet berapa,'" kata Hidayah.

Perempuan 22 tahun ini melanjutkan, "Tapi, dasarnya aku keras kepala, aku tetap nekat buat terus jualan. Waktu keluar kerja juga sempat dihina sama bos, 'Halah milih jualan goder (dessert) sampai keluar kerja. Jualan loh untunge berapa,' Aku tahu dari teman kerjaku yang masih kerja di sana."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jual Apa Saja?

Di bawah merek rajadessert.official, Hidayah menjajakan aneka dessert, stick mozzarella, bakso cuanki, dan cimol keribo. Ekspansi menunya, selain dessert cup, dilakukan agar bisa dikirim ke luar kota.

"Jadi yang bertahan sampai sekarang stick mozzarella," katanya.

Menu-menu yang dijual merupakan resep yang ia kembangkan sendiri bersama ibunya. Karena itu, Hidayah memilih sajian yang terbilang mudah untuk dibuat sendiri di rumah. Modal awalnya, diakui Hidayah berkisar antara Rp400 ribu--Rp600 ribu.

"Awalnya jualan buat tambahan pemasukan, karena gajiku juga pas-pasan," ia menyebut, menambahkan bahwa pihaknya juga menerima pendaftaran reseller.

Soal nabung untuk bangun rumah, itu dilakukan Hidayah sekitar tahun 2020. "Sebelum ada PPKM, bisnis ramai. Omzet kisaran (Rp)50 juta per bulan. Tapi, sejak PPKM, omzet turun dan bahan baku juga agak susah sampai sekarang. Tapi, Alhamdulillah tabungan terkumpul sebelum PPKM dan akhirnya bisa beli rumah," ucapnya.

3 dari 4 halaman

Mimpi Sejak Lama

Dilaporkan sebelumnya, akun TikTok @rajadessert.official membagikan bagaimana upaya Hidayah dalam mengubah nasib ia dan keluarga. Di awal video, ia memperlihatkan kondisi rumah kontrakan yang dulu ditinggali bersama orangtuanya. "Dari tinggal di kontrakan sekotak, atap kardus, dan kamar alakadarnya," imbuhnya.

Dalam rekaman, memang tampak kardus-kardus disusun sebagai langit-langit rumah. Di salah satu ruangan bahkan tampak susunan seng yang berfungsi sebagai peyangga rak. Barang-barang rumah pun tersebar di dalam ruangan berukuran sederhana.

"Sampai ruangan untuk salat pun sempit-sempitan," ia menyambung. Ia bahkan sempat tidur dengan mesin produksi usahanya saking tidak ada ruang tersisa. Namun, setelah memulai bisnis kuliner, yang dikenal sebagai merek rajadessert, nasibnya berubah, sampai ia mengaku bisa membuatkan rumah sederhana untuk orangtuanya.

Uang untuk membangun rumah itu, ia menyambung, merupakan hasil kerja kerasnya sendiri. Video pun tampak berganti pemandangan, memperlihatkan lahan yang sedang dibangun untuk jadi rumah.

Ia menyebut, sudah jadi mimpinya sejak lama untuk punya rumah berpagar, bergarasi, dan kamar sendiri. "Alhamdulillah Allah mendengar doaku selama ini," ia menuturkan.

4 dari 4 halaman

Infografis Diplomasi Lewat Jalur Kuliner

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.