Sukses

Cara Mudah untuk Kembali Bergerak, Menurut Penelitian

Motivasi untuk kembali bergerak dapat didorong dari sebuah aplikasi. Apa itu?

Liputan6.com, Jakarta - Pelacak kebugaran di ponsel atau pergelangan tangan mungkin lebih dari sekadar memantau langkah. Pemantauan olahraga meningkatkan aktivitas itu di antara lebih dari 16 ribu peserta dalam sebuah penelitian yang diterbitkan beberapa waktu lalu.

Dilansir dari CNN, Minggu, 6 Februari 2022, para peneliti melihat data dari 121 uji coba kontrol acak dan 141 studi perbandingan. Hal tersebut untuk menemukan apa dampak monitor olahraga terhadap aktivitas fisik sehari-hari, aktivitas fisik sedang dan kuat, dan waktu duduk, menurut studi.

Menggunakan aplikasi kebugaran meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari setara dengan 1.235 langkah sehari, dan aktivitas fisik sedang dan kuat sebesar 48,5 menit seminggu, menurut penelitian. Dampak pada waktu duduk tidak signifikan, menurut penelitian.

"Orang yang menggunakan monitor aktivitas dan perangkat yang dapat dikenakan lebih aktif daripada orang yang tidak menggunakannya," kata Rasmus Tolstrup Larsen, peneliti di departemen kesehatan masyarakat University of Copenhagen.

"Efek ini sangat relevan dalam hal kesehatan dan risiko penyakit, terutama di antara orang-orang yang hanya cukup aktif atau tidak memenuhi pedoman aktivitas fisik saat ini," katanya melalui email.

Larsen juga konsultan manajemen di IQVIA Healthcare. Kemanjuran monitor kebugaran telah menjadi pertanyaan umum yang diselidiki sejak mereka memasuki pasar, tetapi penelitian ini mengambil tampilan komprehensif terbesar hingga saat ini, kata Larsen.

Hal itu terjadi ketika banyak orang ingin bergerak lagi selama pandemi yang telah menciptakan kondisi yang mendorong perilaku yang lebih menetap. "Di masa pasca-covid, kebutuhan untuk fokus pada perubahan perilaku dalam kaitannya dengan aktivitas fisik dan ketidakaktifan sama mendesaknya dengan sebelumnya," kata Larsen melalui email.

"Pemantau aktivitas fisik modern (perangkat yang dapat dikenakan, jam tangan pintar, atau pelacak kebugaran) berpotensi digunakan sebagai fasilitator untuk perubahan perilaku, memberikan umpan balik langsung tentang aktivitas kepada pengguna," lanjutnya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perangkat Murah

Sementara penelitian ini "hati-hati dan bermanfaat," itu menimbulkan pertanyaan lebih lanjut, kata Dr. David Asch, seorang profesor kedokteran di Perelman School of Medicine dan Wharton School of the University of Pennsylvania dan direktur eksekutif dari Center for Health Care Innovation. Ia mengatakan ingin melihat analisis juga tentang bagaimana berbagai uji coba yang diteliti dalam penelitian ini menggunakan penghargaan dan insentif.

Jika Anda berharap 2022 akan menjadi tahun yang lebih aktif daripada sebelumnya, Larsen merekomendasikan untuk melihat perangkat pemantauan atau menggunakan yang tersedia di ponsel cerdas Anda. "Perangkatnya murah, sederhana, dan inovatif," jelasnya.

"Kini kita dapat dengan aman mengatakan bahwa mereka secara efektif memotivasi orang untuk lebih banyak aktivitas dengan cara yang aman," tambah Larsen.

3 dari 4 halaman

Sulit Mengubah Perilaku

Tetapi monitor aktivitas saja mungkin bukan pilihan terbaik untuk sukses, kata Dr. Mitesh Patel, profesor kedokteran di University of Pennsylvania dan wakil presiden untuk transformasi klinis di Ascension, sebuah sistem perawatan kesehatan swasta. "Mengubah perilaku selalu sulit," kata Patel, yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

"Menggunakan monitor aktivitas, seperti yang tersedia di ponsel pintar dan perangkat lain, dapat menjadi bagian penting dari upaya untuk meningkatkan aktivitas fisik," jelasnya.

Penelitian lain di lapangan menunjukkan bahwa mereka bekerja lebih baik bila dikombinasikan dengan program yang ditujukan untuk mengubah perilaku. Sebut saja menambahkan elemen yang membuat perilaku lebih seperti permainan atau memanfaatkan insentif keuangan atau sosial, kata Patel.

4 dari 4 halaman

Infografis Olahraga Benteng Kedua Cegah Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.