Sukses

Jokowi dan Sandiaga Uno Kompak Pakai Aksesori dan Motor Lokal Saat Riding di Toba

Saat mendampingi Jokowi, Sandiaga Uno menggunakan perlengkapan riding untuk menjajal jalanan Sibisa-Parapat dari pelaku ekonomi kreatif Elders Company.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjajal jalanan di Kabupaten Toba, Sumatra Utara, dengan mengendarai sepeda motor pada 2 Februari 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno ikut mendampingi Jokowi di momen itu.

Kunjungan presiden bertujuan meninjau pengembangan wisata di kawasan Destinasi Super Prioritas Danau Toba. Salah satunya kawasan wisata Pantai Bebas Parapat, Simalungun, Sumatra Utara.

Dalam keterangan tertulis dari Kemenparekraf, Sandiaga Uno tiba bersama Jokowi di Bandara Internasional Silangit di Siborongborong, Tapanuli Utara, menggunakan pesawat kepresidenan. Kunjungan pun dimulai dengan meninjau Jalan Bypass Balige di Toba.

Rombongan presiden melanjutkan perjalanan ke Pasar Porsea Kabupaten Toba. Mereka kemudian tiba di persimpangan Simpang Tiga Bandar Udara Sibisa, Kabupaten Toba, untuk berganti menggunakan motor menuju Marina Pantai Bebas di Parapat, Kabupaten Simalungun sejauh 11 kilometer. Jokowi menggunakan motor Kawasaki W175 custom karya Andi Akbar yang juga digunakan saat meninjau kesiapan MotoGP Mandalika 2022, beberapa pekan lalu.

Sementara Sandi menggunakan motor listrik berwarna merah dari GESITS yang juga merupakan motor buatan lokal. Selain motor, Menparekraf juga menggunakan perlengkapan riding dari pelaku ekonomi kreatif lokal, Elders Company.

Sandi mengenakan helm berwarna hijau dengan tulisan "Wonderful Ride" di sisi belakang dan jaket berwarna hitam. "Agenda selanjutnya, saya mendampingi Bapak Presiden @jokowi berkeliling Danau Toba dengan mengendarai motor listrik dari @gesits, helm dan jaket yang saya kenakan merupakan produksi UMKM @elderscompany," tulisnya dalam unggahannya pada 2 Februari 2022.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Merchandise untuk Turis

Elders Company, yang merupakan brand asal Jakarta, memang menyediakan produk apparel dan riding gear, seperti helm, sarung tangan, jaket, dan kaus. Terinspirasi desain era 70an, Elders terus berkarya di dunia otomotif dengan menghadirkan konversi kendaraan listrik tahun lalu.

Heret Frasthio sebagai co-founder Elders Company menyebut pihaknya ingin Elders bisa dikenal sampai seluruh dunia. Salah satu strateginya menjadikan merchandise Elders sebagai oleh-oleh untuk para turis yang berkunjung ke Indonesia.

Sementara co-founder Elders Company lainnya, Arya Hidayat, mengatakan pihaknya selalu mendukung kegiatan berkendara, terutama untuk kendaraan roda dua. Di awal tahun ini, Elders Company mendukung kampanye "Wonderful Ride" yang digagas oleh naikmotor.com bersama Kemenparekraf pada akhir Januari lalu.

"Pak Sandiaga Uno melepas riders di Jakarta untuk kemudian, para riders yang mayoritas perempuan dan dipimpin road captain Eddi Brokoli, melanjutkan perjalanan menjelajahi keindahan Jawa Barat," terang Arya pada Liputan6.com, Jumat, 4 Februari 2022.

3 dari 4 halaman

Hubungan Spesial

Dalam kesempatan itu, Elders Company mempersembahkan helm putih yang bersertifikasi SNI yang telah di hand painting khusus untuk Sandi. Selain itu, ia memakai jaket hitam bertuliskan "Forever Two Wheels" di bagian belakang dan logo Elders co di bagian depan sebelah kiri atas jaket.

"Hubungan spesial ini berlanjut ketika pak Sandiaga bertemu dengan pak Jokowi dalam acara di Toba beberapa hari lalu. Pak Sandi memakai jaket dan helm produk Elders Company," kata Arya.

"Kami dari Elders company merasa bersyukur dan bangga atas dukungan pimpinan negara terhadap brand lokal," sambungnya. Elders Company pun mengunggah video singkat di akun Instagram resminya yang memperlihatkan Sandi sedang memakai jaket dan helm rilisannya.

"Seneng liat pemimpin negara pada kalcer semua dan support Brand Local. Thanks banget Pak Sandi dan Pak Jokowi! Oiya helm untuk mas Mentri ini terlebih dahulu di hand painting oleh @novitoyoga," tulis keterangan unggahan pada 2 Februari 2022 itu.

4 dari 4 halaman

5 Pepatah Daerah di Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.