Sukses

Apa Arti Gong Xi Fa Cai Saat Tahun Baru Imlek?

Setiap Tahun Baru Imlek, banyak orang yang mengucapkan Gong Xi Fa Cai. Apa artinya?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap kali Tahun Baru Imlek tiba, tak sedikit orang yang menyampaikan dan mengirimkan kata-kata bertuliskan Gong Xi Fa Cai. Kata-kata tersebut sudah lumrah diucapkan dan hal yang sudah biasa.

Lalu, apa sebenarnya arti Gong Xi Fa Cai? Dilansir dari Urban Dictionary, kata "Gong Xi Fa Cai" jika diterjemahkan secara harfiah berarti "semoga kekayaan Anda melimpah."

Kata "Gong Xi" artinya "berharap/berkah". Sementara kata "Fa" artinya "memperbesar", sedangkan "Cai" berarti "kekayaan".

Melansir dari laman Metro, Gong Xi Fa Cai atau Gong Hei Fat Choy, sebagai salah satu sapaan yang paling sering diucapkan saat Imlek. Namun, kata tersebut tidak bermakna "selamat tahun baru".

Mengucapkan "gong xi fa cai" tidak sama dengan mengucapkan "selamat Tahun Baru Imlek." Kata-kata tersebur sebenarnya menyampaikan harapan untuk kemakmuran, yaitu harapan kepada penerima agar menjadi kaya pada tahun depan.

Kalimat tersebut sangat cocok untuk Anda yang berbisnis. Oleh karena itu, "Gong Xi Fa Cai" lebih sering digunakan saat menyapa rekan kerja atau rekan bisnis saat Tahun Baru Imlek.

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bahasa Kanton dan Mandarin

Sementara itu, pengucapan terdapat dua pengucapan yang berbeda terkait hal tersebut, yaitu "Gong Hei Fat Choy" dan ada juga Gong Xi Fa Cai". Kalimat pertama adalah pengucapan dalam bahasa Kanton, sedangkan kalimat kedua merupakan pengucapan dalam bahasa Mandarin.

Pengucapan kalimat tersebut bukan hal yang baku, tapi bahasa Kanton umumnya digunakan di Guangdong. Sebelumnya dikenal sebagai Kanton dan daerah sekitarnya serta Hong Kong.

Namun, di tempat lain di China daratan dan Taiwan, bahasa Mandarin umumnya digunakan. Artinya, kalimat kedua yang biasa digunakan.unakan versi singkatnya, yaitu 'xin nian' (tahun baru) 'hao' (baik), yang diucapkan shin nee-an how. Kalimat ini sangat cocok untuk disampaikan kepada teman dan keluarga Anda. 

3 dari 4 halaman

Tiga Cara

Ada tiga cara untuk menyampaikan kalimat tersebut kepada seseorang. Pertama, Selamat Tahun Baru Imlek adalah 'xin nian' (tahun baru) 'kuai le' (bahagia) dalam bahasa Mandarin, dan diucapkan shin nee-an kwai le. Kalimat tersebut sangat cocok untuk orang asing atau kenalan.

Kedua, Anda juga dapat menggunakan versi singkatnya, yaitu 'xin nian' (tahun baru) 'hao' (baik), yang diucapkan shin nee-an how. Kalimat ini sangat cocok untuk disampaikan kepada teman dan keluarga Anda.

Salam ketiga adalah 'guo' (menghabiskan) 'nian' (tahun) 'hao' (baik), yang diucapkan gor nee-an. Ucapan tersebut bagus disampaikan pada tepat pada Tahun Baru Imlek atau setelahnya.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.