Sukses

Camilan Keberuntungan di Libur Imlek 2022, dari Kue Lapis hingga Kurma Merah

Kue lapis hingga kurma merah jadi camilan keberuntungan pada libur Imlek 2022.

Liputan6.com, Jakarta -- Libur Imlek 2022 jadi momen berkesan bagi mereka yang merayakan Tahun Baru China. Momen berkumpul bersama keluarga biasanya akan dimeriahkan dengan tradisi santap bersama, mulai dari camilan hingga makan besar.

Selama ini, banyak orang lebih mengenal kue keranjang sebagai simbol keberuntungan. Padahal, masih banyak camilan khas lain yang juga menyimbolkan makna penting di momen Imlek. Dihimpun dari beberapa sumber, berikut camilan lain yang sajikan saat Imlek. 

Kue Lapis

Kue ini dibawa oleh orang-orang Belanda di Indonesia pada masa kolonial dengan nama asli spekkoek. Meski begitu, orang Tionghoa menjadikannya sebagai salah satu hidangan wajib saat Imlek sebagai harapan akan keberuntungan yang berlapis-lapis di tahun baru.

Untuk membuat kue ini perlu bahan-bahan yang dibutuhkan. Beberapa di antaranya, gula halus, butter, susu kental, pasta vanila, kuning telur, tepung terigu, susu bubuk.

Kue Tambang

Camilan lain yang bisa dinikmati saat libur Imlek 2022 adalah kue tambang atau kue ulir-ulir. Kue ini masih terdapat di warung-warung.

Kue ini cukup renyah, bahan untuk membuatnya pun mudah diperoleh. Bahan-bahan tersebut adalah tepung terigu, gula halus, margarin, telur ayam, soda kue. Mereka yang memakan kue ini disebut akan memperoleh rezeki yang berlipat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kuaci

Camilan imlek yang jadi favorit banyak orang lainnya adalah kuaci. Di balik rasanya yang gurih dan nikmat. Namun, kuaci punya filosofi tersendiri yakni sebagai simbol kesuburan atau lekas mendapatkan keturunan.

Selain kuaci, kadang camilan khas Imlek ini digantikan kacang atau permen. Kuaci adalah salah satu jenis makanan yang berasal dari biji semangka, beberapa jenis waluh, dan dari biji bunga matahri.

Kelengkeng Kering

Pengobatan tradisional Tiongkok mengatakan bahwa makan lengkeng kering dapat menyehatkan vitalitas seseorang. Biasanya lengkeng kering disajikan tanpa kulit.

Mengonsumsi buah kelengkeng secara efektif dapat membantu menurunkan berat badan karena kadungan kalorinya yang redah. Buah lengkeng dapat membantu menekan nafsu makan dan meningkatkan penurunan berat badan.

3 dari 4 halaman

Kacang Tanah

Kacang juga disebut sebagai kacang umur panjang yang melambangkan vitalitas, umur panjang, kekayaan, dan kehormatan. Kacang ini disajikan dengan tanpa kulit.

Kurma Merah

Kurma tak cuma berasal dari Timur Tengah, melainkan juga berasal dari Asia Selatan, yakni jujube. Jujube sering disebut kurma merah atau kurma cina.

Buah ini memiliki kulit lebih keriput ini sering disajikan saat imlek dan disajikan dalam bentuk kering. Kurma merah ini melambangkan kekayaan dan kemakmuran.

 

4 dari 4 halaman

Infografis Tradisi Tahun Baru Imlek

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.