Sukses

Kabar Terbaru Gundam, Robot Anime yang Jadi Trending Topic Gara-gara Dikira Berharga Rp50 Ribu

Seorang warganet mengeluhkan robot mainan Gundam miliknya diambil tanpa izin oleh keponakannya karena dikira berharga hanya Rp50 ribuan.

Liputan6.com, Jakarta - Tagar Gundam sempat menjadi trending topic di Twitter pada Minggu, 30 Januari 2022. Ramainya cuitan soal robot karakter anime itu muncul setelah seorang warganet mengeluhkan dua robot Gundam impiannya dibawa keponakan tanpa permisi.

Unek-unek itu diunggahnya pertama kali ke akun Facebook Satria Sri Sultan II. Kekesalannya makin menumpuk setelah ibu keponakannya, alias tantenya, mengatai harga dua robot itu hanya Rp50 ribu sambil meminta mengikhlaskan mainan itu untuk kedua anak lelakinya. Padahal, kedua robot itu berharga masing-masing Rp750 ribu dan Rp1,8 juta. 

Gundam memiliki banyak penggemar setia sejak muncul pada 1979. Anime tersebut, dikutip dari laman Gizmodo.com, Senin (31/1/2022), disebut mengubah genre robot super secara signifikan. Alih-alih hanya menampilkan peperangan antara dua faksi yang berbeda dari manusia penjelajah luar angkasa, Gundam menjadi alat perang militer yang realistis.

Saat diperkenalkan pertama kali, anime berjudul Mobile Suit Gundam ini sangat tidak populer karena penonton mengharapkan anime robot super lain. Serial itu hampir dihentikan penayangannya setelah 39 episode, tetapi akhirnya diperpanjang hingga 43 episode setelah bernegosiasi ulang dengan sponsor mereka.

Gundam akhirnya ditayangkan kembali pada 1985 dan meraih kesuksesan setelah franchise-nya diambil alih oleh Bandai. Perusahaan itu juga memproduksi robot Gundam berbahan plastik. Mainan bongkar pasang itu mampu menjaga popularitas Gundam hingga kini. Harga mainan yang semula hanya sekitar 300 yen, menjadi berlipat mencapai 1.000 yen untuk rata-rata model, pada 2015. 

Beragam inovasi lain juga diluncurkan, seperti menghadirkan gim dan manga bertema Gundam. Dikutip dari animenetwork.com, majalah Gundam Ace mengumumkan bahwa gim arcade Mobile Suit Gundam: Extreme Vs. 2 XBoost telah diluncurkan pada Maret 2021. Sebelumnya, mereka melansir manga berjudul Kidō Senshi Gundam: N-Extreme oleh Takashi Minakuchi pada Februari 2021.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Robot Gundam Raksasa

Sementara itu, Gundam.info mengumumkan bahwa patung robot Gundam RX-78-2 raksasa akan tetap berdiri di Pabrik Gundam Yokohama hingga 31 Maret 2023. Fasilitas tersebut awalnya akan ditutup pada 31 Maret 2022 karena direncanakan hanya dibuka dalam waktu terbatas. 

Meski begitu, fasilitas itu akan ditutup untuk pemeliharaan dari pertengahan Mei hingga pertengahan Juli sebagai persiapan perpanjangan. Keputusan memperpanjang operasional dibuat menyusul situasi pandemi Covid-19 saat ini dan pemberlakuan keadaan darurat di Jepang yang membuat banyak orang tak bisa mengunjungi situs tersebut. Dengan perpanjangan baru, diharapkan lebih banyak warga lokal maupun turis asing bisa berkunjung ke sana.

Selain itu, layanan ritel online Premium Bandai akan kembali menawarkan model kit dan item lainnya yang sebelumnya hanya eksklusif dijual di Pabrik Gundam Yokohama, pada 31 Januari hingga 15 Februari 2022. Sebuah bus yang dihiasi gambar patung akan mulai beroperasi dari stasiun kereta Yokohama ke Pabrik Gundam Yokohama pada 23 Februari 2022.

3 dari 4 halaman

Patung Gundam Tersisa

Patung raksasa Gundam setinggi 18 meter itu pertama kali diperlihatkan pada publik pada Desember 2020. Patung Gundam itu sekaligus untuk merayakan pembukaan kafe Gundam yang berada di Pabrik Gundam Yokohama. Itu menjadi satu-satunya kafe Gundam yang tersisa setelah empat kafe lainnya terpaksa ditutup karena terdampak pandemi.

Bandai Namco selaku pemegang lisensi saat ini memiliki tiga patung robot Gundam raksasa yang dipamerkan. Patung Gundam RX-0 dari anime Mobile Suit Gundam Unicorn debut perdana di kompleks Diver City di Tokyo pada September 2017.

Berikutnya, patung Gundam RX-78-2 yang bisa bergerak dipamerkan di Yokohama pada Desember 2020. Terakhir, patung Freedom Gundam ZGMF-X10A dipamerkan perdana di Shanghai pada Mei 2021. Patung Unicorn Gundam juga dihadirkan di Tokyo untuk menggantikan patung Gundam sebelumnya yang tidak bisa bergerak.

Sementara, patung Gundam ke-4 bakal ditampilkan di Mitsui Shopping Park di Fukuoka pada April 2022. Patung itu akan menampilkan Gundam seri RX-93ffv yang muncul di film anime Mobile Suit Gundam: Char's Counterattack.

4 dari 4 halaman

Rudal Korea Utara Ancam Jepang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.