Sukses

Masjid Istiqlal Gaza Jadi Simbol Persaudaraan Palestina dan Indonesia

Kata Istiqlal kembali dipilih untuk masjid pertama yang dibangun Sahabat di Indonesia bagi para saudaranya di Palestina.

Liputan6.com, Jakarta - 44 tahun setelah Masjid Istiqlal Jakarta diresmikan, Palestina resmi memiliki masjid baru bernama Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza - Palestina. Masjid ini dibangun sebagai simbol persaudaraan antara dua bangsa.

Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, Palestina diresmikan pada Selasa, 22 Februari 2022. Kegiatan peresmian disiarkan secara langsung dan dapat ditonton ulang melalui kanalYoutube: Kasih Palestina.

Acara yang menjadi Hari Persaudaraan Indonesia-Palestina ini dilaksanakan di dua lokasi, yaitu di Masjid Istiqlal Jakarta dan Masjid Istiqlal Indonesia di Gaza, mulai pukul 20.00 WIB.

Pemilihan dan penggunaan kata “Istiqlal” yang serupa dengan Masjid Istiqlal di Indonesia memiliki makna yang sarat doa penuh harap untuk Palestina.Istiqlal merupakan kata berasal dari Bahasa Arab yang berarti merdeka. Pejuang-pejuang Bangsa Indonesia terdahulu memilih kata ini sebagai bentuk rasa syukur atas merdekanya Indonesia dari para penjajah.

Kini harapan, doa, dan perjuangan bangsa Indonesia kembali bergelora untuk Palestina merdeka. Kata Istiqlal kembali dipilih untuk masjid pertama yang dibangun Sahabat di Indonesia bagi para saudaranya di Palestina.

“Diresmikannya masjid ini menandai dimulainya kegiatan bersama layaknya dua saudara. Dengan segenap cinta, masjid ini akan selalu hadir membersamai saudara-saudara kami yang masih memperjuangkan kemerdekaannya.

Sebagaimana makna dari kata “Istiqlal” yang berarti kemerdekaan, mudah-mudahan Allah SWT segera memberikan anugerah kemerdekaan kepada Bangsa Palestina.”, kata Sopian Supriyanto, Direktur Yayasan Kasih Palestina, dalam pidato sambutannya.

Tahun 1944 Palestina menjadi salah satu negara yang paling mendukung Indonesia untuk merdeka.Kini sebagai bentuk dukungan dan simbol perjuangan rakyat Indonesia, Masjid Istiqlal Indonesia Gaza dibangun begitu megahnya dalam tiga tahun terakhir.Peletakan batu pertama di tahun 2019 disaksikan langsung oleh ribuan rakyat Palestina dengan perasaan haru dan penuh syukur.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masjid Megah

“Tidak dipungkiri lagi bahwa sudah menjadi kewajiban kami untuk menyampaikan ungkapan syukur dan terima kasih bagi seluruh Bangsa Indonesia, secara khusus juga saya sampaikan terima kasih untuk Presiden Republik Indonesia, yang sangat kami cintai dari lubuk hati kami yang paling dalam, Bapak Presiden Joko Widodo.

Tidak lupa pula kami sampaikan terima kasih secara khusus untuk Yayasan Kasih Palestina, yang telah mengkoordinir pengumpulan dana dari para donatur untuk pembangunan Masjid yang begitu megah ini”, kata Dr. Younis Al-Astal, salah satu figur publik Gaza pada Selasa (22/02/2022). “Masjid Istiqlal di Jakarta memiliki ikatan sejarah dengan Masjid ini”, pungkasnya.

Penjajahan yang masih tetap berlangsung hingga saat ini di Palestina sudah mengakibatkan lebih dari 200 masjid rusak bahkan hancur. Masjid Istiqlal Indonesia Gaza di tahun 2022 kini sudah berdiri kokoh, menghapus segala bentuk kesedihan dan menjadi penyemangat rakyat Palestina untuk kembali menghidupkan mimpi-mimpinya.

3 dari 4 halaman

Ruang Khusus

Selain bisa menampung 5 ribu jamaah setiap harinya, masjid yang terletak di Khan Younis Gaza ini tengah mempersiapkan posko besar yang bisa menampung bantuan kemanusiaan dari Indonesia.Posko tersebut membuka peluang donasi pangan, bantuan medis, kebutuhan musim dingin, hingga sedekah Ramadhan dan kebutuhan dasar lainnya yang datang dari Indonesia.

Saat ini badan pengurus masjid tengah membuka peluang wakaf sumur bor dan panel surya, mengingat sumber daya air dan listrik di Palestina hari ini masih dikuasai otoritas Israel. Pembangunan sumur dan instalasi panel surya menjadi solusi agar masjid bisa mandiri.

Di masjid empat lantai ini terdapat pula ruang-ruang khusus yang diperuntukan sebagai sekolah tahfidz anak-anak Palestina, ruang kuliah, dan aula serbaguna yang bisa difungsikan untuk pertemuan masyarakat hingga tokoh-tokoh besar.Masjid Istiqlal Indonesia Gaza dibangun bukan hanya sebagai tempat beribadah saja, tapi sebagai pengingat juga bahwa Indonesia tetap berdiri bersama menentang segala bentuk penjajahan.

4 dari 4 halaman

Masjid Indah dan Ikonik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.