Sukses

Prosesi Ngunduh Mantu Ria Ricis dan Teuku Ryan, Bernuansa Adat Aceh

Ria Ricis dan Teuku Ryan sengaja memilih warna emas karena dinilai sangat cocok untuk acara ngunduh mantu mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Usai melangsungkan acara pernikahan pada 12 November 2021 lalu, pasangan Ria Ricis dan Teuku Ryan melanjutkannya dengan acara Tueng Dara Baro atau ngunduh mantu. Acara ini digelar di kampung halaman Ryan, Banda Aceh pada Sabtu, 29 Januari 2022.

Melalui akun Instagramnya, Oki Setiana Dewi pun memperlihatkan potret adiknya di pelaminan. Ricis dan Ryan terlihat serasi mengenakan busana berwarna pastel.

Tueng Dara Baro sendiri merupakan tradisi penerimaan pengantin perempuan dalam adat Aceh. Acara berlangsung meriah dengan dekorasi serba warna emas ala Maroko. Ryan mengaku sengaja memilih warna tersebut karena warna emas dinilai sangat cocok untuk acara spesial mereka.

Hampir sama dengan rangkaian pernikahannya, acara ngunduh mantu ini juga digelar secara mewah. Acara digelar di sebuah hotel tak jauh dari pusat Kota Banda Aceh.

Hal itu diketahui dari unggahan di akun Youtube MOP Channel. Dalam unggahan pada 29 Januari 2022 itu, Ria Ricis dan Teuku Ryan terlihat berjalan memasuki ballroom. Keduanya tampak serasi mengenakan busana bernuansa serba gold.

Sesampainya di dalam ruangan, Ricis dan Ryan langsung menjalani rangkaian adat Aceh. Untuk prosesi yang pertama disebut dengan Sipreuk Breuh Padee.

Prosesi ini dilakukan dengan cara menabur beras atau padi ke hadapan mempelai pengantin. Tradisi ini dianggap masyarakat Aceh sebagai lambang kemakmuran dan kesejukan.

Setelah itu, Ricis dan Ryan berjalan menuju singgasana pelaminan dengan diiringi alat musik Serune Kalee. Mereka pun disambut dengan tarian Peumulia Dara Baroe dari sanggar seni Geuni Nanggroe. Kedua mempelai kemudian duduk di pelaminan yang didekorasi cantik dengan warna emas.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cincin Emas

Prosesi selanjutnya yang dijalani Ricis dan Teuku Ryan menjalani prosesi adat selanjutnya. Prosesi ini disebut dengan Peusijuk.

Dilansir dari laman brilio.net, Peusijuk merupakan ritual masyarakat Aceh untuk mendoakan seseorang agar diberi ketentraman dan keberkahan oleh Tuhan. Prosesi ini dilakukan oleh ibunda Ryan kepada kedua mempelai.

Ibunda Ryan kemudian memberikan cincin emas kepada menantunya. Penyerahan cincin di jari manis ini sebagai ungkapan cinta dan kasih. 

Selesai menjalani semua prosesi ngunduh mantu, keduanya pun berfoto bersama orangtua dan keluarga lainnya. Senyum bahagia terpancar jelas di wajah Ricis dan Ryan.

3 dari 4 halaman

Kabar Kehamilan

Ricis dikabarkan sedang mengandung anak pertamanya. Saat dikonfirmasi mengenai kabar kehamilan Youtuber itu, Oki Setiana Dewi tidak menjawab secara tegas. Dirinya hanya meminta doa untuk kesehatan adiknya itu.

"Biar Ricis yang lebih berkapasitas untuk menyampaikannya. Tapi apa pun itu mungkin terdengar klise, tapi dia minta doa dari teman-teman semua supaya sehat," kata Oki, dilansir dari kanal YouTube STARPRO dari kanal Showbiz Liputan6.com.

Untuk saat ini, Ricis memang belum sedikitpun buka suara soal kehamilannya. Namun, Oki mengatakan sang adik pasti akan mengumumkan jika memang telah hamil.  Kabar itu kembali mengemuka saat acara ngunduh mantu.

Potret Ricis saat acara tersebut rupanya mencuri perhatian warganet. Melihat dari ukuran perutnya, warganet berasumsi Ricis sudah hamil. "Masya Allah cantik dan ganteng..tp sy fokus ke perut ICIS.😊.semoga sudah 🤰," tulis salah satu warganet di kolom komentar.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.