Detail Pernikahan Mewah Putri Sultan Brunei yang Digelar 10 Hari, Pinjam Tiara Zamrud Milik Ibu Tiri

Oleh Henry pada 28 Jan 2022, 07:03 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 07:14 WIB
Menikah selama 10 hari, berikut gaun yang dikenakan Putri Brunei Darussalam/dok. Instagram @brunieroyalfamily
Perbesar
Menikah selama 10 hari, berikut gaun yang dikenakan Putri Brunei Darussalam/dok. Instagram @brunieroyalfamily

Liputan6.com, Jakarta - Anak Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah, Putri Fadzilah Lubabul Bolkiah, resmi menikah dengan Awang Abdullah Nabil Mahmoud Al-Hashimi. Pernikahan keduanya sempat menjadi sorotan karena digelar selama 10 hari, dari 16 Januari sampai 25 Januari 2022.

Dalam resepsi pernikahan yang digelar pada 24 Januari, sang putri terlihat menawan dengan mengenakan gaun mewah. Ia memakai gaun lengan panjang berwarna biru dan abu-abu, lengkap dengan sulaman kupu-kupu di seluruh gaunnya. Penampilannya itu semakin maksimal saat dipadukan dengan tiara zamrud, kalung besar zamrud, dan anting-anting yang serasi.

Melansir South China Morning Post, 26 Januari 2022, tiara berhiaskan enam batu zamrud itu ternyata milik ibu tiri Putri Fadzilah atau istri pertama dari Sultan Hassanal Bolkiah, yakni Ratu Saleha. Tiara yang tampilannya mengkilap tersebut konon melambangkan kemewahan.

Tiara zamrud itu juga kabarnya pernah dipakai oleh beberapa anggota keluarga Kerajaan Brunei Darussalam; seperti Putri Rashidah Sa’adatul, Putri Majeedah Nuurul, Putri Hafizah Sururul, dan Putri Raabi’atul ‘Adawiyyah. Melengkapi penampilan, Putri Fadzilah memakai stiletto yang sebagian besar ditutupi oleh gaun panjangnya. Sekilas tampak bertabur berlian.

Mengutip Tatler, prosesi pernikahan Putri Fadzilah dimulai pada 16 Januari dengan meminta restu dari Sultan. Sementara, akad nikah keduanya berlangsung pada 20 Januari 2022 di Masjid Omar Ali Saifuddien, yang diakhiri dengan penghormatan 17 senjata.

Putri Fadzillah memilih gaun pengantin berbahan brokat putih dan perak yang senada dengan kerudung panjang menyapu lantai. Gaun pengantin sang putri dirancang oleh desainer Malaysia Bernard Chandran. Ia menambahkan tiara berlian yang berkilau, bersama kalung, cincin, dan anting-anting berbahan sama. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pangeran Abdul Mateen

7 Potret Pangeran Abdul Mateen di Royal Wedding Sang Kakak, Curi Perhatian
Perbesar
Pangeran Abdul Mateen di Royal Wedding Putri Kerajaan Brunei. (Sumber: Instagram/tmski)

Perayaan dilanjutkan dengan upacara Istiadat Bersanding Pengantin Diraja di aula megah berlapis emas keraton. Pada Minggu, 23 Januari 2022, acara dilanjutkan dengan upacara pernikahan yang disebut dengan Istiadat Bersanding Pengantin Diraja. Di acara tersebut, Putri Fadzilah dan pengantin pria tampil serasi dalam balutan busana brokat putih dan perak.

Gaun putih sang putri sendiri disulam dengan banyak pola, dengan model ala mermaid di bagian bawahnya. Sang putri juga terlihat mengenakan tiara, kalung berlian, dan veil transparan yang menjuntai ke bawah.

Perayaan royal wedding itu diunggah adik Putri Fadzlah, Pangeran Abudl Mateen di akun Instagramnya. Ia mengucapkan selamat kepada kakak perempuannya dan membagikan beberapa foto dari upacara tersebut. Selama acara pernikahan yang digelar 10 hari, Pangeran Abdul Mateen turut hadir di serangkaian prosesi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kuliah di Inggris dan AS

Menikah selama 10 hari, berikut gaun yang dikenakan Putri Brunei Darussalam/dok. Instagram @brunieroyalfamily
Perbesar
Menikah selama 10 hari, berikut gaun yang dikenakan Putri Brunei Darussalam/dok. Instagram @brunieroyalfamily

Putri Fadzilah pernah menempuh pendidikan tinggi di Inggris dan AS. Pada 2008, saat usianya 22 tahun, Fadzilah memperoleh gelar sarjana dalam studi internasional dari Kingston University di London, Inggris.

Kemudian pada 2015, sang putri memperoleh gelar master dalam administrasi bisnis atau MBA dari Hult International Business School di Cambridge, Massachusetts, AS. Walaupun sedikit tertutup, ternyata Putri Fadzilah juga disebut sebagai putri yang sporty dengan aktif bermain polo dan berkuda sejak remaja.

Wanita berusia 36 tahun ini juga merupakan kapten tim bola net nasional Brunei. Ia pernah mengungkapkan pada Channel News Asia bahwa rekan satu timnya memanggil dirinya dengan sebutan Fad, dan dikenal sebagai orang yang iseng. Putri Fadzilah berharap bisa terus mendukung dan menghasilkan atlet yang lebih terampil di Brunei.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Gaun Pernikahan Raisa

Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Perbesar
Infografis Gaun Pernikahan Raisa
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya