Profil Ronaldo Kwateh, Pemain yang Akan Tampil di Laga Indonesia vs Timor Leste

Oleh Komarudin pada 27 Jan 2022, 15:31 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 18:26 WIB
Foto: Sayap Kanan Madura United, Ronaldo Kwateh Pecahkan Rekor Pemain Termuda di BRI Liga 1 2021 / 2022
Perbesar
Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia, BRI Liga 1 2021/2022 resmi bergulir mulai 27 Agustus 2021 lalu. Dalam rangkaian laga pekan pertama yang masih berlangsung, rekor pemain termuda berhasil dipecahkan oleh sayap kanan Madura United, Ronaldo Kwateh. (Foto: Bola.com/Ikhwan Yanuar)

Liputan6.com, Jakarta - Ronaldo Kwateh jadi salah satu punggawa skuad Merah Putih di laga Indonesia vs Timor Leste sore ini, Kamis (27/1/2022).

Ronaldo lahir di Yogyakarta pada 19 Oktober 2004. Ia lahir dari ibunya yang berdarah Yogyakarta, sedangkan ayahnya asli Liberia.

Seperti diketahui, Ronaldo merupakan pesepak bola yang sempat membela PSIM Yogyakarta, PSIS Semasarang, dan Persib Bandung.

Karier sebagai pesepak bola profesional berhasil dijalani Ronaldo berkat bimbingan ayahnya. Sedangkan ibunya berperan menjadi bintang di Timnas Indonesia Usia 18.

Saat ini, Ronaldo bermain di Madura United sejak awal 2021. Sebelumnya, ia bermain di tim muda Persib Bandung.

Di atas kertas, skuad Garuda lebih unggul dalam laga Indonesia vs Timor Leste. Indonesia saat ini menempati peringkat 164 dunia, sementara Timor Leste bertengger di urutan ke-196.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Pemain Termuda

Ilustrasi - Ronaldo Kwateh, Timnas Indonesia dan Madura United
Perbesar
Ilustrasi - Ronaldo Kwateh, Timnas Indonesia dan Madura United (Bola.com/Adreanus Titus)

Ronaldo Kwateh meruakan pemain termuda yang bermain di Liga 1. Ia baru berusia 16 tahun.

Darah bola dari sang ayah dilanjutkan Ronaldo. Tak tanggung-tanggung, ia dipanggil oleh Shin Tae Young untuk bergabung timnas untuk Kualifikasi Piala Asia U-23 2022.

Ia senang bisa bergabung dengan timnas Indonesia. Namun, Ronaldo sempat tak percaya ia dipanggil oleh Shin Tae Young.

 


FIFA Matchday

Penyerang Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh.
Perbesar
Penyerang Timnas Indonesia U-18, Ronaldo Kwateh. (PSSI).

Meski demikian, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pantang menganggap remeh Lafaek. Pasalnya, skuad racikan Fabio Maragao itu dinilai punya kemampuan passing, serta mobilitas yang apik.

Laga kontra Timor Leste merupakan bagian dari FIFA Matchday yang diperuntukkan bagi negara-negara anggota FIFA. Masuk dalam kalender resmi, ajang tersebut memberi hak bagi pelatih timnas untuk memanggil pemain-pemainnya, termasuk yang merumput di luar negeri, dikutip dari kanal Bola Liputan6.com.

Meski uji coba, pertandingan ini adalah momen penting bagi pasukan Merah Putih. FIFA Matchday menjadi ajang persiapan bagi anak-anak asuh Shin Tae-yong, jelang menghadapi Kualifikasi Piala Asia, Piala AFF U-23, dan Sea Games Vietnam.


Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Perbesar
Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya