Sukses

Resep Nasi Goreng Paprika, Masak Kurang Dari 30 Menit!

Selain masak sendiri, kamu bisa langsung memesan beraneka ragam menu nasi goreng lewat manisdansedap.com.

Liputan6.com, Jakarta Nasi goreng menjadi salah satu alternatif makanan yang memiliki banyak variasi. Mulai dari nasi goreng ikan teri, nasi goreng ati ampela, nasi goreng kari, hingga nasi goreng paprika. 

Nasi goreng paprika sebenarnya lebih dikenal di Thailand, selain karena menggunakan cabai khas Thailand juga penggunaan paprika untuk menambahkan sensasi pedas dalam masakan. 

Miriam Hahn-Wellness Coach & Recipe developer menjelaskan, di Thailand, nasi goreng jenis ini biasa disajikan dengan menu lain seperti lumpia, telur gulung, sup panas, miso, sampai sate daging. 

Untuk bahan-bahan yang digunakan di dalam nasi goreng ala Thailand ini sebenarnya nggak jauh beda dengan menu nasi goreng pada umumnya. Tetap menggunakan bawang merah, bawang putih, cabai yang tentunya sesuai selera, daun bawang, ketumbar, dan sejumlah kecap untuk menghadirkan hidangan yang banyak rasa. 

Hal yang membedakan nasi goreng ini adalah jenis beras yang digunakan yang beraroma harum dan berbutir panjang, dengan tekstur lembut. Selain itu, nasi goreng khas Thailand juga menambahkan saus soya, perasan jeruk nipis, taburan daun ketumbar yang aromatik, serta daun kemangi Thailand atau di Indonesia lebih populer dengan sebutan daun basil. 

Buat kamu yang penasaran gimana sih rasa nasi goreng Thailand ini, ada resepnya nih seperti dikutip laman Mashed. Kamu bisa membuatnya di rumah nggak sampai 30 menit. Sebelum membuat menunya, pastikan kamu bikin nasinya dari jasmine rice alias beras melati ya. 

Kalo di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan beras wangi Thai. Kamu bisa cari di e-commerce kesayanganmu dengan berbagai kemasan. Untuk memasak beras tersebut bun, pastikan kamu memperhatikan cara membuatnya ya! 

Setelah nasimu matang, sekarang saatnya membuat resep nasi goreng khas Thailand ini yuk seperti dikutip laman Mashed berikut ini: 

Bahan:

  • nasi yang sudah matang
  • 3 sdm air
  • 1 bawang bombai, cincang
  • 3 siung bawang putih, cincang
  • 1 paprika (sesuai selera), cincang
  • 1 cabai thailand (sesuai selera/diganti rawit), cincang
  • 3 sdm saus tiram
  • 2 sdm kecap ikan
  • 1 sdm kecap asin (soy sauce)
  • 1 sdt gula
  • daun kemangi Thailand (sesuai selera)
  • 1 jeruk nipis, peras
  • 3 daun bawang, cincang
  • daun ketumbar, cincang (sesuai selera)

Cara Membuat: 

  1. Siapkan penggorengan, tambahkan air, nyalakan kompor dengan api sedang cenderung besar
  2. Masukkan cincangan bawang merah, bawah putih, paprika, dan cabai ke wajan. Tumis selama sekitar delapan menit dan tambahkan air jika wajan mengering
  3. Masukkan saus tiram, kecap ikan, kecap asin, dan gula. Aduk merata
  4. Masukkan nasi yang sudah dimasak, aduk rata, dan masak selama 4-5 menit dengan api kecil sampai nasi menghangat
  5. Angkat nasi goreng dan sajikan di piring, lalu tambahkan daun kemangi Thailand, air jeruk nipis, cincangan daun bawang, daun ketumbar
  6. Sajikan selagi hangat

Nah, sekarang kamu sudah tahu kan resepnya? Jika kamu ingin mengetahui nasi goreng yang belum pernah dicoba sebelumnya dan belum punya waktu buat membuatnya, nggak perlu bingung. 

Kamu bisa langsung memesan beraneka ragam menu nasi goreng lewat manisdansedap.com. Di platform ini, kamu bisa menemukan nasi goreng kreasi dari para pelaku UMKM di Indonesia, seperti Nasi Goreng Ujung Pandang Frozen, Nasi Goreng Babat, Nasi Goreng Hongkong, Nasi Goreng Yangzhou, dan masih banyak lagi. 

Untuk diketahui, manisdansedap adalah platform yang hadir untuk membantu para penggemar kuliner dengan mudah menemukan beragam pre-order (PO) makanan dari seluruh nusantara dan bisa order dalam sekejap.

Manisdansedap merupakan bagian dari KLY (KapanLagi Youniverse) sebagai Digital Media Network yang juga menaungi Liputan6.com, Merdeka.com, KapanLagi.com, Dream.co.id, Brilio.id, Fimela.com, Bola.com, Bola.net, dan Otosia.com. 

Dengan dihubungkan ke fitur tombol pembelian, kamu dapat langsung menuju ke nomor Whatsapp Seller, memudahkan interaksi antara pembeli dan seller. Makin mudah gaet pembeli, yuk daftarkan usaha kulinermu ke ManisdanSedap.com!

Yuk PO Sekarang di ManisdanSedap!

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini