Kiat Praktis Mulai Memasak Makanan Sehat bagi Pemula, Berani Berubah!

Oleh Gilar Ramdhani pada 16 Jun 2022, 17:11 WIB
Diperbarui 16 Jun 2022, 17:11 WIB
Memasak
Perbesar
Ilustrasi/copyright shutterstock.com

Liputan6.com, Jakarta Konsumsi makanan sehat menjadi salah satu hal penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan memastikan semua organ berfungsi dengan baik. Sayangnya, masih banyak orang yang memiliki pola makan buruk dan tidak seimbang. Jika hal tersebut berlangsung terus menerus, bukan tidak mungkin tingkat kesehatan orang-orang akan semakin menurun.

Apalagi di era sekarang yang teknologi makin maju, pesan makanan online dan bisa datang dalam sekejap. Kita tidak tahu keseimbangan nutrisinya dan bahan-bahan yang digunakan. Oleh karena itu, jika Anda ingin makan lebih sehat, perubahan pertama dan penting adalah mulai memasak makanan sendiri dari awal dan tidak malas lagi untuk ke dapur.

Memasak sendiri di rumah merupakan salah satu kunci untuk memiliki pola makan sehat karena Anda memiliki kendali sepenuhnya terhadap apa yang dikonsumsi. Memang membutuhkan waktu dan tenaga, tetapi kecil kemungkinannya bagi Anda untuk makan yang tidak sehat saat memasak sendiri. Karena bisa mengontrol sendiri minyak yang ingin digunakan, bahan-bahan, dan lainnya.

Jika Anda bingung mengenai jenis makanan apa yang harus disiapkan, mulailah dengan selalu menyajikan sayur dan buah untuk memenuhi piring makan Anda. Selain itu, Anda bisa menerapkan beberapa kiat praktis mulai memasak sehat yang dikutip dari berbagai sumber:

1. Mengubah gaya hidup dengan memasak menu sehat memang membutuhkan niat dan komitmen. Anda bisa mengawali dengan membuat masakan yang mudah seperti sayur sop, ikan panggang, pepes tahu atau ayam.

 

2. Bila Anda belum terbiasa memasak, bacalah seluruh resep - dari awal sampai akhir - sebelum mulai memasak makanan Anda. Lupa membaca resep dapat membuat hasilnya tidak akan keluar sesuai rencana. Sebagai juru masak pemula, Anda pasti ingin mengikuti takaran dengan hati-hati. 


Protein Rendah Lemak

3. Pilih protein rendah lemak karena ini dapat mengatur berat badan. Protein berfungsi meningkatkan metabolisme hingga mengurangi nafsu makan. Contoh makanan protein rendah lemak adalah ikan, daging ayam tanpa kulit, putih telur, daging tanpa gajih dan kacang-kacangan.

4. Dalam satu piring, usahakan memasukkan lebih banyak makanan berserat, termasuk sayuran. Salad mangga udang bisa menjadi salah satu contoh hidangan sehat bercita rasa asam, manis dan gurih yang bisa Anda coba di rumah.

5. Kebutuhan kalori per hari setiap orang berbeda-beda, tergantung pada berbagai faktor seperti jenis kelamin dan usia. Maka dari itu, konsumsi karbohidrat sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan.


Menjaga Kebersihan

6. Untuk menghasilkan masakan yang sehat, perhatikan juga kebersihan dan pengolahan makanan. Tidak hanya tangan, mencuci buah dan sayuran dengan air mengalir sangat penting agar kotoran yang menempel bisa hilang. Tapi juga jangan lupa cuci semua peralatan masakan, contohnya talenan, sebelum dan setelah memasak. Selain itu, saat mengolah daging, gunakan suhu yang sesuai agar dapat membunuh bakteri secara efektif, terutama pada daging, dan nutrisi lebih mudah diserap di usus kecil.

Itulah beberapa kiat praktis mulai memasak makanan sehat dari rumah. Ingatlah, dengan memasak sendiri, Anda akan menghemat pengeluaran rumah tangga. Bayangkan, harga makanan yang Anda masak tentu tidak ada apa-apanya dibandingkan jika Anda harus ke restoran.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya