Bocoran Sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 Virgil Abloh yang Dijual Terbatas

Oleh Putu Elmira pada 20 Jan 2022, 12:01 WIB
Diperbarui 20 Jan 2022, 13:22 WIB
Sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 Virgil Abloh Bakal Dilelang
Perbesar
Lelang sneakers Louis Vuitton x Nike Air Force 1 Virgil Abloh akan berlangsung 26 Januari--8 Februari 2022. (Tangkapan Layar Instagram/sothebys)

Liputan6.com, Jakarta - Virgil Abloh memang telah tiada, namun karyanya masih terus dikenang di hati banyak orang. Salah satunya terwujud dalam sneakers hasil kolaborasi.

Dilansir dari Page Six, Kamis (20/1/2022), Louis Vuitton dan Nike mengumumkan pada Rabu, 19 Januari 2022, akan merilis sneakers Air Force 1 Virgil Abloh edisi terbatas. Sebelumnya, kolaborasi ini debut pada Juni 2021 sebagai bagian dari koleksi Spring 2022.

Abloh merancang 47 pasang sepatu kets Nike Air Force 1 untuk pertunjukan musim semi. Sinergi ini menyatukan dua mitra merek besar tersebut dalam penghormatan terhadap budaya hip-hop.

Vuitton berencana untuk menggelar pameran semua desain yang dibuat di lokasi pembuatan sepatu di Italia dan rinciannya akan diungkapkan beberapa waktu mendatang. Terungkap dalam sebuah film berjudul "Amen Break," merek tersebut menyebut kolaborasi itu terinspirasi oleh sampul album 1988 "It Takes Two" oleh duo hip-hop Rob Base dan DJ E-Z Rock.

Sampul menunjukkan E-Z Rock mengenakan Nike Air Force 1 basketball trainer yang diubah dengan swoosh yang dihiasi monogram LV. "Sampulnya mewujudkan praktik awal komunitas hip-hop dalam menyatukan mode dan pakaian olahraga kelas atas, mengesampingkan merek yang berbeda dengan penghormatan yang sama," kata Vuitton kala itu, dilansir WWD, Kamis (20/1/2022).

"Sebuah simbol budaya dalam dirinya sendiri, hari ini Nike Air Force 1 berfungsi sebagai simbol artistik dari asal subkultur yang dihasilkan sendiri," tambah Vuitton.

Untuk membedakannya dari Nike Air Force 1 versi orisinal, sneakers ini dibuat dengan bahan yang digunakan dalam koleksi pria Louis Vuitton milik Abloh. Sepatu kets tersebut juga diberi gaya dengan tanda kutip, ciri khas Off-White yang merupakan kolaborasi yang sangat sukses dengan Nike.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Lelang Sepatu

Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File)
Perbesar
Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File)

Sebanyak 200 pasang sepatu akan dilelang di Sotheby's. Hasil lelang sneakers tersebut akan disumbangkan ke "Post Modern" Scholarship Fund gagasan Abloh, menurut WWD.

Abloh meluncurkan dana beasiswa untuk siswa mode kulit hitam pada 2020 dengan sumbangan awal sebesar 1 juta dolar AS (Rp14,3 miliar). Lelang akan berlangsung dari 26 Januari--8 Februari 2022.

Sneakers kolaborasi ini akan tersedia dalam warna eksklusif. Tersedia juga berbagai ukuran dari 5--18, dengan tawaran mulai dari 2 ribu dolar AS (Rp28,7 juta).

Bagi mereka yang tidak beruntung mendapatkan sneakers eksklusif dari lelang ini, dapat menunggu peluncuran komersial sneakers akhir tahun ini. Sneakers tersebut akan tersedia dalam jumlah terbatas secara eksklusif di Louis Vuitton.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kepergian Virgil

Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File )
Perbesar
Virgil Abloh. (AP Photo/Thibault Camus, File )

Virgil Abloh meninggal dunia pada November 2021 di usia 41 tahun. Kepergian pendiri label fesyen Off-White sekaligus Direktur Artistik koleksi pria Louis Vuitton ini setelah berjuang melawan kanker yang dideritanya selama dua tahun.

Hanya beberapa hari setelah kepergian Abloh, Louis Vuitton menggelar peragaan busana Miami-nya seperti yang direncanakan. Gelaran ini sebagai bentuk penghormatan yang lebih besar untuk Abloh dan warisan abadinya.

Louis Vuitton juga akan menampilkan koleksi pria Fall 2022. Rumah mode asal Prancis ini akan menghadirkan dua pertunjukan pada Kamis (20/1/2022) sebagai bagian dari Paris Fashion Week.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion

Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion
Perbesar
Infografis Fakta-Fakta Menarik tentang Fashion. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya