5 Tips bagi Penumpang yang Pertama Kali Naik Bus AKAP agar Aman dan Nyaman

Oleh Henry pada 23 Jan 2022, 05:02 WIB
Diperbarui 23 Jan 2022, 05:02 WIB
FOTO: Libur Panjang, Jumlah Penumpang Bus AKAP di Terminal Pulogebang Meningkat
Perbesar
Penumpang memasukkan barang ke bagasi bus sebelum keberangkatan di Terminal Pulogebang, Jakarta, Selasa (27/10/2020). Memasuki libur panjang, jumlah penumpang bus antarkota antarprovinsi (AKAP) di Terminal Pulogebang tujuan Jawa dan Sumatera mengalami peningkatan. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Bus merupakan salah satu moda transportasi yang murah dan praktis dengan jangkauan yang bisa disesuaikan. Untuk perjalanan jarak jauh, kita bisa menggunakan bus AKAP atau antarkota antarprovinsi.

Bus ini masih menjadi primadona bagi para wisatawan yang ingin bepergian lewat jalur darat. Selain harga tiket yang bersahabat, bus kerap dipilih karena waktunya lebih fleksibel dibandingkan menumpang kereta.

Penumpang juga bisa memilih tipe bus yang ingin ditumpangi untuk mendapatkan fasilitas yang diinginkan. Selain itu, ada beberapa hal yang harus dipahami, khususnya bagi Anda yang pertama kali naik bus AKAP.

Dikutip dari unggahan Instagram Damri @damriindonesia, Rabu, 19 Januari 2022, ada lima tips yang bisa Anda lakukan agar perjalanan lebih aman dan nyaman. Apa saja?

1. Selalu Waspada

Saat menaiki moda transportasi apa pun termasuk bus, Anda harus selalu waspada. Apalagi, buat Anda yang pertama kali naik bus, jangan pasang wajah bingung dan gelisah sebab bisa jadi celah bagi para pelaku kejahatan untuk bertindak. Momen ini juga bisa dimanfaatkan bagi para calo untuk menawarkan jasa yang mungkin tidak sesuai dengan tujuan Anda.

Ada baiknya Anda tetap tenang dan berada di lokasi yang ramai, seperti warung atau tempat menunggu bus. Anda juga bisa mencari petugas berwenang jika ingin memastikan jadwal keberangkatan Anda atau bus mana yang harus dinaiki.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


2. Bawa Barang Secukupnya

5 Tips Buat yang Pertama Kali Naik Bus AKAP Agar Aman dan Nyaman
Perbesar
5 Tips Buat yang Pertama Kali Naik Bus AKAP Agar Aman dan Nyaman. (dok.Instagram @damriindonesia/https://www.instagram.com/p/CYqrQjCPUmb/Henry)

Membawa barang terlalu banyak saat bepergian keluar kota ataupun keluar provinsi merupakan hal yang sebisa mungkin untuk dihindari. Selain menyulitkan terutama bagi yang bepergian sendirian, hal ini juga bisa menjadi pemicu terjadinya kejahatan di dalam terminal.

Bawalah barang secukupnya yang memang Anda rasa perlu untuk menunjang keseharian Anda di kota tujuan. Jika memang harus membawa banyak barang, Anda sebaiknya tidak bepergian sendiri.

Anda juga bisa memisahkan barang berharga Anda di tas yang lain. Usahakan juga tidur bergantian sehingga tetap ada yang menjaga barang bawaan.

3. Berbaur dengan Penumpang Lain

Kalau Anda bepergian sendirian dan memilih tipe kursi dengan konfigurasi bus 2-2, Anda kemungkinan besar akan bertemu dengan penumpang lain. Nah, karena perjalanan menggunakan bus AKAP adalah perjalanan yang cukup lama, tak ada salahnya untuk sekadar berkenalan atau berbaur dengan penumpang lain.

Sebab, menunggu di dalam atau di luar bus bersama penumpang lain jauh lebih aman dibandingkan menunggu di tempat asing. Meski begitu, ada baiknya Anda juga tetap selalu waspada dan tidak mudah percaya dengan orang lain.


3. Tahu Lokasi Loket Bus atau PO yang Digunakan

(Foto: Liputan6.com/Bawono Y)
Perbesar
Bus Damri di Bandara Kertajati (Foto: Liputan6.com/Bawono Y)

Tips penting lainnya adalah Anda wajib untuk mengetahui loket bus atau Perusahaan Otobus (PO) yang akan digunakan. Tak ada salahnya untuk melakukan riset kecil-kecilan mengenai PO atau jadwal keberangkatan bus tujuan Anda. Selain bisa memudahkan perjalanan Anda, hal ini juga agar Anda tidak bingung saat menuju terminal bus.

5. Pilih Tempat Duduk yang Sesuai

Tips terakhir agar perjalanan naik bus Anda aman adalah dengan memilih tempat duduk yang sesuai. Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, jika lebih nyaman bepergian sendirian, Anda bisa memilih bus dengan konfigurasi 2-1 atau 1-1.

Jika punya bujet lebih, Anda juga bisa memilih bus dengan kelas 'sleeper seat' yang menawarkan privasi dan kenyamanan yang lebih. Anda juga bisa memilih tempat duduk yang membuat Anda nyaman di perjalanan.

Kalau Anda ingin menikmati perjalanan, kursi di dekat jendela adalah pilihan yang tepat. Sementara, buat Anda yang ingin beristirahat, kursi di bagian tengah bisa jadi pilihan karena minim guncangan.


Luka Liku Bus Transjakarta

[INFOGRAFIS] Luka Liku Bus Transjakarta
Perbesar
Angkutan yang sangat diharapkan oleh warga Jakarta, tetapi sayang, masih banyak cacat di sana dan di sini.
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya