Disneyland vs Disney World, Apa Bedanya?

Oleh Putu Elmira pada 17 Jan 2022, 18:01 WIB
Diperbarui 17 Jan 2022, 18:01 WIB
Disneyland di California
Perbesar
Disneyland di Anaheim, California, Amerika Serikat. (HECTOR MATA / AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Bicara soal taman hiburan, tak lengkap rasanya jika tak menyertakan Disneyland dan Disney World dalam daftar wisata. Keduanya sejak lama menjadi destinasi incaran dan favorit para wisatawan dari seantero jagat.

Dilansir dari Travel and Leisure, Senin (17/1/2022), ada beberapa perbedaan antara Disneyland dan Disney World. Jika ingin mengulik sejarah dan nostalgia, Disneyland adalah pilihan yang tepat.

Taman hiburan Walt Disney ini dibuka pada 17 Juli 1955 silam. Kala itu, Disneylan hanya memiliki beberapa area, seperti Main Street, Fantasyland, Adventureland, Frontierland, dan Tomorrowland.

Meski Walt Disney terlibat dalam gagasan Disney World di Orlando, Florida, animator Amerika Serikat ini meninggal lima tahun sebelum pembukaannya pada 1971. Lantas, apa saja perbedaan kedua taman hiburan ini?

Disneyland terletak di Anaheim, California, sekitar satu jam perjalanan di luar kota Los Angeles. Bandara terdekat ke taman adalah Bandara John Wayne Orange County (SNA). Namun, tamu dapat menemukan lebih banyak rute langsung dan opsi penerbangan dengan terbang masuk dan keluar dari Bandara Internasional Los Angeles (LAX) yang lebih besar.

Disney World terletak i Orlando, Florida. Bandara Internasional Orlando (MCO) adalah bandara terdekat ke taman. Namun, masih cukup mudah untuk mencapai Walt Disney World melalui bandara Sanford (SFB) atau Tampa (TPA) juga.

Kedua taman sangat berbeda dalam hal ukurannya. Disney World mencakup tanah seluas 43 mil persegi dan Disneyland hanya 500 hektare yang memiliki dua taman berbeda, yakni Disney California Adventure Park dan Disneyland Park.

Disney World punya empat taman utama, yakmi Magic Kingdom, Epcot, Disney's Hollywood Studios, dan Disney's Animal Kingdom. Meskisangat mungkin untuk melihat semua atraksi utama di Disneyland dalam satu atau dua hari, wisatawan perlu hampir seminggu untuk melihat semuanya di Disney World.

Dari segi biaya, Disneyland dan Disney World sama-sama menggunakan harga dinamis untuk tiket taman hiburan, yakni harga tiket bervariasi tergantung pada musim, hari dalam seminggu, dan faktor lainnya. Tiket taman hiburan di keduanya cukup mahal.

Wisatawan diperkirakan akan membayar lebih dari 100 dolar AS (Rp1,4 juta) untuk tiket satu hari, satu taman hiburan, tetapi harga pasti akan tergantung pada tanggal liburan dan apakah akan berbelanja dari satu taman per hari atau tidak.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Transportasi hingga Waktu Terbaik Berkunjung

Walt Disney World
Perbesar
Pemandangan pintu masuk taman hiburan Walt Disney World pada 11 Juli 2020 di Lake Buena Vista, Florida, Amerika Serikat. (OCTAVIO JONES / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / GETTY IMAGES VIA AFP)

Untuk transportasi, di sekitar Disneyland pada dasarnya bukan masalah karena ukurannya yang lebih kecil. Namun, taman hiburan ini menawarkan layanan antar-jemput gratis ke dan dari tempat parkir.

Ada juga monorel Disneyland yang berjalan antara Tomorrowland di Taman Disneyland dan Pusat Kota Disney. Namun, kebutuhan akan transportasi sangat terlihat di Disney World.

Untungnya, taman ini sepenuhnya melayani para tamunya dengan sistem transportasi gratis yang dapat membawa mereka ke mana pun mereka inginkan. Itu termasuk bus, feri, gondola, atau monorel yang membentang di antara dua taman hiburan dan tiga hotel yang dioperasikan Disney.

Untuk waktu terbaik berkunjung, Disneyland mungkin memiliki sedikit keunggulan dalam kategori ini karena terletak di California Selatan yang cerah, dengan suhu tetap stabil sepanjang tahun. Konon, suhu masih bisa turun hingga sekitar 50 derajat Farenheit (10 derajat Celcius) di musim dingin dan mencapai jauh di atas 100 derajat Farenheit (37,7 derajat Celcius) di musim panas Agustus dan September.

Disney World sedikit lebih panas dan lembap selama bulan-bulan musim panas, menjadikannya waktu yang kurang ideal untuk berdiri berjam-jam dalam antrean untuk perjalanan favorit. Menyangkut cuaca, kedua taman paling baik dikunjungi selama bulan-bulan musim semi yang beriklim sedang.

Kedua taman dapat menjadi sangat ramai selama waktu istirahat musim semi sekolah (pada Maret dan April), Thanksgiving, Natal, dan Empat Juli, dan Halloween. Jika bisa, pergilah selama waktu tidak sibuk di taman, hindari liburan populer atau periode liburan musim panas untuk lebih menikmati wisata.


Wahana hingga Hotel

Walt Disney World
Perbesar
Kastil Cinderella di Walt Disney World, Lake Buena Vista, Florida, Amerika Serikat. (ROBERT SULLIVAN / AFP)

Ada beberapa wahana yang akan Anda temukan di kedua taman, termasuk yang klasik seperti Pirates of the Caribbean, Splash Mountain, dan It's a Small World. Namun, setiap taman menempatkan putarannya sendiri pada wahana ini sehingga tidak persis sama di setiap lokasi.

Berkat ukurannya yang lebih besar dan dua taman hiburan tambahan, Disney World memiliki hampir 50 wahana, sedangkan Disneyland memiliki sekitar setengahnya, jadi jika Anda ingin banyak waktu perjalanan, Anda mungkin ingin memilih taman Disney World.

Terdapat tiga hotel Disneyland di properti: Disneyland Hotel, Disney's Grand Californian Hotel and Spa, dan Disney's Paradise Pier Hotel. Tentunya, ada banyak pilihan non-Disney dalam jarak berjalan kaki atau berkendara dari taman juga.

Disney World memiliki lebih dari 25 hotel di dalam properti yang tersebar di seluruh lanskapnya, termasuk hotel murah seperti Disney's Art of Animation Resort hingga opsi mewah seperti Animal Kingdom Lodge, serta vila mewah seperti yang ada di Disney's Polynesian Villas & Bungalows.


Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan

Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Perbesar
Infografis: 4 Unsur Wisata Ramah Lingkungan atau Berkelanjutan
Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya