Sukses

Semangat Kakek Penjual Cilok Jualan Sampai Badan Gemetaran demi Untung Rp200 per Buah

Kakek penjual cilok itu mengaku tak ingin membebani hidup anaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Meski sudah tua atau fisik tak sesehat orang lain, sejumlah kakek dan nenek tetap semangat banting tulang untuk menyambung hidup. Salah satu contohnya adalah sosok kakek penjual cilok yang tengah viral.

Akun TikTok @sdgrl05 membagikan video tentang seorang kakek pedagang cilok yang berkeliling memikul jualannya setiap hari. Tubuh kakek itu terkadang sampai gemetaran karena tubuhnya tak sekuat saat muda.

Kakek penjual cilok keliling itu akrab disapa Abah Taryo. Ia tinggal di Kecamatan Karang Pawitan, Garut, Jawa Barat. Usianya sekitar 73 tahun.

Cilok yang ia jual adalah buatan orang lain, sehingga untung yang didapat pun sangat kecil. Hanya Rp200 per cilok. Dalam seminggu, Abah Taryo akan berjualan tiga atau empat hari karena kondisinya yang sudah tak lagi prima.

Penghasilan Abah Taryo dalam jualan cilok sehari hanya berkisar Rp20 ribu sampai Rp30 ribu. Ia biasa berjualan mulai pukul 5 pagi dan kembali pada pukul 4 sore. 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tak Mau Bebani Anak

Di perjalanan, Abah Taryo beberapa kali beristirahat karena tubuhnya yang sudah renta. Ia juga tak membeli sarapan sebelum berangkat berjualan karena khawatir uangnya tak cukup.

Ia tinggal di rumah yang kondisinya sangat memprihatinkan dan tidak layak bagi lansia seperti dirinya. Abah Taryo sebenarnya punya anak, tapi ia tidak mau membebani mereka karena kondisi kehidupan sang anak tak jauh beda dengan dirinya.

Video ini pun menarik banyak perhatian warganet. Beragam komentar memenuhi unggahan pada 14 Januari 2022. 

"Seharusnya dengan seusia kakek udah istirahat menikmati masa tua. Sehat-sehat ya, Abah. Semoga selalu diberi perlindungan oleh Allah," komentar seorang warganet.  "Nggak bisa berkata apa-apa. Pokoknya sakit hati banget, nyesek," tulis warganet lainnya. 

3 dari 4 halaman

Kirim Donasi

Banyak juga warganet yang mengusulkan untuk membuka donasi untuk kakek penjual cilok itu. Pemilik akun tersebut, Nur Fatimah akhirnya mengajak para warganet lainnya untuk mengumpulkan donasi.

"Yang mau donasi sudah tertera di vidio ya gais. Luangkan sedikit rezeki kalian buat membantu kakek nya dan saling membantu sesama manusia:)," tulis Nur pada Sabtu, 15 Januari 2022.

Dalam video itu pun dituliskan nomor rekening yang bisa ditransfer dan nomor kontak yang bisa dihubungi untuk menanyakan informasi tentang donasi bagi kakek penjual cilok tersebut. Sampai berita ini ditulis, video itu sudah dilihat lebih dari 14,8 juta kali dan disukai lebih dari 1,8 juta kali.

4 dari 4 halaman

7 Penyebab Sampah Makanan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.