Sukses

Restoran Tercepat di Dunia, Sajikan Makanan Hanya dalam Waktu 13 Detik Usai Memesan

Restoran Karne Garibaldi telah memegang rekor dunia tersebut sejak 1996 dan belum terpecahkan sampai saat ini.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah restoran di Meksiko masuk dalam rekor dunia. Restoran bernama Karne Garibaldi di Guadalajara itu memegang rekor Guinness untuk layanan makanan tercepat di dunia: 13,5 detik.

Waktu itu dihitung dari pesanan selesai dicatat hingga makanan disajikan. Tentunya perhitungan ini tak termasuk restoran fast food atau cepat saj yang memang sudah menyiapkan makanan sebelun ada pesanan dari pengunjung.

Biasanya, ketika mengunjungi restoran pemenang penghargaan yang populer, Anda mengharapkan waktu tunggu yang lama. Hal itu jelas tidak terjadi di Karne Garibaldi,.

Restoran yang terkenal dengan hidangan carne en su jugo (sejenis sup daging sapi/babi) itu memiliki pesanan tercepat di dunia.  Dilansir Oddity Central, 11 Januari 2022, setelah pelanggan selesai memberikan pesanan mereka kepada para pelayan, dibutuhkan lebih dari selusin detik sebelum piring menyentuh meja mereka.

Mereka yang pernah makan di sana setidaknya sekali, pasti mengatakan benar-benar mengesankan. Karne Garibaldi telah memegang rekor dunia tersebut sejak 1996 dan belum terpecahkan sampai saat ini.

Hidangan tradisional Meksiko yang disajikan di restoran populer ini sebenarnya butuh waktu memasak yang lambat selama berjam-jam. Jadi mereka sudah siap pada saat restoran dibuka.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bermula dari Permainan

Sekarang, menyiapkan makanan dan membawanya dari dapur dan ke meja makan dalam waktu kurang dari 15 detik sebenarnya membutuhkan kecepatan dan koordinasi. "Hal ini bermula sebagai permainan antara para pelayan untuk melihat siapa yang bisa membawa makanan ke setiap meja paling cepat," ungkap manajer dari enam cabang terbesar Karne Garibaldi, Daniel Flores.

"Kompetisi itu membuat kami mencoba Rekor Guinness," lanjutnya.  Lebih dari 25 tahun kemudian, pramusaji di Karne Garibaldi masih bangga menjadi yang tercepat di dunia.

Mereka terkadang membawa pesanan ke meja pengunjung lebih dari 13,5 detik, atau paling lama, dalam satu menit setelah menerimanya. Namun mereka tetap konsisten untuk memberikan layanan yang cepat tanpa mengurangi kualitas.

3 dari 4 halaman

Melayani Secepat Mungkin

Meski telah mencetak rekor dunia, tak membuat Karne Garibaldi berpuas diri.  "Pelayan, kapten, juru masak, dan semua staf Karne Garibaldi kami adalah jiwa dari dapur kami," ucap kepala komunikasi digital di Karne Garibaldi, Laura Mariaud. 

Menurut Mariaud, kecepatan bukanlah yang terpenting untuk membuat layanan restorannya menjadi yang tercepat. Tentu saja, restoran harus melatih staf untuk belajar bagaimana menjadi efisien. 

"Namun ada keseluruhan proses dibalik persiapan makanan yang memungkinkan alur kerja menjadi cepat dan efektif. Beginilah cara layanan kami berubah menjadi rantai produksi yang membuat pelayan melayani secepat mungkin kepada pelanggan kami," terangnya.

Beberapa restoran telah mencoba merebut rekor dunia dari Karne Garibaldi selama bertahun-tahun, tetapi, sampai sekarang belum ada yang berhasil. 

4 dari 4 halaman

Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.