Sukses

Restoran Tepergok Masukkan Menu Tidak Dipesan ke Tagihan Pelanggan

Ini terungkap setelah pelanggan restoran memeriksa kembali tagihan yang dibebankan pada mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah video yang baru-baru ini viral di TikTok mungkin membuat Anda ingin selalu memeriksa kembali tagihan makanan ketika bersantap di luar rumah, termasuk di restoran. Pasalnya, si pelanggan mengaku diminta membayar menu yang tidak ia pesan.

Lewat sebuah klip di akun @debbysmaharani, pengalaman kurang mengenakkan ini dibagikan. "Semoga masuk FYP pak owner dan pak manager, biar tahu bagimana bobroknya service restaurant ini," tulisnya sebagai keterangan unggahan.

Rekaman itu dimulai dengan keterangan, "Guys hati-hati kalau makan di salah satu restoran terkenal di Palembang. Suka nge-input makanan di bill, tapi barang enggak ada." Dalam video, terlihat seorang pelanggan mengeluhkan layanan restoran tersebut.

Cerita dilanjutkan dengan menuliskan, "Jadi, kita iseng ngecek bill setelah bayar makan. Untung kita ngecek bill." Ia juga menyebutkan bahwa pelayanan restoran itu secara umum "jelek banget."

Si pemilik akun mengatakan, mereka awalnya menunggu makanan yang dipesan dalam waktu yang lama. Namun, makanan pesanan itu ternyata tidak tercatat, dan akhirnya memutuskan untuk memesan ulang.

Setelah itu, mereka ditagih membayar menu makanan yang tidak dipesan. Setelah dikomplan, makanan yang tidak dipesan, namun sudah dibayar itu, disarankan staf restoran untuk dibungkus. "Buat apa dibungkus, kami sudah kenyang," jawab si pelanggan dalam video tersebut.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tuai Ragam Komentar

Di akhir rekaman tersebut, uang yang dibayarkan untuk menu makanan yang tidak dipesan itu tidak dikembalikan, kendati dalam video si pelanggan meminta hal tersebut. Kelebihan uang yang dibayarkan sendiri diketahui sebesar Rp35 ribu.

Klip yang sampai artikel ini ditulis sudah mencatatkan lebih dari 3,5 juta penayangan tersebut mendatangkan berbagai komentar. Sebagian ada yang menyebut unggahan itu "terlalu berlebihan untuk uang Rp35 ribu."

"Maksud mba ini bukan karna uang (Rp)35rb nya lho. Tapi, kejujuran dalam bekerja. Memang harus diginiin kebiasaan," tulis seorang pengguna, sementara yang lain berkomentar, "Ini bukan masalah ikhlas dan tidaknya ya, ini kelalaian dari pihak pegawainya. Itung aja kalo ada yang enggak ngeh dan enggak cek bill."

3 dari 4 halaman

Dihubungi Pihak Restoran

Di keterangan tambahan, si pemilik akun mengatakan bahwa dirinya sudah dihubungi pihak restoran. "Mereka menghubungi aku melalui DM Instagram. Pihak resto sudah minta maaf atas kelalaian mereka dan kita udah baik-baik aja," tulisnya mengonfirmasi.

Lebih lanjut ia mengatakan, unggahan tersebut "tidak bermaksud menjatuhkan pihak restoran." "Tapi, supaya teman-teman bisa lebih berhati-hati saja ketika sedang makan di restoran mana pun," imbuhnya.

Di kolom komentar, beberapa pengguna memang berbagi pengalaman serupa, dan tidak hanya di restoran, tapi juga minimarket. "Di mana pun, penting memang cek lagi bill-nya. Bukan soal berapa uangnya, misalnya lima atau 10 orang digituin kan lumayan juga," tulis seorang warganet.

4 dari 4 halaman

Infografis Titik Lengah Makan Bersama

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.