Sukses

Mengenal Maskot dan Desain Medali Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

Olimpiade Beijing 2022 memperkenalkan maskotnya Bing Dwen Dwen. Pesta olahraga ini berlangsung 4--22 Februari 2022.

Liputan6.com, Jakarta - Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 segera diselenggarakan pada 4--20 Februari 2022. Pesta olahraga musim dingin ke-24 ini nantinya berlangsung di Beijing dan tempat-tempat di dekat kota tetangga Yanqing dan Chongli.

Pesta olahraga ini terasa kian semarak dengan kehadiran maskot yang bermakna spesial. Olimpiade Beijing 2022 hadir dengan maskot yang bernama Bing Dwen Dwen yang diciptakan oleh Cao Xue.

Dikutip dari laman resmi Olympics, Kamis (13/1/2022), dalam bahasa China Mandarin (dialek resmi China), "Bing" punya beberapa arti. Meski, dalam arti paling umum adalah es.

Kata tersebut juga melambangkan kesucian dan kekuatan, sedangkan "Dwen Dwen" berarti kuat dan lincah, dan juga melambangkan anak-anak. Maskot ini berfungsi sebagai duta olahraga musim dingin, membawa kegembiraan bagi mereka yang berpartisipasi dan menonton Olimpiade Musim Dingin.

Maskot ini mewujudkan kekuatan dan kemauan atlet dan akan membantu untuk mempromosikan semangat Olimpiade. Bing Dwen Dwen mengenakan "pelindung" di seluruh tubuh yang terbuat dari es, yang menyerupai setelan astronot.

Desain ini merangkul teknologi baru untuk masa depan dengan kemungkinan tak terbatas. Pelindung maskot juga membantu panda untuk bermain skate, snowboard, dan ski bersama para atlet Olimpiade.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makna di Balik Maskot

Warna-warna cerah dari lingkaran cahaya di sekitar wajahnya adalah representasi dari teknologi canggih terbaru dari trek olahraga es dan salju di Olimpiade. Sedangkan hati di telapak tangan kirinya melambangkan keramahan China untuk para atlet dan penonton di Olimpiade Musim Dingin.

Desain maskot dipilih dari lebih dari 5.800 pengajuan dari China dan 35 negara di seluruh dunia sebagai bagian dari kompetisi global yang digelar Panitia Penyelenggara Beijing 2022. Desain ditinjau oleh para ahli Cina dan internasional, dengan pilihan akhir dibuat oleh tim dari Guangzhou Academy of Fine Arts dan Jilin University of the Arts.

Pemilihan panda animasi untuk maskot resmi Beijing 2022 tidak terlalu mengejutkan. Mengingat panda raksasa adalah hewan nasional China dan hewan ini salah satu dari lima maskot Fuwa Olimpiade Beijing 2008.

3 dari 4 halaman

Medali

Medali Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 dinamai "Tong Xin" yang berarti "bersama jadi satu". Medali ini terdiri dari lima ring dan sebuah pusat dengan desain berdasarkan liontin lingkaran konsentris giok kuno China dengan lima cincin yang mewakili semangat Olimpiade untuk menyatukan orang-orang dan kemegahan Olimpiade Musim Dingin dibagikan ke seluruh dunia.

Bentuk medali emas, perak dan perunggu sederhana dan klasik menyerupai medali giok bertatahkan Olimpiade Musim Panas 2008 sesuai dengan prinsip-prinsip BOCOG tentang Olimpiade "rampingan, aman dan indah". Desainnya juga menampilkan Beijing sebagai "Dual Olympic City" pertama yang menjadi tuan rumah Pertandingan Musim Panas dan Musim Dingin.

Lima rings Olimpiade terukir di tengah di depan medali dan kata-kata "Olimpiade Musim Dingin XXIV Beijing 2022" terukir, dikelilingi oleh pola es, salju, dan awan. Di bagian belakang, lambang Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 ditempatkan di tengah dengan nama lengkap China untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 terukir di sekelilingnya.

Pada punggung medali terdapat nama acara medali, terukir di cincin terluar. Cincinnya cekung, yang menggemakan desain liontin batu giok tradisional. Desain ukiran dangkal pada cincin semuanya didasarkan pada pola tradisional Tiongkok.

4 dari 4 halaman

Infografis AS Boikot Diplomatik Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.