Sukses

Tidak Hanya Belajar, Menjaga Kesehatan Mental Juga Penting dalam Menghadapi UTBK-SBMPTN

Kondisi kesehatan mental memengaruhi daya tangkap, daya ingat, dan kesehatan fisik dalam menghadapi UTBK-SBMPTN.

Liputan6.com, Jakarta - Perguruan Tinggi Negeri (PTN) masih jadi pilihan pendidikan tinggi utama bagi banyak pelajar Indonesia. Namun, diterima di PTN impian tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Pelajar Indonesia harus melewati proses seleksi melalui tiga opsi jalur seleksi masuk PTN, yaitu SNMPTN, UTBK-SBMPTN, dan Ujian Mandiri. Di antaranya, jalur UTBK masih jadi favorit karena memiliki kuota besar dan terbuka bagi semua pelajar, terlepas dari nilai rapor di sekolah.

Belajar tentu jadi salah satu cara mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian seleksi masuk PTN, namun itu bukan satu-satunya faktor krusial. VP Marketing Ruangguru, Ignatius Untung Surapati, menyebut bahwa menjaga motivasi dan kesehatan mental pelajar juga tidak kalah penting.

Berangkat dari itu, pihaknya menggagas program #PelatnasUTBK. Metodenya terinspirasi dari atlet bulu tangkis Greysia Polii yang memahami makna perjuangan menuju keberhasilan sebagai proses panjang yang membutuhkan kesiapan mental dan konsistensi dalam berlatih mengasah kemampuan teknis.

Karena itu, program ini terdiri dari dua pendekatan: mengasah kemampuan teknis dan kesiapan mental untuk membangun motivasi, serta menjaga konsistensi belajar. "Kondisi kesehatan mental memengaruhi daya tangkap, daya ingat, dan kesehatan fisik," katanya dalam virtual media gathering, Selasa (11/1/2022).

Pelajar cenderung mengalami tekanan cukup berat saat persiapan UTBK. Psikolog anak dan remaja Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengatakan, "Menghadapi tuntutan dan situasi dengan tingkat stres relatif tinggi ini dapat menyebabkan turunnya motivasi belajar, sehingga penyerapan informasi pun tidak optimal karena kelelahan otak."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bangun Situasi Belajar yang Menyenangkan

Dalam persiapan UTBK, Vera menambahkan, penting membangun situasi belajar yang menyenangkan dan suportif untuk pelajar. "Kondisi emosional yang baik akan membantu pelajar mengatasi tekanan dan belajar dengan lebih efektif," imbuhnya.

Juga, kondisi belajar yang demikian juga disebut membuat pelajar mampu menguasai Higher Order of Thinking Skill (HOTS). Itu merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi yang meliputi kemampuan analisa dan berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

Bagian pertama dari program #PelatnasUTBK bermaksud mengasah kemampuan teknis dalam mengerjakan soal UTBK. Rangkaiannya terdiri dari berbagai macam jadwwal, termasuk materi belajar khusus UTBK, bank soal, tes minat bakat, mengupas dan membahas soal UTBK bersama Star Master Teacher, serta latihan soal harian.

Untung mengatakan, hidup dengan kebiasaan itu lebih mudah, dan kebiasaan belajar dengan cara menyenangkan inilah yang bermaksud ditanamkan pihaknya. Ia menyebut, akan ada monitor per minggu untuk mengetahui kualitas belajar pelajar.

"Harapannya H-1 (UTBK) masih dalam kondisi prima, juga (memiliki kesehatan) mental yang bagus," katanya.

Membentuk kebiasaan, sambung Untung, bukan hanya untuk lulus UTBK. "Masuk (PTN) dari sekadar mengerjakan soal mungkin bisa, tapi kalau itu (belajar) tidak jadi kebiasaan, saat kuliah juga akan struggle. Kalau tertanam, ini (belajar) bukan sesuatu yang berat, karena sudah punya kebiasaan," ia mengatakan.

3 dari 4 halaman

Mempersiapkan Mental

Bagian kedua program #PelatnasUTBK adalah mempersiapkan mental untuk membangun dan menjaga motivasi, serta konsistensi belajar. Canangannya termasuk webinar bersama psikolog terkait kesiapan mental dan konsistensi dalam menghadapi UTBK.

Kemudian, ada juga sesi motivasi mingguan, pelatihan habit-forming, serta berbagai challenge dengan hadiah menarik yang akan diadakan tiap periode tertentu untuk meningkatkan semangat belajar pelajar. "Program ini sifatnya mendampingi," Untung menyebut. 

Program #PelatnasUTBK dihadirkan melalui beberapa pilihan paket di dalam aplikasi Ruangguru dengan fitur layanan berbeda. Pertama, #PelatnasUTBK Umum yang tidak berbayar. Kemudian, terdapat pula #PelatnasUTBK Intensif bagi pelajar yang telah membeli paket ruang belajarSMA + UTBK 6 bulan atau paket Brain Academy Online Premium SMA + UTBK Intensif Semester Genap.

4 dari 4 halaman

Infografis 4 Tips Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.