Sukses

Tradisi Unik Pesta Pernikahan, Taruh Nasi untuk Tamu di Dalam Karung

Nasi yang ditaruh di dalam karung besar ini kemudian diberikan pada para tamu pesta pernikahan.

Liputan6.com, Jakarta - Tiap daerah di Indonesia umumnya punya tradisi unik dalam menggelar pesta pernikahan. Kebiasaan di satu daerah bisa saja dianggap unik, bahkan aneh oleh daerah lainnya.

Hal itu juga dialami seorang wanita yang menghadiri pernikahan saudaranya. Ia sempat terkejut dengan cara pembagian makanan untuk tamu undahan.

Momen pembagian makanan tersebut dibagikan melalui akun TikTok @radasartikasijabat pada 3 Januari 2022.  Hal unik yang disorotinya adalah nasi ditaruh di dalam karung besar yang kemudian akan diambilkan oleh orang yang membantu acara menggunakan piring.

Para tamu juga tak menggunakan piring biasa, melainkan nampan plastik dengan ukuran cukup besar. Setelah itu, orang yang membantu acara pernikahan ini juga akan berkeliling membawa panci berisi sup dan akan diambilkan menggunakan gelas.

Mereka juga menyediakan rendang sebagai lauk makan. Porsi nasi yang diberikan pun terbilang cukup banyak karena memenuhi nampan plastik tersebut. Para tamu terlihat makan dengan cara lesehan, ada yang beralaskan tikar, ada juga dengan karpet plastik.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Adat Batak

Awalnya, banyak warganet yang terkejut dengan hal ini hingga melontarkan beragam komentar. "Wah, baru kali ini lihat nasi dikarungi pas acara pernikahan," komentar seorang warganet.

Pembagian makanan dalam acara pernikahan seperti itu disebutkan merupakan adat suku Batak. Meski tak dilakukan di semua daerah, sejumlah wilayah masih mempraktikkan adat ini untuk menjamu tamu di acara pernikahan.

Hal ini diungkap banyak warganet yang pernah melihat adat serupa di daerah mereka. "Itu udah biasa di kampungku, nasi dikarungi. Itu karungnya udah bersih guys jangan samakan kayak negara lain," terang seorang warganet.

3 dari 4 halaman

Menghargai Adat Istiadat

"Itu kan adat istiadat setempat. Aku pernah pergi ke daerah yang memang begitu cara penyajiannya. Saranku sih hargai adat mereka," komentar warganet lainnya. Meski di video wanita tersebut tampak sedih dengan cara pembagian makanan ini, di kolom komentar ia mengatakan sangat senang dan menghargai adat istiadat di sana.

Video ini kemudian menarik banyak perhatian warganet. Sampai berita ini ditulis, unggahan pesta pernikahan unik itu sudah dilihat lebih dari 3,1 juta kali dan disukai lebih dari 114 ribu kali.

Dalam unggahan lainnya pada 4 Januari 2022, pemilik akun menjelaskan bahwa lauk yang disajikan bermacam-macam, bergantung dari yang punya pesta dan semua sudah ada ketentuannya masing-masing. "Lauknya di tiap pesta beda-beda, ada yang pakai daging kerbau lembu, b2, ayam atau ikan mas," tulisnya.

Ia menambahkan, meski pesta pernikahan terkesan sederhana, tapi tentunya butuh biaya yang tidak sedikit untuk menyediakan makanan berupa nasi dan lauk dalam porsi besar.  Tapi intinya, itu semua bergantung pada yang mereka yang membuat acara.

4 dari 4 halaman

Gaun Pernikahan Raisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.